Lizzie Parra: Pengusaha Kosmetik Lokal yang Sukses Saingi Produk Luar

4 menit
Kosmetik lokal
Lizzie Parra: Pengusaha Kosmetik Lokal yang Sukses Saingi Produk Luar, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Mungkin kebanyakan dari perempuan Indonesia khususnya di kota-kota besar masih mengandalkan produk luar ketimbang kosmetik lokal untuk merias wajahnya. Padahal kini, banyak lho produk kecantikan lokal yang memiliki kualitas top dunia dan layak kamu jadikan pilihan utama.

Kalau kamu pernah mendengar By Lizzie Parra (BLP), merek ini merupakan salah satu pemain kosmetik lokal yang tengah digandrungi saat ini. Berdiri pada tahun 2016 silam, BLP kini telah meraih kesuksesan besar dengan membuka 5 gerai di mal besar di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

MoneySmart.id belum lama ini berkesempatan langsung berbincang hangat dengan sang pendiri, Lizzie Parra pada Sabtu (25/5) lalu. Gak sungkan-sungkan ia menceritakan perjalanan membesarkan BLP hingga sesukses saat ini.  

Baca juga: Kisah Sukses NAH Project, Brand Sneakers Lokal yang Dipakai Jokowi

Berawal dari karyawan biasa, make up artist hingga blogger

Kosmetik Lokal
Lizzie Parra pendiri kosmetik BLP, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Di tahun 2009 silam, Lizzie Parra hanyalah seorang karyawan swasta biasa. Ia bekerja sebagai product executive di brand asal Prancis L’Oreal. Dari pekerjaan inilah ia mengenal lebih dekat dengan dunia kecantikan.

Tapi sayangnya, setelah selama 2,5 tahun bekerja, ia merasa kurang puas hanya dengan menjadi pegawai dan menerima perintah atasan. Icil, panggilan akrabnya ingin merasa lebih berkontribusi dengan orang-orang sekitar dalam hal kecantikan dan akhirnya memutuskan buat keluar dari perusahaan.

Karena kecintaannya terhadap dunia kecantikan, ia akhirnya memutuskan buat menjadi makeup artist. Lizzie mengibaratkan merias wajah itu layaknya melukis, inilah yang membuatnya semakin menyenangi dunia tata rias. Hatinya pun semakin mantap sebagai makeup artist hingga beberapa tahun lamanya. Dirasa kurang, terjun ke dunia blog dan Youtube juga menjadi pilihan kariernya.

Di laman blognya lizzieparra.com, ia lebih banyak mereview produk-produk kecantikan hingga memberikan tips-tips tampil cantik. Tak disangka blognya mendapat respons positif dari para wanita-wanita Indonesia.

Baca juga: Balik Modal Rp 1 M dalam Setahun? Ini Cerita Priscilla Pangemanan Mendirikan Brand Kosmetik SASC

Mendirikan brand sendiri karena prihatin terhadap brand kosmetik lokal yang kalah saing dengan produk luar

Kosmetik lokal
BLP by Lizzie Parra salah satu brand kosmetik bikinan dalam negeri, (Instagram/@@bylizzieparra).

Setelah mendapatkan banyak respons positif dari warganet yang mengunjungi blognya, Lizzie kemudian kepikiran buat membuat brand kosmetik buatannya sendiri. Niat baiknya tersebut semakin kuat berkat keresahan di dirinya terhadap dunia makeup yang hampir semuanya didominasi oleh produk dari luar.  

Hanya dengan mengandalkan Google, ia melakukan riset mendalam tentang produksi makeup lokal. “Aku bergerak di dunia ini sudah lama jadi aku tahu apa yang mau aku bikin, tinggal mencari tahu suplier mana yang bisa bikin, dan bersedia produksi dalam jumlah yang sedikit,” kata Lizzie saat ditemui di acara MoneySmart pada Sabtu (25/5).

“Ngemis ke beberapa pabrik bisa gak bikinin tapi kuantitasnya gak bisa banyak, akhirnya setelah cari-cari ada yang mau memenuhi permintaan tersebut,” sambungnya lagi menceritakan sulitnya mencari pabrik yang mau memproduksi dalam jumlah sedikit.

Akhirnya pada tahun 2016 brand By Lizzie Parra mulai meluncurkan produk pertamanya yaitu lip coat 8 warna.

Baca juga: Tampil Cantik Gak Melulu Mahal, Ini Rekomendasi Kosmetik Lokal yang Patut Dicoba

Dipasarinnya cuma lewat Instagram tapi bisa balik modal dalam waktu 2 bulan!

kosmetik lokal
Ini nih pemulas bibir yang sampai sekarang masih jadi idola para perempuan Indonesia, (Instagram/@bylizzieparra).

Sejak diproduksi pada tahun 2016 silam, Lizzie Parra hanya mengandalkan Instagram sebagai media promosi dan jualan. Produk andalannya saat itu adalah lip coat 8 warna yang warnanya sendiri telah disesuaikan dengan kulit wanita Indonesia.

Selain lewat Instagram, ia juga menawarkan kosmetik lokal buatannya langsung ke teman-teman terdekatnya. Dan ternyata, hanya melalui teknik pemasaran sederhana itu, dagangannya justru laku keras, bahkan modal yang dipinjamkan dari ayahnya bisa balik dalam waktu yang singkat.  “Kita itu break even point itu 2 bulan, langsung habis, modalnya sekitar Rp 500 juta,” terang Lizzie menceritakan keberhasilannya.

Mulai masuk ke pusat perbelanjaan di Jakarta

Kosmetik lokal
Merek kosmetik buatan anak negeri ini bisa dibilang mengalahkan produk asing, (Instagram/@lizzieparra).

Seiring kesuksesan kosmetik lokal buatannya di media sosial, Icil pun gak cepat puas. Icil memimpikan memiliki outlet miliknya sendiri di mal-mal besar di Jakarta. Saat berencana untuk mewujudkan impiannya itu, ia mengaku produknya sempat ditolak beberapa mal dan perusahaan retail.

Tapi, di tahun 2018 akhirnya impiannya itu tercapai, By Lizzie Parra (BLP) buka gerai pertamanya di LOTTE Shopping Avenue di kawasan Kuningan dan menjadi brand lokal pertama yang membuka gerai di sana.

Setelah beberapa bulan buka, mereka memperoleh penjualan yang fantastis, bahkan bisa mengalakan penjualan produk luar yang juga membuka gerai di mal yang sama. Berkat prestasinya ini, nama BLP mulai dikenal di kalangan para pengelola mal dan retail yang sempat merendahkan produknya, hingga akhirnya kini telah memiliki 5 gerai di mal-mal kota besar.

Selain di LOTTE Shopping Avenue, BLP bisa ditemui di Bonheur Bandung, Tunjungan Plaza Surabaya, dan baru-baru ini buka di Kota Kasablanka dan Pondok Indah Mall Jakarta.

Karena produksinya yang terus meningkat, BLP kini juga bekerja sama dengan pabrik kosmetik dari Shanghai dan Jerman.

Kelebihan By Lizzie Parra dibandingkan produk luar

kosmetik lokal
Produk-produknya banyak disukai wanita Indonesia, (Instagram/@blpbeauty).

Lizzie Parra berani bila produk buatannya disandingkan dengan produk kosmetik buatan luar. Bahkan, ia juga berani mengatakan kosmetik bikinannya itu memiliki keunggulan lebih.

Pertama, BLP memiliki harga yang murah namun kualitasnya sama dengan kelas dunia. Kalau produk luar dijual harga jutaan rupiah, BLP hanya mematok harga ratusan ribu saja.

Kedua, pilihan warna produk-produk dari BLP sangat cocok dengan kulit wanita Indonesia. Terakhir, tekstur kosmetik mereka dibuat senyaman mungkin dengan iklim di Indonesia yang lembab dan panas.

Ambisi ke depan untuk go international

kosmetik lokal
BLP by Lizzie Parra sukses di pangsa pasar lokal dan mengejar go international, (Okky Budi/MoneySmart.id).

Layaknya pebisnis lainnya, Lizzie Parra memiliki beberapa ambisi ke depan yang harus ia capai, yaitu go international. Ia ingin membuktikan bahwa brand kosmetik lokal bisa bersaing dengan produk-produk luar di pasar internasional.

Sejauh ini, ia telah menerima tawaran dari para distributor dari beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Filipina dan Malaysia. Tapi Icil tidak mau bertindak gegabah, ia masih mengkaji lebih lanjut tentang track record distributor tersebut. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan