Banner ImageBanner Image

Lagi Cari Kerja Sampingan Online? Ini 5 Pilihan yang Layak Dicoba

3 menit

Kerja sampingan online dicari-cari banyak orang. Maklum aja, selain memberikan penghasilan yang menjanjikan, kerja sampingan model begini gak ribet dan gak menyita banyak waktu.

Selama ini kan kerja sampingan itu rata-rata mengharuskan kamu mesti hadir. Coba aja kamu bayangkan, pulang kerja penginnya langsung ke rumah, eh, malah mampir dulu buat menunaikan kewajiban di tempat kerja lainnya.

Enaknya sih kamu dapat penghasilan lebih tiap bulannya. Gak enaknya work life balance jadi terganggu. Bisa-bisa, gara-gara kelamaan melakoni pekerjaan ini, kesehatan mentalmu juga ikut terganggu. Gak menutup kemungkinan, fisikmu drop dan kamu bisa jatuh sakit.

Makanya kerja sampingan online itu pilihan alternatif buat yang mau tambah penghasilan. Namanya aja online, jadi gak diwajibkan hadir. Nah, berikut ini 5 kerja sampingan online yang dijamin kasih penghasilan plus-plus.

1. Menulis artikel

kerja sampingan online
Menulis artikel

Kamu merasa punya wawasan yang luas dan cukup mumpuni dalam menulis? Gak ada salahnya buat pilih kerja sampingan online yang satu ini.

Sekarang ini kebutuhan artikel untuk blog atau media online kian banyak lho. Soalnya artikel alias content menunjang performa website.

Udah gitu munculnya artikel di suatu website secara terus-menerus menandakan kalau website itu dinamis. Apalagi kalau artikel itu bagus secara SEO, bisa banyak mendatangkan visitor lho.

Terus berapa bayaran buat menulis artikel online? Harga artikel 600 kata bahasa Indonesia yang standar biasanya Rp 50 ribu. Makin bagus kualitasnya, harganya makin mahal, bisa sampai Rp 100 ribu.

Rata-rata yang jago nulis malas terima job dari dalam negeri. Mereka lebih memilih terima dari luar negeri. Soalnya bayarannya bisa dua kali lipat, bahkan lebih. Proyek-proyek menulis bisa kamu dapatkan di situs-situs seperti Freelancer, Upwork, Guru, Projects, dan Sribulancer.

2. Menyediakan jasa translate

kerja sampingan online
Jasa translate

Beruntunglah buat kamu yang predikat berbahasa asingnya udah kategori native. Dengan kemampuan yang spesial tersebut, kamu bisa manfaatkan buat kerja sampingan online dengan menjadi penyedia jasa translate alias penerjemahan.

Asal tahu aja nih. Kebutuhan akan jasa translate ini cukup terbilang tinggi. Apalagi keberadaan perusahaan asing yang berinvestasi di sini cukup banyak. Bisa dipastikan mereka perlu interpreter yang bisa menerjemahkan berbagai dokumen.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu udah bisa melakoni kerja sampingan ini. Bayarannya, seperti dikutip dari HPI, satu halaman jadi ukuran A4 dengan jumlah 250 kata dihargai Rp 200 ribu.

3. Ikut survei online

kerja sampingan online
Survei online

Kerja sampingan online yang ini gak butuh effort yang besar banget lho. Gimana gak enteng? Soalnya kamu cuma diminta mengisi survei.

Mekanismenya mudah kok. Kamu cuma perlu registrasi di salah satu website penyedia survei online. Terus nantinya kamu ikuti aturan main pengisian surveinya. Mudah, kan?

Penghasilannya sendiri kamu dapatkan dengan mengumpulkan poin atau reward karena mengisi survei online. Poin tersebut nantinya bisa kamu tukarkan dengan uang. Makin banyak poin yang terkumpul, makin besar penghasilan yang kamu terima.

Nih beberapa website yang kasih bayaran buat yang ikutan survei online. Mulai dari ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, hingga SurveyOn.

4. Input data online

kerja sampingan online
Input data

Sama dengan survei online, kerja sampingan online yang ini juga gampang banget dilakukan. Kamu cuma perlu memasukkan atau input data dari satu sumber ke dalam file atau sebaliknya.

Bayaran input data online cukup menggiurkan. Per proyeknya kamu bisa dibayar mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu.

Kalau coba googling pakai kata “kerja online input data”, kamu bakal menemukan beberapa situs yang sediakan pekerjaan ini. Kamu juga bisa cari langsung di situs-situs penyedia kerjaan sampingan semisal Sribulancer atau Freelancer.

5. Mengevaluasi iklan

kerja sampingan online
Social media evaluator

Kamu ingin mendapatkan uang US$ 5 setiap harinya? Kamu bisa mendapatkanya dengan mengevaluasi iklan.

Kerja sampingan yang satu ini cuma mengharuskan kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait iklan yang tayang di media sosial. Begitu udah terdaftar sebagai social media evaluator, kamu nantinya bakal dikirimi 20 iklan setiap hari.

Dari iklan tersebut, ada pertanyaan-pertanyaan yang mesti kamu jawab. Kalau kamu berhasil mengevaluasi 20 iklan, nantinya kamu bakal menerima US$ 5. Dikalikan 30 hari, berarti kamu dapat US$ 150. Itu berarti sebulan kamu bisa kantongi Rp 2,18 juta. Mantap, kan!

Itu tadi lima kerja sampingan online yang kasih penghasilan yang menjanjikan. Gimana? Kepengin mencobanya?

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong