Pastikan Pengajuan KTA Mandiri Lolos dengan Terapkan Trik-trik Jitu Ini

5 menit
KTA Mandiri pengin lolos saat pengajuannya? Coba kamu ikuti trik jitu ini ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

KTA Mandiri menjadi salah satu pilihan pinjaman yang dicari-cari informasinya. Informasinya nih pilihan pinjaman Bank Mandiri yang satu ini memberi penawaran bunga yang besarannya kompetitif lho. Pastinya gak kalah menarik dibandingkan bunga KTA dari bank-bank lainnya.

KTA Mandiri ditujukan buat siapa aja yang pengin dapat kucuran uang pinjaman. Mulai dari pegawai tetap, pengusaha kecil, hingga pensiunan. Asalkan sanggup bayar cicilannya, silakan aja mengajukan pinjaman tanpa agunan Bank Mandiri.

Udah gitu kamu bisa gunakan KTA Mandiri buat memenuhi beragam kebutuhan. Misalnya aja pendidikan, pernikahan, kesehatan, renovasi rumah, hingga kebutuhan lainnya. Selama itu gak melanggar hukum, sah-sah aja sih gunakan pinjaman tanpa agunan Bank Mandiri.

Karena tawaran bunga yang menarik inilah, cukup banyak yang ajukan KTA Mandiri. Sayangnya, cukup banyak pula yang pengajuannya ditolak, padahal udah lama menunggu kabar dari Bank Mandiri.

Baca juga: Kasih Bunga Mulai dari 0,69 Persen, Ini KTA yang Bisa Diajukan Secara Online

Di sini pentingnya tahu gimana triknya agar pengajuan KTA Mandiri bisa lolos. Moneysmart.id ingin  membagikan trik-triknya nih ke kamu. Namun, sebelum itu, gak ada salahnya mengupas sedikit tentang pinjaman tanpa jaminan ini. Yuk, disimak ulasannya.

Pengin KTA dengan bunga rendah? Pilih aja Mandiri KSM

Coba deh kamu pinjam KSM Mandiri ini, (Instagram/@bankmandiri).

Sebagai informasi, Bank Mandiri punya nama buat KTA yang ditawarkannya, yaitu Mandiri Kredit Serbaguna Mikro atau Mandiri KSM.

Bunga yang ditetapkan Bank Mandiri buat Mandiri KSM emang benar-benar menarik lho. Kamu bisa dapat pinjaman dengan bunga mulai dari 0,59 persen tiap bulan. Dari sini udah jelas kalau bunga KTA Mandiri benar-benar rendah?

Baca juga: Gini Lho Tipsnya kalau Pengin Pengajuan KTA BCA Lolos Tanpa Hambatan

Namun, kamu perlu tahu nih kalau besaran bunga KTA Mandiri tergantung dari tenor pinjaman yang dipilih. Tenor Mandiri KSM bisa dipilih mulai dari 24 – 180 bulan.

Nah, Bank Mandiri juga mengucurkan dana gak tanggung-tanggung nih besarnya. Kamu bisa dapatkan dana dengan besaran mulai dari Rp 25 juta – Rp 1 miliar.

Lebih detailnya kamu bisa lihat daftar bunga dan tenor Mandiri KSM di bawah ini.

  • 0,59 persen buat 24 bulan
  • 0,60 persen buat 36 bulan
  • 0,62 persen buat 48 bulan
  • 0,63 persen buat 60 bulan
  • 0,72 persen buat 72 bulan
  • 0,72 persen buat 84 bulan
  • 0,72 persen buat 96 bulan
  • 0,72 persen buat 108 bulan
  • 0,72 persen buat 120 bulan
  • 0,81 persen buat 180 bulan

Syarat gaji yang diperuntukan buat orang-orang pengin mengajukan KTA Mandiri ini mulai dari Rp 3 juta. Asalkan kamu udah bekerja dengan lama waktu minimal 1 tahun.

Baca juga: Bingung Mau Pilih KTA Mandiri, BCA, BRI, atau BNI? Cek Dulu Yuk Perbandingannya

Oh, iya ada beberapa biaya yang mesti kamu tahu kalau pengin ajukan Mandiri KSM.

  • Premi asuransi jiwa: sesuai dengan rate.
  • Provisi: limit < Rp 50 juta = 0,5 persen dari limit, limit > Rp 50 juta = 1,0 persen dari limit.
  • Biaya administrasi: limit < Rp 50 juta = Rp 50 ribu, limit > Rp 50 juta = Rp 100 ribu.

Gini triknya kalau pengin pengajuan KTA Mandiri lolos

Kamu bisa ikuti trik ini agar KTA Mandiri kamu dikabulkan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ditolaknya pengajuan KTA bisa aja terjadi. Makanya perlu pakai trik-trik jitu supaya aplikasi KTA diterima bank. Apa aja trik-triknya agar pengajuan KTA Mandiri lolos? Disimak yuk.

1. Pastikan gak punya catatan buruk perbankan

Usahakan saat mengajukan KTA Mandiri kamu gak punya catatan buruk di Bank, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bank bisa aja menolak aplikasi pengajuanmu karena melihat buruknya catatan riwayat kredit kamu. Catatan riwayat kredit atau yang dikenal sebagai kolektibilitas kredit bisa kamu lihat dengan mengakses SLIK OJK.

Ada lima status yang menjadi penilaian bank dalam memutuskan kamu layak menerima uang pinjaman atau gak sama sekali.

Pertama, kamu dikenai status lancar atau kualitas 1 karena gak pernah menunggak cicilan. Kedua, status dalam perhatian khusus (DPK) atau kualitas 2 karena nunggak selama 1 – 90 hari.

Ketiga, status kredit kurang lancar atau kualitas 3 yang disebabkan macetnya pembayaran cicilan selama 91 – 120 hari. Keempat, status diragukan atau kualitas 4 karena menunggak selama 121 – 180 hari. Terakhir, status macet karena nunggak lebih dari 180 hari.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan orang-orang yang berstatus lancar atau kualitas 1 yang berpotensi dapat pinjaman. Makanya perlu nih buat kamu agar bayar cicilan sesuai waktu yang ditentukan dan jangan pernah menunggak.

2. Punya rekening tabungan atau payroll di Bank Mandiri

Usahakan memiliki payroll di Bank Mandiri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Memiliki rekening tabungan di Bank Mandiri bisa lebih memastikan dirimu buat mendapat KTA Mandiri. Sebab Bank Mandiri gak butuh waktu lama buat lihat cash flow di rekening kamu.  

Oh, iya pastikan umur rekening kamu minimal 6 bulan agar menyakinkan kalau rekening aktif digunakan.

Biar gak repot-repot tiap bulan transfer uang ke rekening Bank Mandiri, ganti aja rekening payroll kamu dengan rekening Bank Mandiri.

3. Pastikan lagi gak punya kewajiban bayar kredit berjalan

Jangan sampai kamu masih memiliki kredit berjalan saat mengajukan KTA Mandiri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sulit buat kamu ambil KTA Mandiri kalau masih jalani kewajiban buat bayar kredit yang sedang berjalan. Inilah kenapa kamu perlu pastikan bahwa kredit berjalan yang jadi tanggungan udah beres.

Kenapa bisa begitu? Soalnya ada ketentuan rasio kredit yang menentukan apakah seseorang layak diberi pinjaman atau gak. Idealnya, besaran rasio kredit itu 30 persen dari gaji yang kamu terima tiap bulan.

Misalnya aja kamu terima gaji Rp 6 juta tiap bulan. Itu berarti rasio kredit kamu Rp 1,8 juta. Nah, angka Rp 1,8 juta ini maksudnya besaran cicilan kredit kamu tiap bulannya maksimal Rp 1,8 juta.

Bisa aja sih sebenarnya kamu masih bisa dapat pinjaman. Asalkan besaran cicilan berjalan belum sampai Rp 1,8 juta.

4. Penuhi semua syarat yang diminta

Penuhi persyaratan di Bank Mandiri saat mengajukan KTA kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini paling penting. Entah kamu mengajukan secara online atau offline, kamu harus memenuhi syarat-syarat yang diminta buat dapat KTA Mandiri.

Dan ingat, selalu pastikan syarat-syarat atau data-data yang diminta gak ada yang kamu lewatkan sedikit pun. Berikut ini syarat-syarat ajukan Mandiri KSM.

  • Berstatus WNI.
  • Punya rekening BCA.
  • Berstatus karyawan tetap, wiraswasta, atau profesional.
  • Usia minimal 21 – 55 tahun.
  • Isi formulir aplikasi pengajuan.
  • KTP.
  • Slip gaji terakhir (asli).
  • Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi kartu kredit.NPWP.

Sekarang kamu udah tahu kan informasi KTA Mandiri dan gimana trik-trik buat mendapatkannya? Oh, iya. Trik-trik di atas gak menjamin sepenuhnya pengajuan kamu dapat diterima ya.

Gimana pun juga bank punya hak prerogatif dalam memutuskan aplikasi pengajuan pinjaman diterima atau ditolak. Namun, seenggaknya dengan melakukan trik-trik di atas memberi kamu peluang besar buat dapat pinjaman. (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong