Perkenalkan 4 Miliarder Dubai Terkaya yang Hartanya Mencapai Puluhan Triliun Rupiah

3 menit
Kota Dubai
Perkenalkan 4 Miliarder Dubai Terkaya yang Hartanya Mencapai Puluhan Triliun Rupiah, (Ilustrasi/Pixabay).

Dengan kekayaan melimpah yang dimilikinya, Uni Emirat Arab (UEA) sukses mengubah Kota Dubai yang dikenal tandus menjadi kota metropolitan dan supermegah. Buktinya aja di kota ini berdiri gedung tertinggi di dunia yang menghabiskan dana di angka US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21,67 triliun.

Ditambah lagi Kota Dubai telah berkembang sebagai pusat budaya dan bisnis di UEA. Wajar aja kalau banyak miliarder yang kemudian berdiam, menjalankan bisnisnya, dan hidup nyaman di kota tersebut.

Kabarnya nih ada 30 miliarder yang tinggal di kota tersebut. Jumlahnya yang sedemikian banyak tersebut bikin Kota Dubai menjadi kota dengan miliarder terbanyak di kawasan Timur Tengah.

Dari puluhan miliarder yang tinggal ada di Dubai, tercatat ada empat nama yang berhasil mengantongi predikat paling kaya dari miliarder-miliarder lainnya. Berikut ini nama-namanya seperti yang dikutip dari Investopedia.

Baca juga: Ini 5 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp 29 Juta!

1. Abdulla bin Ahmad Al Ghurair

Kota dubai
Abdulla bin Ahmad Al Ghurair salah satu miliarder di Dubai, (qswownews.com).

Dengan kekayaan mencapai US$ 4,8 miliar atau Rp 69,45 triliun seperti yang dicatat Forbes, Abdulla bin Ahmad Al Ghurair menjadi miliarder paling kaya di Kota Dubai. Miliarder ini sendiri emang diketahui berasal dari keluarga pebisnis yang sukses.

Namun, Mashreqbank yang didirikannya tahun 1967 telah menjadi sumber signifikan dari kekayaan dimilikinya saat ini. Ini masih ditambah dengan keberadaan Al Ghurair Group yang didirikannya di tahun 1960.

Grup bisnisnya tersebut memiliki bisnis di sektor makanan, ritel, dan konstruksi. Hebatnya lagi Abdulla Al Ghurair mendonasikan sekitar sepertiga dari kekayaannya pada Juni 2015 ke Yayasan Al Ghurair demi memajukan dunia pendidikan di UEA.

Baca juga: 15 Negara dengan Miliarder Terbanyak Sejagat, Termasuk Indonesia?

2. Majid Al Futtaim

Kota Dubai
Majid Al Futtaim salah satu miliarder yang ada di Dubai. Hartanya bisa dibilang banyak banget lho, (asiaone.co.in)

Miliarder yang bermukim di Dubai ini dikenal sebagai pemilik dari Majid Al Futtaim Holding Group. Berkat grup bisnisnya yang berdiri tahun 1992 tersebut, Majid Al Futtaim bisa memiliki kekayaan mencapai US$ 4,6 miliar atau Rp 66,52 triliun.

Majid Al Futtaim Holding Group diketahui bergerak di banyak sektor bisnis. Mulai dari pusat perbelanjaan, perdagangan ritel, hiburan, hingga rekreasi. Grup bisnis tersebut juga diketahui menjadi pengelola dari Mall of the Emirates di Kota Dubai dan Mall of Cairo di Kota Kairo.

Baca juga: Cerai dari Jutawan, Mantan Ratu Kecantikan Ini Pilih Miliarder Berkekayaan Rp 24 T

3. Hussain Sajwani

Kota Dubai
Hussain Sajwani salah satu miliarder yang ada di Dubai, (celebfamily.com).

Pendiri perusahaan real estate Damac Properties masuk dalam jajaran orang paling kaya di Kota Dubai. Hussain Sajwani dilaporkan memiliki kekayaan sekitar US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 28,92 triliun.

Sebelum mendirikan Damac Properties di tahun 2002, Hussain Sajwani berbisnis kuliner. Sampai akhirnya regulasi Pemerintah memudahkan dirinya buat mengembangkan bisnis real estate.

Damac Properties juga diketahui pernah bermitra dengan Donald Trump tahun 2013. Saat itu keduanya bekerja sama dalam membangun dua lapangan golf Trump di Dubai.

4. Abdulla Al Futtaim

Kota Dubai
Abdulla Al Futtaim salah satu miliarder di Dubai yang hartanya puluhan triliunan rupiah, (emirates247.com).

Miliarder paling kaya lainnya yang tinggal di Kota Dubai adalah Abdulla Al Futtaim. Kekayaan pemilik Al Futtaim Group ini dilaporkan mencapai angka US$ 2,5 miliar atau setara Rp 36,15 triliun.

Grup bisnis yang dimiliki Abdulla Al Futtaim kabarnya menjadi pengelola merek-merek terkenal di dunia. Al Futtaim Group menjadi distributor kendaraan roda empat, seperti Toyota, Lexus, dan Hino. Terus grup bisnis ini juga memegang lisensi Toys “R” Us, Ikea, Hertz, dan Zara.

Itulah keempat miliarder paling kaya di Kota Dubai. Gak menutup kemungkinan, jumlah miliarder yang menetap di sana makin bertambah seiring berkembangnya perekonomian di UEA. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!