7 Kota Termurah di Inggris Buat Mahasiswa, Manchester Paling Murah!

5 menit
Beda biaya hidup dan biaya kuliah di kota-kota di Inggris. (Shutterstock)
Beda biaya hidup dan biaya kuliah di kota-kota di Inggris. (Shutterstock)

Banyak pelajar Indonesia yang mendambakan untuk melanjutkan kuliah di Inggris. Bagaimana tidak, Inggris merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang tertinggi. Sebut saja Universitas Oxford, kampus andalan Inggris yang termasuk universitas tertua di dunia.

Diperkirakan, kegiatan belajar mengajar di sini sudah ada sejak tahun 1000-an. Tua sekali kan? Jebolannya juga tidak main-main, banyak yang jadi pengusaha sukses dan kaya raya. Tapi, ada juga lho selebriti Indonesia yang berkuliah di sana lho. Dial adalah Maudy Ayunda.

Keinginan untuk berkuliah di Inggris mungkin memang ada. Tapi, pasti banyak pertimbangan yang memberatkan kita untuk melangkah lebih maju. Tes seleksinya yang sulit misalnya.

Kamu bisa kok berangkat ke Inggris dengan mengharapkan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Tapi seleksinya sangatlah ketat, karena kamu akan bersaing dengan pencari beasiswa dari seluruh penjuru Indonesia yang tentunya juga memiliki kualitas baik.

Kamu juga bisa kuliah ke sana dengan biaya sendiri. Kalau kamu tajir sih tentunya tidak ada masalah ya buat bisa berangkat Inggris. Tapi, setajir-tajirnya kamu pasti juga bakalan mikirin biaya hidup di sana kan?

Nah Inggris memang tidak seperti Indonesia, biaya hidup seminggu di sana mungkin sudah bisa menghidupi biaya sebulan mahasiswa di sini. Kita mau kasih tahu nih ada beberapa kota yang menurut Topuniversities termasuk termurah di Inggris. Gak ada salahnya kok kamu mengetahui info ini dulu, siapa tahu kamu terpacu buat ke Inggris. Yuk kita simak!

Baca juga: Ingin Sukses Berkarier Meski Gak Sesuai Jurusan Kuliah? Begini Caranya

7. London

London, kota di Inggris yang biaya hidupnya terkenal paling mahal. (Pexels/Dominika Gregusova)
London, kota di Inggris yang biaya hidupnya terkenal paling mahal. (Pexels/Dominika Gregusova)

Siapa yang gak tahu London, Ibu Kotanya Inggris. Kota indah ini penuh dengan landmark, situs-situs bersejarah dengan arsitektur yang menawan. Salah satunya adalah Big Ben.

Gak nyangka kan kalau biaya hidup di London yang notabenenya sebagai tujuan utama wisata turis mancanegara ini ternyata masih terbilang murah di Inggris. Di sini banyak kampus-kampus ternama seperti University College London dan Imperial College London.

Biaya hidupnya terbilang cukup murah dibanding kota lain di Inggris, yaitu sekitar US$ 1.005 per bulan atau sekitar Rp 14 juta-an. Tapi biaya itu belum termasuk biaya sewa tempat tinggal atau apartemennya.

Setidaknya, biaya ini terbilang cukup murah di Inggris apabila kamu membandingkannya dengan kota metropolitan di negara lain seperti New York misalnya.

Kalau biaya kuliahnya itu sekitar US$ 21.200 per tahun atau sekitar Rp 299.587.800.

Baca juga: Kuliah di Inggris, Ini Gaya Mewah Felicia Hutapea Putri Pengacara Hotman Paris

6. Brighton

Brighton, kota tepi pantai di Inggris. (Pixabay)
Brighton, kota tepi pantai di Inggris. (Pixabay)

Brighton ini letaknya tidak begitu jauh dari London. Hanya butuh satu jam menggunakan kereta dari London untuk sampai di kota ini. Di sini, berdiri sejumlah universitas yang masuk deretan perguruan tinggi terbaik di Inggris bahkan di dunia. Salah satunya adalah University of Sussex.

Sangat berbeda dengan London yang metropolitan, di sini lebih berasa nuansa alamnya karena letaknya yang berada di pinggir pantai. Nah buat menikmati suasana tinggal di sini, kocek yang harus kamu keluarin 62% lebih murah ketimbang tinggal di London. Bisa lebih murah sekitar US$ 1.400 atau Rp 20 juta dari London, itu sudah termasuk biaya sewa.

Biaya kuliahnya juga termasuk murah, mahasiswa diperkirakan akan menghabiskan sekitar US$ 20.600 per tahun atau Rp 291.108.900.

Baca juga: Terbentur Biaya Kuliah? 5 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Tetap Sekolah Setinggi Mungkin

5. Coventry

Coventry di Inggris, kota yang biaya kuliahnya tergolong murah. (Pixabay)
Coventry di Inggris, kota yang biaya kuliahnya tergolong murah. (Pixabay)

Kamu mungkin jarang mendengar Coventry, tapi ini merupakan salah satu daerah yang murah buat belajar. Letaknya gak jauh dari Birmingham kok.

Di sini berdiri universitas terbaik di dunia peringkat ke-54 yaitu University of Warwick. Biaya hidup bagi mahasiswa di University of Warwick cukup murah lho.

Pihak kampus telah membuat kalkulasi biaya hidup mahasiswa di Warwick, yakni antara US$ 98 sampai US$ 235 per minggunya. Jika dirupiahkan jadi sekitar Rp 1,3 juta sampai Rp 3,3 juta, tergantung dari lokasi dan fasilitas tempat tinggalmu.

4. Birmingham

Birmingham, kota di Inggris yang biaya hidupnya 22 persen lebih murah daripada London. (Pixabay)
Birmingham, kota di Inggris yang biaya hidupnya 22 persen lebih murah daripada London. (Pixabay)

Birmingham termasuk kota terbesar di Inggris. Kota yang sangat lekat dengan revolusi industri pada abad ke-18. Ada beberapa universitas top di sini, di antaranya adalah University of Birmingham dan Aston University.

Biaya hidup di sini, 22 persen lebih murah jika dibandingkan hidup di London.

3. Nottingham

Nottingham, kota di Inggris yang punya kampus termurah ke-2 di Britania Raya. (Pixabay)
Nottingham, kota di Inggris yang punya kampus termurah ke-2 di Britania Raya. (Pixabay)

Nottingham, kota yang terkenal dengan legenda Robin Hood ini juga termasuk kota yang termurah dan layak untuk ditinggali mahasiswa di Inggris.

Universitas terbaik ke-82 di dunia ada di sini, yakni University of Nottingham. Untuk biaya pendidikannya, kamu perlu merogoh kocek sekitar US$ 18.900 per tahun atau Rp 267 juta-an. Termasuk kampus yang paling murah kedua di Britania Raya.

2. Newcastle

Newcastle, kota di Inggris yang biaya kuliahnya 39 persen lebih murah daripada Inggris. (Pixabay)
Newcastle, kota di Inggris yang biaya kuliahnya 39 persen lebih murah daripada Inggris. (Pixabay)

Bagi kamu penggemar Newcastle United pasti pengen banget dong nonton langsung ke Newcastle, apalagi sambil kuliah. Nah, buat mewujudkan impian kamu itu, kita kasih sedikit gambaran tentang biaya hidup di sini ya.

Newcastle adalah kota yang duduk di peringkat ke-56 dunia dari segi keterjangkauannya. Universitas andalan di Newcastle adalah Durham University yang menempati ranking ke-74 deretan kampus top dunia.

Biaya hidupnya 39 persen lebih murah ketimbang London dan biaya sewa tempat tinggalnya lebih murah 65 persen. Tapi kalau biaya pendidikannya justru malah lebih mahal, yakni sekitar US$ 22.100, atau jika dirupiahkan menjadi Rp 312 juta-an.

1. Manchester

Manchester, kota di Inggris yang biaya hidupnya sekitar Rp 16 juta per bulan. (Pixabay)
Manchester, kota di Inggris yang biaya hidupnya sekitar Rp 16 juta per bulan. (Pixabay)

Ini nih surganya para penggila bola, terlebih bagi kamu yang ngefans berat sama Manchester United atau Manchester City. Ternyata kota tempat klub kebanggaanmu berada itu memiliki biaya hidup termurah di Inggris.

Berkuliah di University of Manchester ternyata paling murah se-Inggris. Biayanya per tahun sekitar US$ 16.100 atau Rp 227 juta-an. Kalau biaya hidupnya kamu perlu menyiapkan dana sekitar US$ 1.137 per bulan atau Rp 16 juta.

Nah udah tahu kan gambaran umum mengenai biaya hidup maupun pendidikan di Inggris. Sekarang kamu tinggal pilih deh mau kuliah di mana dan masuk lewat jalur apa.

Tapi ingat ya, biaya hidup di atas bisa lebih murah atau bisa lebih mahal lho. Karena yang menentukan mahal atau tidaknya adalah dari gaya hidup kamu sendiri.

Kalau kamu cuman kuliah-pulang-kuliah-pulang mungkin tinggal di Inggris akan sangat amat lebih murah dibanding ekspektasi kamu. Tapi kalau kamu hidupnya doyan plesiran dan hampir tiap minggu plesiran atau sering nongkrong di kafe tiap hari ya wajar saja kalau pengeluaran kamu menjadi membengkak.

Jangankan di Inggris, di Indonesia saja kalau kamu doyan ke kafe tiap hari pasti juga biaya hidupmu bakalan membengkak. Betul gak? (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.