Cita Rasanya Bikin Ketagihan, Ini 5 Kopi Lokal Indonesia yang Sukses Mendunia

3 menit
Kopi Indonesia Sudah Terkenal Hingga Mancanegara (Shutterstock).

Selain pesona alamnya yang mengagumkan, kopi Indonesia juga menjadi salah satu daya tarik banyak orang hampir di seluruh dunia.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri kalau cita rasanya kopi nusantara yang lezat mampu membuat banyak orang ketagihan. Bahkan saking lezatnya, tak sedikit kopi lokal Indonesia yang sukses mendunia alias terkenal hingga ke beberapa negara di dunia.

Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia, Indonesia menempati posisi ke-empat sebagai negara yang memproduksi kopi terbesar setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Jadi bisa dibilang, hampir seluruh lahan di Indonesia sangat cocok difungsikan sebagai perkebunan kopi karena memang Indonesia memiliki tanah yang subur.

Makanya, gak heran kalau terdapat beraneka ragam kopi Indonesia yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Sebut saja Kopi Gayo yang berasal dari Aceh.

Selain itu, rasa kopi dari masing-masing daerah juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tak hanya pahit tapi juga ada sedikit rasa asamnya.

Hal itulah yang menjadi salah satu faktor yang membuat kopi Indonesia disukai banyak orang. Tak hanya orang lokal, tapi juga hingga mancanegara.

Pengin tahu kopi lokal Indonesia dari daerah mana saja yang sukses mendunia? Berikut lima di antaranya seperti yang sudah dirangkum oleh beberapa sumber:

1. Kopi Luwak

Kopi Indonesia
Kopi Luwak (Shutterstock).

Kopi Indonesia yang banyak disukai bahkan hingga ke luar negeri yakni kopi luwak yang banyak diproduksi di daerah Sumatera dan Jawa.

Tak hanya menjadi salah satu kopi favorit, kopi luwak juga termasuk ke dalam salah satu kopi termahal di dunia yang berasal dari Indonesia.

Pasalnya, kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang unik karena proses pembuatannya yang cukup aneh yaitu kopi harus dimakan oleh luwak terlebih dahulu. Lalu biji kopi yang keluar dari kotoran luwak kemudian diambil dan dijadikan kopi, karena proses itulah yang membuat rasa kopi luwak eksotik dengan aroma khas yang lembut.

2. Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Indonesia
Kopi Arabika Bajawa

Selanjutnya ada juga kopi Indonesia di mana Amerika sebagai salah satu negara tujuan terbesar ekspor komoditas kopi arabika Flores.

Kopi arabika yang berasal dari Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Meskipun cukup kental, tapi tingkat keasamannya terbilang rendah ketimbang kopi lainnya.

3. Kopi Arabika Toraja

Kopi Indonesia
Kopi Arabika Toraja

Kopi Toraja ternyata bukan hanya terkenal di Indonesia lho, tapi juga beberapa negara di dunia. Gak heran kalau Jepang dan Amerika menjadi tujuan utama ekspor kopi yang satu ini.

Nah, yang menjadi salah satu alasan kopi Toraja digemari adalah tidak menyisakan rasa pahit setelahnya. Jadi, sensasi pahit yang ditimbulkan hanya ada di awal dan hilang dalam sekali teguk.

Biasanya kopi yang tumbuh di daerah Sulawesi cenderung memiliki rasa seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam rendah.

4. Kopi Arabika Kintamani, Bali

Kopi Indonesia
Kopi Arabika Kintamani

Tujuan ekspor utama kopi Kintamani yang berasal dari Bali adalah Jepang, Eropa dan juga beberapa negara Arab. Bahkan kopi yang satu ini sangat populer di tiga negara tersebut.

Rasanya yang unik karena didominasi asam citrus segar serta aroma wangi bunga dengan tingkat keasaman dan kekentalan yang sedang membuat kopi ini banyak digemari banyak hingga mancanegara.

5. Kopi Arabika Gayo, Sumatera

Kopi Indonesia
Kopi Arabika Gayo (Shutterstock).

Ini dia salah satu kopi favorit banyak orang di belahan dunia, seperti di Amerika hingga negara Eropa. Bahkan saking digemarinya, kopi yang berasal dari Aceh ini dikategorikan sebagai premium class di Eropa.

Gak cuma itu aja, kopi Gayo juga mendapat score tinggi untuk cita rasa kopi dari Specialty Coffee Association of America.

Pasalnya, kopi ini memiliki tekstur yang encer alias tak terlalu pekat dengan tingkat keasaman rendah dan rasa rempah yang tajam. Jadi, sangat cocok buat kamu yang bukan penyuka kopi asam.

Selain itu, masyarakat Aceh juga punya cara penyajian yang khas dan sangat tradisional. Bukan diseduh, tapi kopi dan air akan direbus di dalam panci hingga mendidih kemudian dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula.

Itu dia lima kopi Indonesia yang memiliki cita rasa lezat yang bahkan berhasil menembus pasar internasional. Mana kopi favoritmu? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.