Disebut Kota Termahal di Dunia, Kerja di Sana Kamu Bisa Punya Gaji Rp 84 Jutaan

4 menit
Disebut Kota Termahal di Dunia, Kerja di Sana Kamu Bisa Punya Gaji Rp 84 Jutaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lagi-lagi Singapura dinobatkan sebagai kota termahal di dunia yang berada di peringkat pertama. Negara sekaligus kota ini selama lima tahun berturut-turut selalu masuk daftar kota termahal di dunia.

Seperti yang dilaporkan The Economist, survei yang diselenggarakannya menunjukkan barang-barang yang dijual di Singapura lebih mahal dibandingkan kota lainnya, semisal New York. Sebanyak 150 barang dibandingkan harganya di 133 kota di dunia.

Hasilnya, ada beberapa kota yang diberi predikat sebagai kota termahal di dunia. Salah satunya adalah Singapura. Nah, pertanyaannya adalah seberapa besar gaji di kota-kota tersebut hingga barang-barang yang dijual pun mahal harganya?

Sebagai contoh aja nih, orang yang bekerja di Singapura bisa menerima gaji rata-rata sebesar 3.900 dolar Singapura atau Rp 40 jutaan per bulannya. Dengan gaji sebesar itu, gak heran sih kalau biaya hidup di sana tinggi.

Baca juga: Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Sekali Makan Rp 30 Juta!

Asal tahu aja nih, tarif sewa apartemen di Singapura bisa mencapai 2.600 dolar Singapura atau Rp 27 jutaan per bulan. Semahal-mahalnya di Jakarta tarif sewanya belum tentu lho sampai segitu.

Kalau di Singapura aja besaran gajinya segitu, gimana dengan kota-kota termahal lainnya ya? Bersumber dari Numbeo, segini gaji yang diterima kalau bekerja di kota-kota termahal di dunia berikut ini.

1. Paris

Paris termasuk salah satu kota termahal yang ada di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah Singapura, Kota Paris dinobatkan menjadi kota termahal di dunia nomor dua. Kota ini melesat naik peringkat yang sebelumnya di peringkat ke-8 menjadi peringkat ke-2 kota termahal.

Menurut The Economist, Paris sangat mahal buat ditinggali karena harga jual yang udah kemahalan dan kebutuhan terkait utilitas yang terbilang tinggi biayanya.

Baca juga: Pesta Pernikahan Termahal di Dunia, Salah Satunya Ada yang “Tukang” Baja

Buat gambaran aja nih, harga sewa apartemen satu kamar di pusat kota Paris mencapai 1.161 euro atau Rp 18 jutaan per bulan. Sementara di Jakarta aja harga sewanya rata-rata Rp 5,4 jutaan.

Lalu, berapa besar gaji di Paris? Gaji rata-rata di sana sekitar 2.165 euro atau Rp 34 jutaan. Lebih besar dibandingkan dengan Singapura.

2. Zurich

Zurich salah satu kota termahal yang ada di dunia lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kota yang berlokasi di Swiss ini menjadi kota ketiga yang masuk daftar kota-kota termahal di dunia. Buat hidup sendiri aja, biaya yang dihabiskan per bulannya mencapai 1.500 Franc Swiss atau Rp 21 jutaan.

Gimana gak mahal? Makan di restoran yang katanya gak mahal, di sana menghabiskan biaya 25 Franc Swiss atau sekitar Rp 357 ribuan. Di Jakarta aja mau makan dengan modal Rp 10 ribuan udah cukup bikin kenyang.

Baca juga: Dari Rp 3 Juta Sampai Rp 6 Miliar, Ini 10 Parfum Pria Termahal di Dunia

Bicara gaji, orang-orang yang bekerja di Zurich mendapat gaji per bulannya rata-rata 5.897 Franc Swiss atau Rp 84 jutaan. Itu udah dipotong pajak lho.

3. Hong Kong

Hong Kong merupakan kota termahal di dunia juga lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan keempat ada Hong Kong yang digolongkan sebagai kota termahal di dunia. Kabarnya nih kota termahal di Asia setelah Singapura. Hong Kong menjual bahan makanan dengan harga yang terbilang mahal lho di sana.

Begitu juga dengan harga properti di kota ini. Menurut survei yang dilakukan, harga jual properti di Hong Kong sangat mahal. Bahkan, mahalnya itu melebihi pendapatan mereka dalam setahun.

Orang-orang yang bekerja di Hongkong mendapat gaji yang besaran rata-ratanya mencapai 19 ribu dolar Hong Kong atau sekitar Rp 34 jutaan per bulan. Kurang lebih sama dengan gaji rata-rata di Paris.

4. Oslo

Oslo merupakan salah satu kota termahal yang ada di dunia lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya adalah Kota Oslo yang berada di urutan kelima dalam jajaran kota-kota termahal di dunia. Saking mahalnya nih, biaya hidup yang dihabiskan bisa mencapai 10.336 Krone Norwegia atau sekitar Rp 17 jutaan per bulan.

Sekalipun masuk daftar kota-kota termahal di dunia, faktanya nih orang-orang yang tinggal di sana merasa bahagia. Seperti yang kamu tahu, Norwegia termasuk negara paling bahagia di dunia.

Kebahagian yang tercipta di sana bukan tanpa alasan. Jaminan sosial yang baik menjadi alasan kenapa Norwegia menjadi negara yang paling bahagia di dunia.

Namun, jaminan sosial yang diberikan harus dibayar mahal dengan pungutan pajak penghasilan yang besar. Di Oslo gaji yang diberikan rata-rata mencapai 29.160 Krone Norwegia atau Rp 48 jutaan per bulan.

5. Jenewa

Kota termahal di dunia salah satunya Jenewa lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kota berikutnya yang menempati urutan keenam sebagai kota termahal di dunia adalah Jenewa. Ya, benar banget. Kota yang satu ini juga merupakan salah satu kota yang berada di Swiss.

Dibanding dengan Zurich, Kota Jenewa bisa mahal karena beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah makanan dan perumahan. Ditambah lagi Jenewa juga gak ramah buat kantong tenaga kerja asing alias TKA.

Soal gaji, Jenewa gak tanggung-tanggung kalau menetapkan gaji. Orang-orang yang bekerja di sana setiap bulannya menerima gaji rata-rata sekitar 5.288 Franc Swiss atau Rp 75 jutaan.

Itu tadi deretan kota-kota termahal di dunia. Ada benarnya sih kalau beranggapan besaran biaya hidup sebanding dengan gaji yang diperoleh.

Buktinya aja, kota-kota di atas bukan cuma biaya hidupnya yang besar, melainkan gaji per bulannya pun juga besar. Gimana? Berminat tinggal dan kerja di sana? (Editor: Mahardian Prawira). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!