Fix Harga Tiket Pesawat Bakal Turun, Tapi…

2 menit
harga tiket pesawat murah
Pesawat Citilink. (Shutterstock)

Harga tiket pesawat murah sepertinya akan terwujud. Hal ini berkat rapat yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Perhubungan, serta beberapa stakeholder terkait dunia penerbangan.

Rapat yang digelar di Kemenko Perekonomian pada Kamis (20/6) telah mencapai kesepakatan. Pemerintah akan segera menyelesaikan masalah polemik harga tiket pesawat dengan menurunkan tarif.

Masalah harga tiket pesawat ini memang merugikan banyak pihak, baik dari masyarakat maupun maskapai penerbangan itu sendiri. Masyarakat banyak yang meninggalkan moda transportasi ini saat musim mudik kemaren, sehingga jumlah pengguna pesawat mengalami penurunan hingga lebih dari 20 persen.

Sementara itu, pihak maskapai juga merasa dirugikan jika harga tiket pesawat murah. Mereka mengaku biaya operasional seperti perawatan hingga pembelian bahan bakar avtur menjadi salah satu beban yang berat. Kalau seandainya mereka menurunkan harga tiket, ditakutkan kalau keuntungan yang ada gak bisa menutup operasionalnya.

Nah oleh sebab itu, selama seminggu ke depan pemerintah dan beberapa maskapai bakal merumuskan keputusan terbaik untuk kedua belah pihak. Yang jelas, harga tiket pesawat murah gak berlaku untuk semua penerbangan. Ada beberapa kriteria dan persyaratan.

Baca juga: Mau Liburan? Kunjungi 4 Tempat Ini, Harga Tiket Pesawatnya Turun 50 Persen

Penurunan terjadi hanya untuk penerbangan low cost rute domestik

harga tiket pesawat murah
Pesawat Garuda di sebuah bandara. (Shutterstock)

Harga tiket pesawat murah sepertinya bakal terealisasi. Bagi warga yang selama ini kesal, mau pulang ke kampung tiketnya mahal, bisa lebih tenang kalau ada rencana mudik dalam waktu dekat. Tapi, seperti dikutip di CNBC, penurunan harga tiket ini ada syarat-syarat atau kriterianya.

Kriteria pertama, penerbangan yang diturunkan harga tiketnya haruslah penerbangan yang low cost. Maskapai penerbangan yang masuk ke dalam kategori ini antara lain Citilink dan Lion Air. Kalau kamu berharap harga tiket Garuda Indonesia atau Batik Air turun ya gak bakal dapat. Yang bakal turun juga cuma penerbangan rute domestik saja ya, jadi gak bakal ketemu deh penerbangan low cost ke Jepang turun harga.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution juga menyebut penurunan harga cuma berlaku bagi penenrbangan di jam-jam tertentu. “Penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik untuk jadwal penerbangan jadwal tertentu,” kata Darmin seperti dikutip dari CNBC.

Rencana harga tiket pesawat murah ini masih akan dikaji lebih lanjut oleh masing-masing maskapai. Mudah-mudahan saja bisa diumumkan dalam waktu dekat! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.