Pantas Aja Jadi Konglomerat! Ternyata, Ini Kunci Sukses 5 Orang Berpengaruh di Dunia

3 menit
Kunci sukses Jeff Bezos (Instagram/@jeffbezos)
Kunci sukses Jeff Bezos salah seorang konglomerat dunia (Instagram/@jeffbezos)

Semua orang ingin sukses dalam hidupnya. Selain kerja keras, kamu juga perlu tahu apa aja kunci-kunci sukses dalam hidup. Gampangnya, ikuti aja deh apa yang dianjurkan orang-orang yang udah terbukti sukses seperti para konglomerat dunia.

Seperti yang kamu tahu, cukup banyak orang sukses di dunia yang rata-rata masuk daftar konglomerat dunia. Mereka pun gak segan membagikan kunci-kunci sukses kepada siapa aja yang ingin seperti mereka.

Pengin tahu apa aja pesan-pesan dari mereka buat yang kepengin sukses? Dikutip dari Entrepreneur, berikut kunci-kunci sukses yang dibagikan para konglomerat dunia:

1. Tantanglah dirimu sendiri

orang kaya
Richard Branson (Famous Entrepreneurs)

Kenal Richard Branson? Sosok yang satu ini dikenal sebagai pengusaha eksentrik yang membesarkan Virgin Group. Salah satu anak usaha yang terkenal dari Virgin Group adalah maskapai Virgin America.

Dari bisnis yang dikelolanya tersebut, Branson sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Harta yang dimilikinya berkat usahanya tersebut mencapai US$ 5 miliar atau Rp 70 triliun.

Branson pernah mengatakan, menantang dirinya sendiri adalah kunci sukses dalam hidup yang dipegangnya terus. Baginya, kehidupan yang dijalaninya saat ini adalah tempatnya belajar terus-menerus buat meraih ilmu yang sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Pengin Jadi Miliarder, Baca 4 Buku Konglomerat Dunia Ini

2. Jalani pekerjaan yang bakal kamu kerjakan dengan sepenuh hati

Steve Jobs (Shutterstock).

Steve Jobs menjadi sosok yang begitu inspiratif bagi banyak orang. Kesuksesan dan kata-katanya menyihir banyak orang untuk sukses seperti dirinya.

Berkat perannya, Apple menjadi brand komputer dan smartphone terpopuler di dunia. Dia membangun Apple sehingga bisa sukses seperti sekarang bukan tanpa pengorbanan. Dia memilih gak melanjutkannya agar fokus membangun Apple di sebuah garasi rumah.

Hasilnya, Apple kini produsen komputer dan smartphone terbesar di dunia yang gak bisa dipandang sebelah mata. Kunci sukses dalam hidup Steve Jobs adalah, melakukan pekerjaan yang diyakini bakal dijalankannya dengan sepenuh hati.

Baca juga: Jeff Bezos Masih yang Terkaya, Ada Hartono Bersaudara dalam Daftar

3. Berani ambil risiko

Jeff Bezos (Instagram/@jeffbezos)
Jeff Bezos (Instagram/@jeffbezos)

Di balik kesuksesan Amazon sebagai ecommerce terbesar di dunia, ada Jeff Bezos yang mengambil peran sebagai tokoh kunci. Usaha yang dikerahkan Bezos terbukti berhasil mengantarkannya jadi orang paling kaya di dunia.

Jeff Bezos tercatat memiliki harta yang nilainya mencapai US$ 134,8 miliar atau sekitar Rp 1.890 triliun. Dengan kekayaan yang begitu banyak, Bezos berada di peringkat pertama dalam daftar konglomerat dunia.

Bezos berpandangan, kesuksesan itu bisa diraih asalkan berani mengambil risiko. Bezos berpendapat, seseorang gak bakal pernah tahu hasil dari upaya yang dilakukannya sebelum benar-benar melakukannya.

Sikapnya yang berani ambil risiko itulah yang menjadi kunci sukses dalam hidup.

4. Percayalah pada dirimu sendiri

sukses saat tua
Henry Ford

Henry Ford menjadi salah satu contoh orang yang sukses ketika usianya sudah tua. Lahir sebagai anak petani miskin bukanlah hal yang bikin dirinya menyesal.

Henry Ford yakin selama percaya dirinya bisa, pastilah bisa! Hal itulah yang terus dia pegang sebagai kunci sukses dalam hidupnya.

Karena rasa percaya dirinya, Ford gak pernah setop berinovasi menciptakan mobil. Sempat mengalami kegagalan, tapi Ford gak pernah nyerah sampai akhirnya menjadi orang sukses dalam sejarah otomotif berkat mobil Ford.

5. Segera lakukan apa yang sebaiknya dilakukan

Walt Disney. (thewaltdisneycompany.com)
Walt Disney. (thewaltdisneycompany.com)

Walt Disney gak bakal pernah sukses melahirkan karakter Mickey Mouse seandainya ia cuma menyimpannya dalam kepalanya. Gak menunggu lama, begitu karakter Mickey tergambar dalam angannya, dia langsung segera merealisasikannya menjadi nyata.

Menurut Disney, kunci sukses dalam hidup adalah berhenti bicara dan wujudkan apa yang menjadi impianmu. Hal itulah yang diyakininya hingga akhirnya The Walt Disney Company menjadi perusahaan media dan hiburan terbesar di dunia.

Itulah kunci sukses yang dimiliki para konglomerat dunia. Selama kamu meyakini dan menjalankannya dalam hidup, kesuksesan itu gak lagi sekadar angan, tapi menjadi kenyataan.

Semoga kunci sukses para konglomerat dunia bermanfaat untuk kamu! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!