Mau Bisnis Lebaran? Ini Produk Laris yang Bisa Kamu Jual

2 menit
Hari Raya Lebaran (Shutterstock)
Hari Raya Lebaran (Shutterstock)

Saat bulan Ramadan tiba dan menjelang Lebaran, tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan suci ini selalu menjadi perhatian para pedagang maupun pengusaha.

Tradisi berbelanja kebutuhan makanan, pakaian, souvenir, hingga paket parsel saat Ramadhan hingga jelang Idul Fitri menjadi ciri khas setiap tahunnya.

Tak mau ketinggalan momen berharap setiap tahun tersebut, tahun ini Tokopedia menggelar pesta belanja dengan tema Semarak Ramadhan Ekstra 2019.

Rangkaian Ramadan Ekstra dimulai dari tanggal 6 Mei 2019 sampai dengan puncak perayaan Ramadan Ekstra pada tanggal 17 Mei 2019.

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia mengatakan, gelaran Ramadhan Ekstra selalu disambut oleh animo masyarakat yang sangat tinggi.

Tercatat pada Ramadhan Ekstra tahun sebelumnya, Tokopedia mencatat nilai penjualan yang luar biasa berkat tingginya antusiasme masyarakat.

Selama bulan Mei 2018, Tokopedia dikunjungi oleh 73 juta masyarakat Indonesia, dimana jumlah ini setara dengan 13 kali jumlah penduduk negara Singapura.

Transaksi yang terjadi pada satu hari saat puncak Ramadan Ekstra di 25 Mei 2018 setara dengan jumlah transaksi Tokopedia selama lima tahun pertamanya.

Tercatat pula produk terlaris selama periode Ramadan Ekstra tahun lalu adalah baju koko, baju gamis dan kurma.

Targetkan 280 Juta Kunjungan

Dan pada gelaran Ramadan Ekstra tahun 2019 ini Tokopedia menargetkan 280 juta kunjungan pada malam perayaan Semarak Ramadan Ekstra 2019.

Nuraini mengatakan, produk fashion muslim merupakan produk yang paling dicari pada Ramadan Ekstra 2017. Pihaknya memprediksi fashion muslim akan menjadi produk yang paling dicari oleh konsumen pada tahun ini.

“Pada Maret saja Tokopedia catat penjualan produk fashion meningkat sampai empat kali lipat dibandingkan bulan Maret. Jadi kebayang deh kalau bulan Ramadan mungkin lebih dari itu lagi dibandingkan tahun lalu,” kata Nuraini.

Selain produk fashion, produk makanan seperti kurma dan perangkat elektronik juga menjafi produk yang paling diburu pada Ramadan Ekstra.

Peluang Penghasilan Tambahan

Nah bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan menjelang Idul Fitri tentu bisa memanfaatkan momentum ini.

Caranya menjadi seller atau penjual di toko online Tokopedia, dengan begitu kamu akan mendapatkan jangkauan konsumen yang luas, pemasaran produk secara gratis, dan peningkatan akses penjualan dari pembeli.

Busana Muslim

Salah satu kebutuhan paling banyak dicari jelang lebaran atau saat Ramadan adalah busana muslim baik untuk laki-laki atau perempuan.

Pada bisnis ini, bisa memanfaatkan toko online e-commerce sebagai sarana penjualan disamping secara offline tentunya.

Untuk keperluan produk, bisa membeli secara grosir di pusat tekstil Tanah Abang menjadi pilihan, selain pilihan model yang terkini, harga yang terjangkau, dan kualitas yang bisa bersaing.

Selain itu, juga bisa menjadi reseller produk-produk pakaian muslim dari berbagai merek yang menyediakan pembelian untuk para pedagang.

Bisnis Kurma

Buah yang satu ini pasti banyak di cari setiap Ramadan bahkan hingga lebaran, selain buah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad untuk panganan berbuka puasa, kurma juga baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi jangan heran deh kalau buah kurma menjadi panganan favorit saat Ramadan tiba. Hal ini sekaligus menjadi peluang bagi kamu yang ingin berbisnis kurma.

Selain harga kurma dipasaran bisa dikatakan cukup stabil. Dan buah ini pun tidak pernah langka setiap tahunnya, bahkan saat Ramadan tiba. Buah ini paling tahan lama alias tidak membusuk meski 9 bulan.

Untuk menjalankan bisnis ini, tentu bisa membeli dengan distributor kurma secara grosir, agar mendapatkan harga yang sesuai untuk dijual kembali, dan jangan lupa perhatikan kualitas dan rasa kurma yang dijual, sebab banyak sekali jenis kurma.

Manfaatkan jaringan online untuk penjualan, baik media sosial maupun toko online e-commerce ya. Selamat berbisnis.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan