Gini Lho Tipsnya kalau Pengin Pengajuan KTA BCA Lolos Tanpa Hambatan

5 menit
Biar pengajuan KTA BCA kamu lolos ikuti cara-cara ini ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dengan mengusung slogan “Senantiasa di Sisi Anda”, Bank Central Asia atau BCA selalu berupaya memahami kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah dengan menyediakan kredit tanpa agunan atau KTA BCA.

Dari sekian banyak pinjaman tanpa agunan yang ada, KTA BCA menjadi satu pilihan pinjaman yang infonya paling dicari banyak orang. Kabarnya, orang-orang tertarik sama pinjaman BCA yang satu ini karena bunga rendah yang ditawarkan, yang besarnya kurang dari 1 persen.

Karena tawaran bunga yang menggiurkan ini, orang-orang yang mengajukan KTA BCA cukup banyak lho. Namun, faktanya nih pengajuan pinjaman BCA ini gak semudah yang dibayangkan. Gak sedikit yang pengajuannya ditolak setelah menunggu berhari-hari lamanya.

Baca juga: Bingung Mau Pilih KTA Mandiri, BCA, BRI, atau BNI? Cek Dulu Yuk Perbandingannya

Kalau kamu berniat ajukan KTA BCA, ada beberapa tips yang bisa kamu coba nih supaya pengajuan kamu bisa di-approve. Namun, sebelum bahas tips-tips tersebut, ada baiknya kamu ketahui dulu mengenai informasi seputar KTA BCA dalam ulasan berikut ini.

Ini lho KTA BCA yang bisa kamu ajukan

Ini yang harus kamu ketahui saat mengajukan KTA BCA, (Instagram/@goodlifebca).

BCA Personal Loan adalah pinjaman tanpa agunan yang disediakan Bank BCA. Pinjaman ini menjadi satu-satunya pilihan KTA yang bisa kamu manfaatkan.

Besaran pinjaman yang bisa kamu dapat dengan mengajukan KTA BCA ini mulai dari Rp 5 juta – Rp 100 juta. Sementara jangka waktu pelunasan atau tenornya mulai dari 12, 24, hingga 36 bulan.

Baca juga: Jangan Harap Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Cair Kalau Hal-Hal Ini Terjadi

Bunga KTA BCA ditetapkan sesuai dengan tenor yang dipilih. Itu berarti bunga pinjaman dengan tenor 12 bulan gak sama dengan bunga pinjaman dengan tenor 24 bulan.

Detail bunga KTA BCA sebagai berikut.

  • Tenor 12 bulan: 1 persen per bulan
  • Tenor 24 bulan: 1,03 persen per bulan
  • Tenor 36 bulan: 1,07 persen per bulan

Besaran bunga KTA BCA ini sifatnya tetap atau flat. Artinya, besaran pinjaman tiap bulannya sama alias gak ada kenaikan dari segi bunga.

Berapa minimal penghasilan agar pengajuan BCA personal loan disetujui? Orang yang bisa mengajukan KTA BCA harus punya penghasilan atau gaji minimal Rp 2,5 juta.

Syarat gaji Rp 2,5 juta tersebut diperuntukan buat yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam. Sementara di luar wilayah-wilayah tersebut minimal penghasilannya Rp 2 juta.

Selain bunga, tenor, dan minimal penghasilan, kamu juga perlu tahu hal-hal lain terkait KTA BCA ini.

  • Bank BCA juga menawarkan asuransi jiwa yang sifatnya optional buat debitur BCA. Dengan adanya asuransi jiwa, tagihan pinjaman yang tersisa bisa dilunasi uang pertanggungan asuransi. Premi asuransinya dibayarkan dalam bentuk bunga. Detailnya, bunga 0,363 persen buat tenor 12 bulan, bunga 0,693 persen buat tenor 24 bulan, dan bunga 1,020 persen buat tenor 36 bulan.
  • Debitur KTA BCA dikenakan biaya provisi sebesar 1 persen dari pinjaman yang disetujui atau minimal Rp 100 ribu.
  • Kalau pelunasan dipercepat, ada biaya yang berlaku, yaitu Rp 200 ribu. Namun, mempercepat pelunasan baru bisa dilakukan kalau udah lakukan 6 kali pembayaran angsuran.
  • Seandainya cicilan sampai terlambat dibayarkan, ada biaya yang bakal dikenakan, yaitu 0,28 persen per hari dari cicilan.

Begini tips-tips ajukan KTA BCA agar cepat lolos

Ikuti tips-tips ini biar KTA BCA kamu lolos, (Instagram/@goodlifebca).

Seperti yang udah disebutkan di atas tadi, ternyata gak sedikit yang mengalami kegagalan dalam mengajukan KTA BCA. Ada beberapa hal sebenarnya yang kalau kamu perhatikan bisa bikin pengajuan BCA Personal Loan lolos. Apa aja?

Baca juga: Jangan Asal Dapat Uang Pinjaman, Ini Lho Konsekuensinya Pinjam di Aplikasi Online

1. Besaran pinjaman yang diajukan melebihi rasio plafon maksimal

Jangan melibihi rasio pinjaman ketika mengajukan KTA BCA, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jangan langsung ambil pinjaman dengan jumlah yang besar. Ada rasio plafon maksimal yang menentukan pengajuan KTA BCA disetujui atau ditolak.

Bank BCA menetapkan rasio plafon maksimal maksimal plafon kredit 4x take home pay (THP). Itu berarti kalau gaji kamu Rp 5 juta, besaran pinjaman yang bisa kamu ajukan maksimal Rp 20 juta.

Jadi, gak usah heran seandainya pengajuan pinjaman kamu ditolak karena ajukan pinjaman Rp 30 juta. Soalnya kamu cuma bisa ajukan KTA maksimal Rp 20 juta. Itulah kenapa harus pastikan lebih dulu besaran pinjaman kamu gak melebihi maksimal plafon pinjaman.

2. Pilih besaran pinjaman dan tenor sesuai rasio cicilan 30 persen per gaji

Ketika mengajukan KTA BCA kamu mesti perhatikan besar kecilnya penghasilan kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma ambil pinjaman berdasarkan maksimal plafon kredit, kamu juga harus perhitungkan besaran rasio cicilan. Idealnya nih kamu bisa ajukan pinjaman dengan besar cicilan 30 persen dari gaji.

Misalnya aja gaji kamu Rp 6 juta. Kamu bisa ajukan pinjaman dengan cicilan per bulannya maksimal Rp 1,8 juta. Lebih dari itu pastinya pengajuan pinjaman kamu bakal ditolak.

3. Pastikan kolektibilitas kredit dalam keadaan baik

Kamu juga mesti perhatikan poin penting ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Karena ini BCA Personal Loan adalah pinjaman tanpa agunan, kamu perlu pastikan kolektibilitas kredit dalam keadaan baik. Adanya kolektibilitas kredit ini menjadi pengganti gak adanya jaminan buat mengajukan pinjaman.

Orang-orang yang punya kolektibilitas kredit yang baik biasanya pembayaran cicilan kredit dulunya selalu lancar. Status pembayaran cicilan yang lancar ini disebut performing loan. Sementara kalau pembayarannya macet, statusnya dinamakan non-performing loan atau NPL.

4. Punya kartu kredit atau rekening payroll BCA

Orang-orang yang punya kartu kredit atau terdaftar sebagai nasabah payroll BCA biasanya lebih berpotensi buat dapat dana pinjaman. Soalnya cash flow atau histori kredit mereka bisa diketahui dengan mudah oleh Bank BCA.

Dari angka-angka yang tercatat di histori kredit ataupun rekening payroll, mereka bisa mempertimbangkan apakah pengajuan layak disetujui atau gak.

5. Penuhi syarat-syarat yang diminta dan jangan sampai terlewat

Penuhi persyaratan yang mesti diisi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pastinya kamu jangan sampai lupa dengan syarat-syarat yang diminta buat ajukan pinjaman KTA. Gak sedikit yang gagal mengajukan pinjaman gara-gara gak memenuhi.

Padahal, syarat-syarat yang diminta Bank BCA gak ribet lho, seperti:

  • Berstatus WNI.
  • Punya rekening BCA.
  • Berstatus karyawan tetap, wiraswasta, atau profesional.
  • Usia minimal 21 – 55 tahun.
  • Isi formulir aplikasi pengajuan.
  • KTP.
  • Slip gaji terakhir (asli).
  • Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi kartu kredit.
  • NPWP.

Nah, sampai di sini kamu udah tahu kan informasi KTA BCA dan tips-tips agar pengajuannya lolos? Namun, ada satu hal nih yang perlu kamu ingat.

Sekalipun udah melakukan tips-tips di atas, bukan berarti Bank BCA bakal langsung menyetujui pengajuan kamu ya. Tetap aja disetujui atau ditolaknya pengajuan tergantung dari Bank BCA sendiri. Mungkin aja ada pertimbangan lain kenapa pinjaman kamu ditolak.

Namun, seenggaknya dengan melakukan tips-tips di atas, kamu udah berusaha sebaik-baiknya agar bisa dapat pinjaman. Setuju? (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong