Kalau Gak Mau Rugi, Jawab Dulu Pertanyaan-Pertanyaan Ini Sebelum Kredit Rumah

3 menit
Kredit rumah (Shutterstock)

Kredit rumah merupakan keputusan yang harus diambil dengan penuh pertimbangan. Bisa saja, di satu sisi keputusan tersebut terbaik, tapi bisa juga jadi yang buruk.

Karena itu, jangan asal atau tergesa-gesa memutuskan mengambil kredit rumah. Bukannya untung, kamu bisa merugi nantinya.

Mempertimbangkan hal-hal untuk mengambil kredit rumah kudu dilakukan orang-orang yang berniat melakukannya. Namun, gak ada salahnya juga orang-orang yang belum berniat beli rumah mengetahui apa aja yang menjadi pertimbangan mengambil kredit ini.

Seperti yang dikutip dari Lifehack, ada beberapa pertanyaan yang mesti kamu jawab sebelum benar-benar mengajukan kredit rumah.

Apa aja pertanyaan-pertanyaan tersebut? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut:

1. Apakah kondisi keuangan udah memungkinkan?

Kredit rumah
Kredit rumah

Rata-rata orang yang ditanya pasti menjawab ya pengin punya rumah. Seenggaknya kalau belum punya uang cash, memilikinya bisa diwujudkan  dengan mengajukan kredit rumah.

Sayangnya, gak sedikit orang yang akhirnya memaksakan diri membeli rumah tanpa terlebih dahulu melihat-lihat seperti apa kondisi keuangannya. Padahal, hal pertama yang harus dicari tahu adalah, apakah kondisi keuangan udah memungkinkan untuk membeli rumah?

Meski belinya secara kredit, pertanyaan tersebut tetap harus dicari tahu jawabannya. Pasalnya, kesulitan dalam membayar cicilan kredit bisa mengakibatkan gagal bayar. Emangnya kamu mau terbelit utang yang besar? Pastinya gak mau kan.

Baca juga: Kredit Rumah Gak Bikin Rekening Tiris, Ikuti Deh Tips-tips Jitu Berikut Ini

2. Apakah cicilan kredit yang hendak kamu ambil udah mencakup 30 persen dari gajimu?

Kredit rumah
Kredit rumah

Beli rumah secara kredit perlu melihat seberapa besar cicilan yang dibebankan ke kamu. Idealnya, cicilan yang udah pas banget buat kondisi keuangan besarnya sekitar 30 persen dari gajimu.

Menanggung cicilan lebih dari itu bikin kondisi keuanganmu jadi gak sehat. Tentu aja, hal tersebut bisa mengganggu pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup kamu lainnya.

Gara-gara demi membayar kredit, kamu harus mengorbankan kebutuhan lain. Emangnya kamu mau sampai cicilan rumah lunas meniadakan kebutuhan lain? Kamu gak mau kan. Itu kenapa bayar cicilan sebaiknya 30 persen dari gaji bulanan kamu.

Baca juga: Kredit Rumah Selama 5 Tahun dengan Bunga 6,5 Persen, Ajukan Aja KPR Ini

3. Apakah udah menyiapkan dana down payment?

Kredit rumah
Kredit rumah

Jangan mudah tergiur dengan tawaran kredit rumah yang meniadakan down payment atau DP. Pasalnya, kalau diambil, kamu bakal menanggung cicilan kredit yang besar.

Itulah kenapa kamu jangan memutuskan buat ambil kredit rumah dengan DP kecil. Lebih baik kamu ambil kredit rumah dengan bayar DP yang besar.

Dengan DP yang besar, kamu bisa bayar cicilan kredit dengan nilai yang kecil yang bisa aja kurang dari 30 persen lho.

4. Di mana lokasi rumah yang diinginkan?

 

Kredit rumah
Kredit rumah

Harga rumah di Ibu Kota emang mahalnya bukan main. Kalau gajimu gak gede-gede amat hingga ratusan juta, lebih baik urungkan aja deh punya hunian di Jakarta.

Pilihlah lokasi yang berada di kota-kota sekitar Jakarta. Namun, seleksi juga ya dalam memilihnya. Sebab harga-harga rumah di kota-kota satelit juga beranjak mahal yang kebetulan lokasinya strategis.

Sebenarnya sih lebih baik membeli rumah yang lokasinya strategis. Alasannya, nilainya cenderung meningkat tiap tahunnya. Tentu aja kamu bakal untung kalau suatu saat menjual rumah tersebut.

Gak enaknya itu cuma harga beli rumah tersebut yang mahal banget. Asal tahu aja nih, semakin strategis lokasi rumah, semakin mahal harga jualnya.

Itulah kenapa kamu perlu jeli dalam memilih lokasi rumah. Minimal kamu bisa memproyeksi apakah suatu saat lokasi tersebut bakal potensial atau gak. Dengan begitu, kamu bisa beli rumah dengan harga yang terjangkau.

Itu tadi beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum benar-benar memutuskan kredit rumah. Semoga dengan baca informasi barusan, kamu jadi lebih tepat mengambil keputusan. (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!