Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ini Aneka Kue Tradisional Cuma Rp 15 Ribuan

3 menit
kue tradisional
Berbuka Puasa dengan yang Manis, Ini Aneka Kue Tradisional Cuma Rp 15 Ribuan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Rasa yang khas dan enak di kue tradisional emang gak bakal pernah tergerus zaman. Apalagi kalau kamu yang doyan dengan kue tradisional khas nusantara.

Saat berbuka pasti kamu mencari makanan yang bisa menggugah selera makan usia satu penuh menunaikan puasa. Ya, selera orang emang berbeda-beda, ada yang mencari segelas kolak pisang, 3 butir buah kurma atau langsung berbuka dengan menu besar.

Kalau kamu pernah jajan di pasar tradisional, pasti bakal menemukan aneka makanan khas Indonesia. Mulai dari yang gurih hingga bercita rasa manis. Kue tradisional mungkin salah satunya yang dicari.

Buat berbuka puasa enak nih pilih kue yang punya aneka rasa. Penasaran apa aja? Yuk, kita lihat nih aneka kue-kue khas Indonesia yang harganya gak mahal dan buat rasa dijamin enak.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Kue putu

kue tradisional
Kue putu bisa jadi andalan saat berbuka puasa nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kue putu salah satu kue khas Indonesia nih. Teksturnya yang antara padat dan gak, kue putu ini terbuat dari tepung beras. Udah gitu dengan isian gula merah atau aren, kue putu dibikin dengan cara seperti dikukus.

Rasa manisnya bakal terasa nikmat saat parutan kelapa ditaburkan di atas kue putu yang masih hangat. Kamu bisa beli kue ini di pasar tradisional atau tukang tukang kue putu yang lewat sekitaran rumah kamu. Cuma kocek uang kisaran Rp 15 ribu kamu udah bisa menyantap kue putu yang hangat.

Baca juga: Praktis dan Mudah Banget, Ini 5 Resep Kue Kering Lebaran Paling Digemari!

2. Putu mayang

kue tradisional
Putu mayang bisa jadi andalan nih saat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kue putu mayang salah satu kudapan yang pas nih buat berbuka puasa. Bentuknya yang seperti mie dan memiliki warna khas, seperti merah muda, putih dan hijau begitu menggoda nih.

Udah gitu tambahan saus yang terbuat dari santan kelapa dan gula merah, menambah rasa nikmat saat kue putu mayang masuk ke dalam mulut mu. Buat beli kue ini kamu bisa mencarinya di bakery terdekat, soal harga kisaran Rp 15 ribuan lho.

Baca juga: Bosan Santap Gorengan Terus? Ini 5 Menu Murah Makanan Bernutrisi buat Berbuka

3. Kue putu ayu

kue tradisional
Putu ayu salah satu kue khas Indonesia nih yang enak buat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Putu ayu juga enak nih buat berbuka puasa. Terbuat dari tepung beras, kue ini terbilang sehat sih karena diproses masak dengan dikukus. Warna hijau dan bentuknya yang bulat serta warna putih dari kelapa parut menambah kesan gemas si penampilan kue putu ayu.

Soal rasa, kue putu ayu emang gak terlalu manis, namun terselipkan nih rasa gurih dari parutan kelapa. Kue putu ayu ini kamu bisa cari di bakery terdekat seperti Holland Bakery atau Monami, satu cup kue ini dijual kisaran Rp 16 ribuan.

4. Kue lupis

kue tradisional
Kue lupis bisa dijadikan menu berbuka puasa lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa yang gak suka dengan tekstur kue lupis? Ya, kue tradisional ini salah satu yang banyak di favoritkan oleh orang-orang saat bulan Ramadan.

Terbuat dari beras ketan, kue lupis ini memiliki tekstur yang legit dan padat lho. Disiram dengan gula merah, kue lupis ini enak banget buat berbuka puasa. Soal harga kue lupis ini biasanya dijual Rp 12 ribuan isi 3 potong di pasar tradisional.

5. Serabi

kue tradisional
Gak Sampai Rp 15 Ribu, Ini Aneka Kue Tradisional buat Berbuka Puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kue serabi salah satu kue tradisional yang juga banyak penggemarnya nih. Bentuknya yang bulat, kue serabi seiring perkembangan zaman buat rasanya juga macam-macam nih. Ada yang diberi isian oncom, cokelat pisang hingga keju cokelat.

Kalau kamu penyuka yang otentik pasti menyukai kue serabi dengan kuah gula merah dicampur santan kelapa. Kue serabi ini jual kisaran Rp 10 ribu di pasar tradisional.

Itu dia aneka kue tradisional yang bisa kamu jadikan referensi buat berbuka puasa di bulan Ramadan. Mumpung masih di bulan puasa, kue-kue di atas pasti bakal banyak banget dijual di pasar kaget atau pasar tradisional. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!