Samsung Gak Bakal Mendunia Tanpa Pria Ini. Yuk Simak Kisahnya!

3 menit
Lee Kun-hee (maispb.com.br)
Lee Kun-hee (maispb.com.br)

Bulan lalu, Forbes merilis daftar orang terkaya di Korea Selatan buat tahun 2018. Nah, salah satu nama yang masuk gak lain dan gak bukan adalah bos Samsung yang emang melegenda banget. Nama Lee Kun-hee, salah satu pentolan Samsung tersebut jadi orang nomor satu di Korea Selatan dalam hal harta kekayaan.

Cukup menarik buat bahas soal Lee Kun-hee ini. Sebab, nama Lee Kun-hee bukan cuma sekadar jadi orang paling atas di grup Samsung, tetapi juga jadi orang paling berjasa. Pasalnya, Samsung sempat drop. Mungkin kalau gak ada Lee Kun-hee, kita gak bakal kenal Samsung yang sekarang.

Awal Karier di Grup Samsung

bos samsung
Logo Samsung (wikipedia)

Lee Kun-hee bergabung di Samsung Grup sejak tahun 1986. Kemudian, di tahun 1987 karena ayahnya meninggal, Lee Kun-hee harus menggantikannya sebagai chairman Samsung.

Meski Lee Kun-hee berasal dari keluarga konglomerat dan merupakan anak dari bos Samsung juga, pria kelahiran 1942 ini gak sekadar ongkang-ongkang kaki. Kepemimpinannya di perusahaan Samsung terbukti nyata.

Beberapa tahun jadi chairman di Samsung, Lee Kun-hee memberi banyak terobosan yang menjadikan Samsung kini jadi mendunia. Sebab dia jadi bagian penting dari perubahan-perubahan yang terjadi pada Samsung.

Lee Kun-hee menilai Samsung pada saat itu cuma fokus kepada kuantitas tetapi gak pada kualitas. Selain itu, Kun-hee pun berpendapat Samsung harus diisi oleh tenaga kerja yang beragam. Oleh karena itu, pada masa Kun-hee, Samsung mulai merekrut tenaga kerja dari Eropa dan Amerika.

Di bawah kepemimpinan bos Samsung yang baru ini, Samsung kemudian melakukan beragam ekspansi. Lee Kun-hee berpendapat bahwa kualitas dan tenaga kerja yang beragam tersebut bakal bikin Samsung bisa bersaing dengan perusahaan lain, termasuk perusahaan dunia.

Tepat yang dikatakannya, Samsung berekspansi ke berbagai lini produk. Asal tahu aja, dulu Samsung adalah perusahaan perdagangan sayur kecil-kecilan, lho. Malah sekarang perusahaan tersebut dikenal karena produk-produk elektroniknya.

Nah, Lee Kun-hee sendiri berperan dalam mengembangkan produk-produk Samsung. Di bawah kepemimpinan Kun-hee, Samsung dikenal sebagai penyedia produk LED TV, smartphone, dan produk elektronik lainnya.

Samsung kemudian beranak-pinak memiliki anak perusahaan. Misalnya Samsung Heavy Industries, Samsung Electronics, sampai dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, yaitu Samsung Life Insurance.

Bos Samsung tersebut pun mampu menaikkan pendapatan Samsung hingga 39 kali lebih banyak dibandingkan dengan tahun 1987 silam. Gak cuma itu, Samsung menghasilkan sekitar 20 persen dari total GDP (Gross Development Product) negara Korea Selatan. Jadilah Samsung sebagai salah satu perusahaan paling berpengaruh di Korea Selatan.

Apa aja penambahan yang dilakukan oleh Lee Kun-hee saat menjabat jadi bos Samsung? Di antaranya adalah penjualan mencapai 487 triliun won dari angka yang sebelumnya cuma 9,9 juta won.

Kemudian, Samsung juga berhasil melakukan ekspor dengan angka mencapai US$ 156,7 miliar dari angka US$ 6,3 miliar. Pada tahun 1987, karyawan Samsung cuma sekitar seratus ribu orang. Saat Lee Kun-hee menjabat, jumlahnya menjadi 420 ribu karyawan.

Belajar Bisnis dari Lee Kun-hee, si Bos Samsung

kekayaan bos samsung
Lee Kun-hee jadi langganan daftar Forbes (wikipedia)

Dari sepak terjang yang dilakukan oleh bos Samsung tersebut, kita bisa petik beberapa pelajaran bisnis nih.

Yang pertama, dia mampu mengambil keputusan dengan cepat. Gimana gak, begitu menggantikan sang ayah, Lee Kun-hee langsung melakukan beberapa perubahan penting yang mengubah arah bisnis Samsung.

Kedua, Lee Kun-hee melakukan diversifikasi produk yang akhirnya memunculkan produk mana yang benar-benar menonjol buat mereka. Ternyata produk elektronik Samsung sukses mendunia, ya kan.

Gak cuma itu, Lee Kun-hee pun mau melakukan padu-padan antara budaya kerja timur dan barat. Maka dari itu, dia merekrut pekerja dari Amerika dan Eropa buat bergabung di Samsung. Keputusannya ini menjadikan Samsung gak cuma sukses di negeri asalnya, tetapi juga hampir di seluruh dunia.

Kamu pun bisa demikian saat berbisnis. Diversifikasi produk bisa jadi strategi kamu bila kamu pengin dapat cuan lebih. Kemudian, sangat penting buat cepat ambil keputusan. Emang sih kamu tetap harus berpikir jernih, namun jangan kelamaan juga. Yang ada nanti malah keduluan kompetitor.

Meski ada beberapa kontroversi yang dia lakukan, nama Lee Kun-hee masih tetap disegani.

Kini, Lee Kun-hee berhasil mengumpulkan total kekayaan mencapai US$ 17,7 miliar atau sekitar Rp 254 triliun. Nama Kun-hee masuk daftar orang paling kaya seantero Korea Selatan di tahun 2018 ini. Gak cuma itu, dia pun berhasil menyabet posisi nomor ke-61 sebagai miliarder dunia versi Forbes 2018.

Top deh buat bos Samsung satu ini!

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.