Jokowi Kurban Sapi 1 Ton di Surabaya, Harganya Jauh dari Perkiraan!

2 menit
Ilustrasi sapi Ongole, sejenis dengan sapi kurban Jokowi. (Shutterstock)
Ilustrasi sapi Ongole, sejenis dengan sapi kurban Jokowi. (Shutterstock)

Mendekati Idul Adha, pembahasan mengenai sapi-sapi kurban pejabat negara pasti jadi sorotan banyak media. Nah, gak terkecuali sapi Jokowi. Seperti apa sih sapi kurban Jokowi tahun ini?

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo berkurban sapi pada Hari Raya Idul Adha 2018. Kalau pada Idul Adha tahun 2017 lalu Jokowi membeli sapi Simmental berbobot 1,1 ton milik Saeman, seorang peternak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tahun ini Jokowi membeli sapi peranakan Ongole dari peternak di Lamongan, Jawa Timur untuk kurban di Masjid Al Akbar, Surabaya.

Dikutip dari Suara.com, Sawiyan (53) sang peternak, mengantarkan sapi putih berbobot 1,05 ton itu ke Masjid Al Akbar, Surabaya, Selasa (21/8/2018). Menurut Sawiyan, sapi putih dengan tinggi 152 cm dan panjang 170 cm itu berusia 4,5 tahun.

Dibeli dengan harga di bawah pasaran

Terus, gimana ceritanya Jokowi bisa membeli sapi milik Sawiyan? Menurut pengakuan pria paruh baya ini, dirinya dapat info bahwa Presiden tertarik membeli sapinya dari seorang staf Dinas Peternakan Jatim yang mendatangi rumahnya, Senin kemarin.

“Saya tak tahu kenapa Pak Jokowi membeli  sapi kepada saya. Tapi memang, beberapa sapi kami sebelumnya sempat menang kontes juga mas,” kata Sawiyan dikutip Suara.com.

Soal harga, ternyata gak jauh berbeda dari sapi Simmental yang dibeli Jokowi tahun lalu. Kalau saat itu Jokowi membeli sapi dari peternak Polewali seharga Rp 60 juta, kali ini orang nomor satu RI itu merogoh kocek hanya Rp 56 juta untuk menebus sapi milik Sawiyan.

Tapi, bukan berarti harga pasaran sapi turun lho ya. Perbedaan harga itu tentu saja karena ternyata Sawiyan mematok harga di bawah harga pasaran. Harga pasaran sapi milik Sawiyan masih Rp 90 juta lho!

Kepada Suara.com, Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmi Muhammad Noor mengatakan, selama menjadi presiden, Joko Widodo rutin menyumbang qurban ke masjidnya.

“Tahun lalu juga kurban di sini. Untuk berat dan besarnya hampir sama dengan tahun kemarin, 2017. Tapi yang sekarang lebih kelihatan bersih dan putih,” ungkap dia.

Selain sapi Jokowi, di sekitar masjid terlihat pula seekor sapi dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.

Rencananya, sapi-sapi tersebut akan disembelih pada H+1 Idul Adha, atau pada Kamis (23/8/2018). Helmi menyebutkan, pihaknya tidak mencetak kupon dan membagikan daging itu di tempat.

“Pengalaman dari tahun sebelumnya, juga yang terjadi di Masjid Istiqlal Jakarta, kalau dengan kupon malah justru berpotensi terjadi keributan,” ujarnya.

Jokowi berkurban di beberapa tempat

Bukan hanya berkurban di Surabaya, Jokowi juga diketahui menyumbangkan dua ekor sapi ke dua masjid di kampung halamannya, Solo. Dilansir dari Detik, sapi jenis limousine seberat 950 kg dan jenis Simmental seberat 1,1 ton itu dikirim ke Masjid Al Wustho dan Masjid Agung Surakarta.

Lain lagi untuk Masjid Istiqlal. Menurut Detik, Jokowi berkurban sebuah sapi jenis PO di Masjid tersebut. Gak tanggung-tanggung, bobot sapi Jokowi tersebut diketahui mencapai 1,5 ton!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dimas Angga Perkasa dan dipublikasikan di Suara.com.

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.