Investasi Emas Kamu Untungnya Bisa Berlipat dengan Cara Ini Nih

3 menit

Selama ini kebanyakan orang cuma tahu kalau investasi emas ya beli emas batangan di Antam atau Pegadaian, terus diemin sampai harganya naik. Padahal, investasimu itu bisa makin untung kalau kamu ikutan konsinyasi emas lho.

Hah? Apaan tuh?

Nah, belum tahu kan? Biar gak kudet, kenalan dulu yuk sama fasilitas investasi emas dari Pegadaian ini.

Apa itu konsinyasi emas?

konsinyasi-emas
Pengertian konsinyasi emas (viva)

Nah, konsinyasi emas adalah layanan penitipan dan penjualan emas batangan di Pegadaian. Jadi, emas yang kamu titipkan di Pegadaian akan dijual kembali.

Misalnya, Andi pengin membeli emas batangan seberat 20 gram. Tapi sayang, saat itu Pegadaian gak memiliki persediaan emas dengan gram yang diinginkan Andi.

Kebetulan, kamu menitipkan emasmu yang beratnya 20 gram ke Pegadaian lewat konsinyasi. Karena kamu mengikuti fasilitas ini, maka pihak Pegadaian bisa menjual emas batangan milikmu kepada Andi.

Terus, emas gueee?

Gak perlu khawatir. Emasmu masih aman dan utuh kok. Sebab, pihak Pegadaian akan menggantikan kembali emas batanganmu sesuai dengan kadar dan berat yang sama.

Malah, kamu mendapatkan keuntungan dari Pegadaian berupa hasil penjualan emas tadi. Gak perlu repot, kamu hanya duduk diam di rumah dan bisa menikmati keuntungannya. Enak kan?

Syarat konsinyasi emas

konsinyasi-emas
Persyaratan konsinyasi emas (portalinvestasi)

Nah, untuk dapat mengikuti fasilitas dari Pegadaian yang satu ini, ada beberapa persyaratan yang harus kamu lengkapi dan beberapa ketentuan yang perlu kamu taati, seperti:

  • Menyerahkan fotokopi identitas diri, seperti KTP atau tanda pengenal lainnya.
  • Menyerahkan kuitansi pembelian emas atau Berita Acara Serah Terima Emas.
  • Membeli emas dari Pegadaian.
  • Materai Rp 6.000 sebanyak dua lembar.
  • Penjualan emas hanya bisa dilakukan satu kali per akad. Nah, setiap akad memiliki kontrak selama tiga bulan.
  • Kontrak maksimal selama tiga bulan. Namun, jika dalam waktu tiga bulan belum terjual, kamu bisa melakukan perpanjangan atau putus kontrak. Begitu pun jika emasmu udah terjual, kamu bisa diperpanjang lagi atau diambil kembali emasnya.
  • Mengisi form pengajuan konsinyasi.
  • Konsinyasi emas dapat dilakukan melalui outlet Galeri 24 di seluruh Indonesia.
  • Konsinyasi emas batangan baru bisa dilakukan untuk emas seberat minimal lima gram.

Apa saja keuntungannya?

konsinyasi-emas
Keuntungannya konsinyasi emas (radarmalang)

Emas yang kamu beli di Pegadaian bisa langsung dikonsinyasikan. Namun, jika kamu membeli emas dengan cara mengangsur, maka kamu harus melunasinya terlebih dahulu. Setelah itu, baru emas dapat dikonsinyasikan.

Saat emas batangan yang kamu titipkan terjual, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari pembagian hasil penjualan, berikut ini ketentuannya:

  • Pembagian keuntungannya adalah 1/3 untuk pemilik emas dan 2/3 untuk Pegadaian dari margin keuntungan penjualan.
  • Kamu dipastikan tetap akan mendapatkan keuntungan, meskipun harga emas sedang mengalami penurunan.
  • Pihak Pegadaian akan mengganti emasmu sesuai kadar dan berat yang sama. Jadi, emas milikmu akan tetap utuh, baik dari segi berat hingga kadarnya.
  • Pembayaran keuntungan hasil penjualan akan diberikan setelah emas pengganti diterima.

Gak cuma itu, kamu juga gak bakal dikenakan biaya penitipan emas gratis selama emas belum terjual lho. Dan Pegadaian menjamin keamanan emas yang telah dikonsinyasikan.

Daripada emas nganggur di rumah dan rawan dicuri maling, mending sekalian aja di konsinyasikan di Pegadaian kan? Udah emas aman, dapat untung pula. Komplet!

Kamu bisa mengetahui status konsinyasi kamu melalui website Pegadaian Digital hanya dengan memasukkan nomor telepon atau email yang udah didaftarkan terlebih dahulu.

Nah, buat kamu yang tertarik meraup pundi-pundi kekayaan lewat konsinyasi emas Pegadaian, kamu bisa langsung datang ke outlet galeri Pegadaian dengan membawa dokumen persyaratan atau menghubungi call center-nya di 1500569 untuk informasi lebih lanjut.

Yuk dicoba!

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.