Terkenal Menguras Biaya Cukup Banyak, 7 Destinasi di Labuan Bajo Ini Justru Gratis

4 menit
Pulau Padar, salah satu destinasi di Labuan Bajo (Instagram).

Liburan ke kawasan Indonesia bagian timur memang dikenal cukup menguras biaya. Salah satunya adalah Labuan Bajo. Dikenal dengan habitat komodo nya ini membuat banyak wisatawan baik lokal maupun asing ingin pelesiran ke kota ini.

Labuan Bajo adalah kawasan wisata di Nusa Tenggara Timur yang memiliki daya tarik besar bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Kamu juga bisa mengunjungi salah satu situs warisan dunia UNESCO, yaitu Taman Nasional Pulau Komodo.

Mengunjungi barisan pulau-pulau menawan di Labuan Bajo pun tidaklah sulit. Kini, banyak penerbangan yang bisa mengantar kamu ke kawasan eksotis ini. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Labuan Bajo, salah satu yang paling diburu para pengunjung adalah wisata alamnya.

Namun sayang, tingginya biaya membuat beberapa wisatawan lokal mengurungkan niat mereka untuk mengunjungi kawasan ini. Tetapi jangan salah, masih banyak kok objek wisata disana yang bisa kamu kunjungi cuma-cuma alias gratis.

Panoramanya pun gak kalah menawan, kok. Apa aja sih, kita simak yuk.

Baca juga: 7 Tipe Traveler Indonesia, Si Eksis dan Si Selow, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

1. Pelabuhan Labuan Bajo

Labuan Bajo
Pelabuhan Labuan Bajo

Bukan sembarang pelabuhan, melainkan tempat ini akan mengajak kamu melihat kapal-kapal yang bersandar dengan tenang. Dikelilingi gugusan daratan khas Flores menjadikan tempat ini sayang banget kalau kamu lewatkan gitu aja.

Saat malam tiba, kamu bakalan melihat pendar cahaya gemerlapan dari lampu yang terpancar. Disini, banyak anak muda daerah setempat yang menghabiskan malam mereka sambil bersenda gurau.

2. Bukit Sylvia

Labuan Bajo
Bukit Sylvia (Backpacker Jakarta).

Dikenal sebagai bukit cinta, kawasan ini menjadi salah satu destinasi terdekat yang dapat dikunjungi saat di Labuan Bajo. Biasanya turis domestik dan mancanegara akan langsung menuju ke lokasi ini sejak pertama kali tiba.

Untuk sampai ke lokasi ini, bisa kamu tempuh dengan jalur darat. Dari atas bukit kamu akan melihat hamparan lautan luas dengan pemandangan beberapa bukit di sekitaran tersebut. Kamu juga bisa melihat golden sunrise maupun sunset dari atas sini. Gundukan-gundukan hijau dapat dengan bebas dipandang mata, membentuk hamparan laksana bukit Teletubbies.

Baca juga: Ogah Bokek Usai Liburan? Begini Trik Mudah yang Patut Kamu Coba

3. Gereja roh kudus

Labuan Bajo
Gereja roh kudus (Wikimedia)

Mayoritas penduduk Flores adalah beragama Katolik. Jadi jangan heran kalau kamu bakal menemukan banyak rumah ibadah gereja disini. Kalau kamu punya waktu lebih, coba kunjungi gereja paling besar di Bajo yakni Gereja Roh Kudus.

Bangunannya kuno dan penuh sejarah lho. Meski kamu seorang muslim, tetap bisa mengunjungi bangunan ini sekedar wisata sejarah atau berswafoto.

4. Tempat Pelelangan Ikan

Labuan Bajo
Tempat pelelangan ikan Labuan Bajo (Kumparan).

Kalau kamu ingin melihat biota bawah laut di daerah Bajo, cukup datang ke tempat pelelangan ikan. Datanglah pagi-pagi sekali agar bisa menikmati kesibukan orang-orang Flores menurunkan hasil tangkapan segar dari kapal.

Beragam jenis bisa kamu jumpai disini. Mulai dari ikan kecil sampai yang berukuran besar hingga puluhan kilogram. Selain itu, lokasi ini menjadi tempat favorit fotografer karena banyak spot human interest yang bisa mereka bidik dengan lensa.

Baca juga: 7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

5. Pulau Kelor

Labuan Bajo
Pulau Kelor (Indonesia Kaya).

Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, kamu harus menumpang kapal motor dengan waktu tempuh 40 menit. Biasanya pulau ini menjadi tempat terakhir atau justru yang pertama dalam kegiatan sailing Komodo.

Di pulau ini, kamu bisa trekking ke atas bukit hingga snorkeling melihat keindahan alam bawah lautnya. Kamu juga bisa membuka tenda di pulau ini. Menariknya, kamu gak bakalan ditagih biaya retribusi masuk ke pulau. Cukup dengan menyewa kapal dari Labuan Bajo saja.

6. Festival Komodo

Labuan Bajo
Festival Komodo 2018 (Phinemo).

Kalau ingin melihat warga setempat menari tarian tradisional atau menyanyi datanglah saat kegiatan Festival Komodo berlangsung. Ciri khas orang Flores memiliki suara yang indah.

Biasanya kegiatan ini digelar di Gua Batu Cermin dan terbuka untuk umum. Gak perlu uang tiket masuk juga kok.

7. Dermaga Putih

Labuan Bajo
Dermaga Putih (Irham Faridh)

Dermaga Putih merupakan tempat wisata kekinian yang berada di lepas pantai Labuan Bajo. Dermaga ini memiliki suasana serba putih yang cantik. Dermaga ini baru saja dibangun oleh salah satu operator perhotelan.

Meski begitu, kalau kamu gak menginap disana, tetap bisa mengunjungi dermaga putih ini kok. Gratis pula! Jadi kamu bisa puas berfoto di lokasi ini. Berfotolah dengan nyaman, tapi jangan sesekali mengotori tempat itu dengan sampah ya.

Gimana nih guys? udah siap menghabiskan libur lebaran berkunjung ke Labuan Bajo? Meski bujet kesana cukup tinggi, tapi kamu bisa mensiasati dengan mengunjungi objek wisata gratis. Atau malah objek wisata tersebut jangan luput dari kunjungan kamu ya. Selamat berlibur! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be