7 Kuliner Khas Daerah Jalur Mudik yang Enak di Lidah dan Pas buat Kantong

4 menit
kuliner khas
7 Kuliner Khas Daerah Jalur Mudik yang Enak di Lidah dan Pas buat Kantong, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perjalanan selama pulang ke kampung halaman bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan ataupun sebaliknya kalau terkena macet. Supaya gak rugi di jalan ada baiknya kamu coba mampir ke daerah ini untuk cicipin kuliner khas daerah jalur mudik. Penasaran ada apa aja?

Jalur Pantura atau Jalur Selatan masih menjadi rute bagi beberapa pemudik yang mau merayakan Lebaran bersama saudara. Di sepanjang jalan tersebut banyak daerah yang kita lewati tetapi suka lupa buat mencicipi kuliner khasnya. Padahal hampir setiap tahun melewati jalan yang sama.

Sebagai negara yang punya ribuan menu kuliner khas daerah rasanya sayang banget kalau kita cuma doyan makan makanan cepat saji banyak ditemukan di pusat perbelanjaan.

Udah harganya lumayan mahal, buat kesehatan juga belum tentu baik. Ruginya jadi dua kali deh.

Daripada terus-terusan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat mending selama momen lebaran ini kita mencoba 7 kuliner khas daerah yang ada di sepanjang jalur mudik berikut ini:

Baca juga: Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Sekali Makan Rp 30 Juta!

1. Empal Gentong – Cirebon

kuliner khas
Empal Gentong salah satu menu yang banyak dicari saat mudik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kuliner pertama yang bisa kamu coba di perjalanan mudik adalah Empal Gentong khas Cirebon, Jawa Barat.

Di Jakarta atau kota besar lainnya mungkin udah banyak tempat makan yang menjualnya tetapi akan beda rasanya kalau kamu langsung mencicipi ke tempat asalnya. Apalagi kalau dimakan dengan sepiring nasi hangat dan kerupuk udang yang gurih. Makin mantap deh rasanya!

Baca juga: Persis Kayak Indonesia! Begini Perayaan Idul Fitri di 7 Negara Lainnya

2. Sate Blengong – Brebes

kuliner khas
Sate blengong salah satu yang khas nih kalau mudik dan wajib dicoba, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain telor asin yang udah jadi identitas daerah Brebes ada kuliner yang juga kamu patut coba yakni sate blengong.

Blengong sendiri ialah hewan sejenis unggas hasil perkawinan antara bebek jantan sama itik serati betina atau kita sering dengar dengan entok. Rasanya tentu gak kalah nikmat dari daging sate pada umumnya lho.

Baca juga: 5 Makanan Khas Idul Fitri di Negara Selain Indonesia

3. Tahu Gimbal – Semarang

kuliner khas
Tahu gimbal makanan khas Semarang yang mesti kamu coba saat perjalanan mudik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah melewati daerah Brebes kamu bakal datang ke kota Semarang yang punya oleh-oleh khas yakni bandeng presto.

Selain itu ada juga kuliner khas Semarang yang gak kalah enak dari bandeng presto namanya adalah tahu gimbal.

Isinya sendiri terbuat dari tahu udang yang digoreng dan dicampur bersama beberapa sayuran dan lontong. Dan yang bikin enak adalah rasa bumbu kacangnya yang khas.

4. Gecok Kambing – Salatiga

kuliner khas
Makanan khas mudik kamu mesti coba gecok kambing asal Salatiga, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masih ada di Jawa Tengah ada Gecok Kambing yang bisa kamu cicipi kalau mampir ke kota Salatiga ini. Namanya emang jarang kamu dengar, tapi buat soal rasa boleh diadu deh dengan makanan lainnya, dijamin enak!

Sesuai sama namanya makanan yang satu ini punya ciri khas daging kambing yang dimasak bersama kuah cokelat berisi berbagai macam rempah yang nikmat.

Buat yang punya kolesterol dan darah tinggi sebaiknya batasi mengkonsumsinya karena kadang suka lupa udah makan banyak saking enaknya.

5. Nasi liwet – Solo

kuliner khas
Nasi liwet yang mesti kamu cobain kalau mudik lewat Solo, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kota Solo terkenal akan makanannya yang enak-enak dan tentunya murah. Salah satu yang bisa kamu coba adalah nasi liwet.

Yang spesial dari menu ini adalah nasi yang disajikan gurih banget dan ditambahkan dengan beberapa suwiran ayam goreng serta lauk pauk yang bikin selera makan semakin bertambah.

Umumnya nasi liwet dimakan di atas daun pisang guna memperkaya aroma dan cita rasa.

6. Gudeg – Yogyakarta

kuliner khas
Gudeg salah satu menu andalan nih kalau kamu ke Jogjakarta, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kuliner yang gak pernah ada matinya dari dulu adalah gudeg. Walau udah banyak yang jual hampir di seluruh wilayah Indonesia tapi kamu harus coba paling gak sekali makan langsung di tempat kelahirannya.

Ada beberapa restoran rekomendasi yang bisa kamu kunjungi yakni Gudeg Yu Djum Wijilan, Gudeg Pawon dan Gudeg Mercon Bu Tinah yang pedesnya bukan main.

7. Tiwul – Gunung Kidul

kuliner khas
Tiwul nih salah satu makanan khas saat mudik, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kuliner khas terakhir yang di sepanjang jalur mudik adalah tiwul. Makanan ini cukup populer di kawasan gunung kidul sebagai pengganti nasi.

Bahan dasar di tiwul sendiri adalah singkong yang ditumbuk sampai hancur. Rasanya cenderung manis karena menggunakan gula merah dan kelapa parut.

Nah, itulah 7 kuliner khas yang wajib kamu coba kalau lagi melewati jalur mudik. Beberapa nama di atas mungkin udah sering kamu coba makan, tapi akan beda rasanya jika mencicipinya langsung di tempat asalnya dijamin lebih enak! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1