Yacht Mewah Hasil Korupsi Malaysia Ini Dijual Setengah Harga, Tertarik?

4 menit
Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)
Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)

Sebuah yacht mewah terlihat bersandar di Tanjung Benoa, Bali, pada 2018 lalu. Setelah diselidiki, ternyata kapal tersebut terlibat dalam skandal korupsi 1MDB yang menyeret mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

1MDB merupakan sebuah lembaga investasi milik negara yang didirikan Najib Razak pada tahun 2009. Tujuannya untuk menampung segala bantuan-bantuan dari negeri demi pembangunan di Malaysia.

Sayangnya, beberapa bantuan tersebut diduga masuk ke rekening pribadi Najib Razak dan beberapa petinggi di Malaysia, pada saat itu. Pihak Amerika Serikat mengklaim setidaknya ada US$ 4,5 miliar disalahgunakan.

Kapal yacht mewah yang bersandar di Tanjung Benoa, Bali, disebut sebagai salah satu barang bukti hasil korupsi.

Pemiliknya adalah, pengusaha tajir asal Malaysia, Jho Low. Penyelidik dari Amerika Serikat menuduh Jho Low membeli yacht mewah itu menggunakan dana dari 1MDB seharga US$ 250 juta.

Kini, yacht mewah bernama Equanimity itu dijual oleh Pemerintah Malaysia melalui agen penjualan Burgess dengan nilai jual setengah harga belinya. Yuk, intip seperti apa yacht mewah hasil tindak pidana korupsi ini:

1. Dibuat tahun 2014

Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)
Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)

Kapal mewah ini dibangun di Belanda pada tahun 2014. Pembuatnya adalah perusahaan Oceanco yang track record di bidang pembuatan kapal tak perlu diragukan lagi. Bahkan, perusahaan ini sudah sering menjuarai desain yacht antarperusahaan.

Memiliki panjang sekitar 91,5 meter, yacht pertama yang bisa memuat banyak penumpang. Dikutip dari Oceanco Equanimity memang didedikasikan memberi kenyamanan untuk sekitar 100 penumpang.

Tentunya, memiliki kemewahan dan keselamatan di atas standar yacht pada umumnya.

Baca juga: Bisa untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

2. Interior mewah

Interior yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)
Interior yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)

Gak hanya terlihat mewah dan megah dari luar, penataan interiornya yang mewah seperti kapal pesiar juga sudah terlihat dari dalam.

Interior ini didesain khusus menggunakan jasa Winch Design yang bermarkas di London, Inggris. Reputasi Andrew Winch sang pemilik Winch Design sudah tak perlu diragukan lagi. Winch sudah menjadi langganan mendesain jet pribadi, yach, hingga properti hotel lainnya.  

Terbukti, yacht hasil korupsi yang satu ini udah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi. Di antaranya, World Yacht Trophies, Yacht of the Year tahun 2014, Monaco Yacht Show Awards, dan Finest Yacht of the Monaco Yacht Show 2014.

Jadi, gak heran interior yach satu ini sangat mewah dengan dominasi warna netral seperti putih dan cokelat, dengan beberapa material kayu yang menambahnya semakin autentik.

Baca juga: Sepatu Mewah Syahrini dan Cardi B, Ada yang Berlapis Swarovski Hingga seperti Cinderella!

3. Fasilitas lengkap

Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)
Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)

Yacht Equanimity ini memiliki fasilitas-fasilitas penunjang superlengkap. Dikutip dari Oceanco, mereka memiliki beberapa VIP room, gym, sauna, spa, dan beberapa VIP deck yang bisa melihat ke laut lepas. Semuanya memiliki desain sangat mewah dengan khas Winch Design.

Gak hanya itu, kamu juga bisa menikmati mini bioskop, dan kolam renang sepanjang 20 meter. Wah, ini sih kalau dalam perjalanan jauh gak bakal ngerasa bosan.

Ada juga ruang pertemuan untuk berkumpul seperti ruang makan, dan bar lounge yang didesain mewah dengan pemandangan laut lepas dan didominasi material marmer.

4. Spesifikasi

Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)
Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)

Kapal ini memiliki spesifikasi mumpuni dan terbaik di kelasnya. Gak seperti yacht zaman dulu yang masih didominasi pakai material kayu, Equanimity telah mentransformasikan industri yacht ke yang lebih modern. Oceanco membangun yacht ini dengan material baja dan alumunium kuat.

Untuk penggeraknya, Equanimity dibekali mesin tipe 2 x 4.828hp / 3.600 kW MTU 20V 4000 M73L dengan kapasitas bahan bakar mencapai 271 ribu liter.

Dengan mesin tipe ini, Equanimity mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 20 knots kalau atau sekitar 37 kilometer per jam.

5. Dijual setengah harga

Yacht hasil korupsi Malaysia
Yacht hasil korupsi Malaysia (Burgess)

Setelah sempat bersandar di Tanjung Benoa, Bali, otoritas Indonesia mengembalikan superyacht ini ke pemerintah Malaysia. Sebagai dukungan untuk menindaklanjuti skandal mega korupsi 1MDB, kapal ini dibawa melalui perairan Jawa, Batam, hingga malaysia.

Kapal mewah ini dibeli Jho Low dengan US$ 250 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun. Setelah disita pengadilan Malaysia, kapal ini kemudian dilelang.

Melalui agen penjualan kapal mewah Burgess, yacht bekas tindak pidana korupsi ini dilelang dengan standar harga US$ 130 juta atau Rp 1,8 triliunan, hampir setengahnya dari harga beli. Sementara proses lelang akan ditutup pada 31 Maret 2019. (Editor: Chaerunnisa)

 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan