Cuma Jualan Kosmetik, Ini Rahasia Kylie Jenner Jadi Miliarder Termuda Sejagat

3 menit
Kylie Jenner miliarder termuda versi Forbes (Instagram/@kyliejenner)

Kylie Jenner telah dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia versi Majalah Forbes lewat bisnis produk kecantikannya, Kylie Cosmetics. Forbes sekitar empat tahun lalu telah menaksir perusahaan milik adik Kim Kardashian tersebut bernilai sekitar US$900 juta.

Predikat tersebut berhasil membuat wanita 21 tahun itu menyingkirkan pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang sebelumnya meraih titel miliarder dengan usaha sendiri termuda di dunia pada usia 23 tahun.

Kekayaan Mark ditaksir turun dan dia berada di peringkat delapan dalam daftar orang terkaya dunia versi majalah Forbes, tahun ini.

Kylie Jenner miliarder termuda versi Forbes (Instagram/@kyliejenner)
Kylie Jenner miliarder termuda versi Forbes (Instagram/@kyliejenner)

Kekasih rapper Travis Scott itu mengaku tidak pernah menyangka bisa meraih kesuksesan luar biasa ketika meluncurkan Kylie Cosmetics beberapa tahun lalu. Tahun lalu, bisnis kecantikan yang dia dirikan itu meraih pendapatan sekitar US$360 juta.

“Saya tidak mengharapkan apapun. Saya tidak meramal masa depan. Tapi (pengakuan ini) terasa benar-benar baik. Itu tepukan yang menyenangkan di pundak,” papar Kylie kepada Forbes.

Lantas, apa rahasia Kylie menjadi miliarder termuda di dunia versi Majalah Forbes? Yuk, simak pemaparannya seperti dikutip dari Vox.com:

Dipasarkan di media sosial

Kylie Jenner jual kosmetiknya di medsos (Instagram/@kyliejenner)
Kylie Jenner jual kosmetiknya di medsos (Instagram/@kyliejenner)

Adik model Kendall Jenner itu memasarkan merek kosmetiknya di media sosial. Di platform tersebut, Kylie mengumumkan launching produk, preview barang baru dan mengungkapkan shade yang dia pakai tiap hari.

Kylie diketahui memiliki tak kurang dari 175 juta lebih pengikut di Instagram, Facebook dan Twitter. Dia pun meyakini followers-nya itu sangat penting bagi kesuksesannya.

“Itu adalah kekuatan media sosial. Saya punya cakupan yang kuat sebelum saya mampu memulai apa pun,” ungkap Kylie dikutip Bang Showbiz.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Berbisnis dari Kylie Jenner Ini Bantu Kamu Jadi Jutawan Muda

Kontrak eksklusif

Kylie Jenner rilis Kylie Jenner Cosmetics (Instagram/@kyliejenner)`Kylie Jenner rilis Kylie Jenner Cosmetics (Instagram/@kyliejenner)
Kylie Jenner rilis Kylie Jenner Cosmetics (Instagram/@kyliejenner)

Langkah lainnya yang dilakukan Kylie untuk memasarkan produknya ialah, menandatangani kontrak eksklusif distribusi pada November tahun lalu dengan waralaba toko kecantikan Ulta.

Lewat kontrak itu, ibu dua anak tersebut bisa menjual lip kit yaitu lipstik cair matte dan lip liner yang matching ke 1.000 lebih toko di 50 negara bagian di Amerika Serikat (AS).

Menurut perkiraan Oppenheimer, berkat kesepakatannya dengan toko tersebut, Kylie Cosmetics mampu menjual produk senilai US$54,5 juta hanya dalam enam pekan.

Baca juga: Ancam Rekor Zuckerberg, Ini 5 Sumber Kekayaan Kylie Jenner

Kylie owner tunggal

Kylie Jenner owner Kylie Cosmetics (Instagram/@kyliejenner)
Kylie Jenner owner Kylie Cosmetics (Instagram/@kyliejenner)

Meski memasarkan produknya dengan bekerja sama bersama waralaba toko kecantikan lain, Kylie tetap satu-satunya pemilik Kylie Cosmetics.

Di perusahaan yang didirikannya pada 2015, Kylie hanya memiliki tujuh pekerja penuh waktu dan lima pekerja paruh waktu.

Produksi dan packaging produk dilakukan Seed Beauty. Sementara itu, di bagian keuangan dan sebagai public relation perusahaan, Kylie meminta sang ibu sekaligus manajernya, Kris Jenner, menjabat posisi penting tersebut.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan