Lagi Ngehits! Ini 6 Ide Usaha Tanpa Modal Lewat Instagram

photo by instagram @scrinkl
photo by instagram @scrinkl

Sekarang makin gampang buat kamu yang pengin cobain beragam usaha tanpa modal. Salah satunya dengan mengandalkan Instagram.

Kenapa Instagram? Gampang aja, media sosial ini banyak banget dipakai orang. Di Asia Tenggara sendiri, masyarakat Indonesia adalah pengguna yang paling banyak. Dilansir dari Tempo, jumlah pengguna Instagram di Indonesia di tahun 2017 aja mencapai angka 45 juta orang dan pastinya bakal terus bertambah.

Anggap aja 45 juta pengguna itu adalah pasar potensial kamu. Besar banget, kan?

Langsung aja deh, berikut beberapa usulan usaha tanpa modal yang bisa dilakukan via Instagram.

[Baca: Ini Caranya Memulai Bisnis Jasa Titip Supaya Pemasukan Kamu Meledak]

1. Jadi dropshipper

usaha tanpa modal
Bikin akun Instagram buat jadi online shop (timesofmalta)

Buat yang gemar berjualan produk namun pengin cobain usaha tanpa modal, kamu bisa coba jadi dropshipper alias reseller.

Kamu bisa daftar jadi dropshipper terlebih dahulu ke supplier tertentu. Kamu juga bisa gunakan situs marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Saat pesan di situs marketplace tersebut, kamu bisa pilih kolom kirim sebagai droshipper saat check-out.

Sementara itu, kamu bisa pakai foto dari supplier untuk mengisi konten Instargammu. Yang paling penting, pilih foto yang emang bagus dan enak dilihat calon konsumen. Kamu gak perlu punya produk dan bahkan gak harus memotret produk tersebut.

Dari mana keuntungannya? Ya jelas dari selisih harga jual supplier dengan yang kamu jual ke konsumen akhir. Semakin banyak barang bisa kamu jual, semakin banyak pula pundi-pundi rupiah yang bisa kamu dapatkan.

2. Bikin akun buat dapat endorse atau paid-promote

usaha tanpa modal hasil melimpah
Bikin akun buat dapat paid-promote (lifewire)

Kamu bisa bikin akun di Instagram yang nantinya dipakai untuk endorse atau paid-promote online shop.

Akun seperti apa sih yang bisa kamu bikin? Beberapa di antaranya adalah akun publik atau akun fan-base.

Akun publik misalnya akun yang berisi informasi, tips, atau akun-akun kumpulan humor. Contoh akun-akun yang bisa jadi inspirasi kamu antara lain @dagelan, @overheardjkt, atau @gnfi.

Selain itu, kamu pun bisa mengelola akun fan-base. Biasanya akun ini cukup ramai di-follow oleh pengguna Instagram.

Nantinya setelah akun tersebut punya banyak pengikut, kamu bisa tawarkan atau terima endorse atau paid-promote dari online shop atau dari pihak brand.

[Baca: Ini Dia 6 Cara Menjadi Kaya ala Kids Zaman Now]

3. Jadi selebgram

contoh usaha tanpa modal
Jadi selebgram (itchasers)

Bedanya selebgram dengan akun publik adalah dengan jadi selebgram, kamu berani buat memunculkan diri kamu sendiri.

Tentu kamu harus punya nilai jual. Misalnya aja, kamu cukup menarik buat difoto atau punya selera humor yang bagus. Atau, kamu malah punya kedua hal tersebut.

Kemudian, publikasikan foto-foto atau video kamu sendiri di Instagram. Biasanya kalau udah punya banyak followers, kamu bakal sering diminta mempromosikan produk tertentu dengan bayaran yang setara dengan jumlah followers.

Semakin banyak pengikut semakin mahal kamu dibayar.

Namun sebelumnya, kamu bisa tentukan terlebih dahulu kamu pengin dikenal sebagai apa di Instagram. Contoh, kamu pengin dikenal karena mampu memadupadankan pakaian, jago foto makanan, ataupun bikin konten lucu nan menghibur.

4. “Ternak” akun Instagram dan kemudian dijual

bisnis tanpa modal sepeserpun
Bikin akun sebanyak-banyaknya dan dikelola biar follower-nya banyak (iphonelife)

Berbeda dengan akun publik atau fan-base yang dikelola buat terima paid-promote, “ternak” akun Instagram dimanfaatkan buat dijual.

Cara ini cukup ampuh buat hasilkan uang karena cukup banyak permintaan. Cukup banyak brand ataupun online shop tertentu yang butuh akun Instagram dengan follower banyak namun mereka gak pengin memulai dari nol.

Ada pengguna Instagram yang bikin akun haters artis yang sedang naik daun buat meraih jumlah follower bejibun. Namun, cara ini sebaiknya jangan kamu tiru deh.

Cara lainnya, kamu bisa bikin akun publik yang berisi informasi, tips, atau kumpulan humor dari berbagai sumber. Nah, nantinya akun-akun tersebut bisa kamu jual kepada mereka yang butuh, baik lewat media sosial atau via forum.

[Baca: Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal dengan 6 Ide Gampang Ini]

5. Jual jasa via Instagram

join usaha tanpa modal
Jual jasa juga bisa (entrepreneur)

Kini bukan cuma lewat Facebook, website sendiri, atau forum buat jual jasa yang kamu pengin tawarkan.

Kalau kamu punya keahlian tertentu, kamu bisa menjualkan via Instagram. Misalnya, kamu punya keahlian bermusik maka kamu bisa rajin mengunggah konten kamu sedang bermusik. Lalu, kamu bisa tawarkan privat bersama kamu buat belajar alat musik tersebut.

6. Bisnis jasa titip lewat Instagram

inspirasi usaha tanpa modal
Belanja-belanji tapi buat orang (bbc)

Usaha tanpa modal selanjutnya yang bisa kamu coba adalah bisnis jasa titip. Kalau kamu rajin window shopping ke berbagai mal atau tempat belanja lain, kenapa gak coba posting foto-foto produk yang kamu rasa menarik?

Kamu pun bisa tawarkan diri buat buka jasa titip kepada teman-teman Instagram jika pengin ke suatu tempat. Nah, Instagram bisa jadi tempat buat post foto-foto produk yang kamu lihat.

Bukan cuma dapat uang, kamu pun bisa puas menyalurkan hasrat belanja. Makin asyik deh.

[Baca: Tanpa Modal, Ini 6 Peluang Usaha Online Berbasis Jasa]

Tertarik buat coba usaha tanpa modal via Instagram ini? Cobain dulu biar tahu apakah usaha tersebut bisa cocok atau gak buat kamu. Gak ada salahnya juga buat coba sesuatu yang baru, kan?

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560