Mengintip Rumah Mewah di Kemang Milik Koruptor Fuad Amin yang Dilelang KPK

4 menit
Lelang KPK Tawarkan Rumah Fuad Amin Senilai Rp 11 M (TEMPO).
Lelang KPK Tawarkan Rumah Fuad Amin Senilai Rp 11 M (TEMPO).

Lelang KPK kembali menyertakan harta milik koruptor berupa hunian. Kali ini ada hunian milik tahanan korupsi mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin.

Fuad Amin ditangkap pada akhir 2014 lalu saat ia menjabat sebagai Ketua DPRD Bangkalan. Ia diduga menerima suap dari hasil kerja sama pengadaan gas Pertamina antara pihak swasta dengan BUMD Bangkalan. Akibat perbuatannya ini, pada tahun 2016 ia dijatuhi hukuman 14 tahun penjara.

Ternyata gak cuma itu saja, saat menjabat sebagai bupati, Fuad juga kerap mencuri APBD daerah yang telah dianggarkan untuk beberapa SKPD sebesar 10-15 persen. Kemudian ia juga menjajakan jasa jual beli jabatan seperti penerimaan dan penempatan CPNS di Bangkalan. Total uang kejahatan yang dikumpulkannya mencapai Rp 414 miliaran.

Hasil korupsinya itu ia gunakan untuk membeli sejumlah aset yang rata-rata berupa rumah mewah. Beberapa di antaranya bahkan ada di kawasan elite di Jakarta.  

KPK pun melakukan penyitaan ke sejumlah aset Fuad Amin. Mulai dari rumah susun, apartemen, rumah mewah, hingga motor sport.  Kini 14 aset di antaranya tengah masuk ke lelang KPK.

Paling mahal ada rumah Rp 33 miliar di kawasan Cipinang, Jakarta Timur dan rumah mewah Rp 11 miliaran di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Seperti apa penampakan rumah Rp 11 miliar tersebut?

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Tampak depan terlihat mewah

Lelang KPK
Nampak mewah dari depan rumah (Dok: KPK)

Sama halnya dengan rumah-rumah di kawasan Kemang lainnya, rumah ini juga sudah terlihat mewah dari depannya. Lokasinya tepat di Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Terdiri dari dua lantai dengan pagar tinggi yang disitu terlihat ada segel KPK.

Di pinggir dan di halamannya juga terlihat ada beberapa pohon tinggi. Tanaman tersebut menambah kesan rindang rumah mewah seluas 794 m2 milik mantan Bupati Bangkalan. Dilihat dari situs lelang KPK, rumah ini dibeli dengan atas nama istri Fuad Amin, yaitu Siti Masnuri.

Sudah lama ditinggal dan tak terurus

Lelang KPK
Suasana di dalam gazebo belakang rumah Fuad Amin (Dok: KPK).

Saat masuk ke dalam mungkin kamu bakal mengira ini seperti rumah berhantu. Wajar saja, meski mewah, rumah ini sudah tidak terurus. Tidak ada info lebih lanjut mengenai kapan rumah ini terakhir kali ditinggali, tapi dilihat dari situs lelang KPK, kondisi interior maupun furniture bangunan ada yang rusak.

Lemari dan meja rusak, tumbuhan liar tumbuh, tembok yang lembab dan telah mengelupas. Tapi secara keseluruhan rumah ini masih layak untuk ditinggali, mungkin hanya perlu dilakukan perbaikan sedikit saja.

Baca juga: Senilai Rp 33 Miliar, Ini Penampakan Rumah Fuad Amin, Koruptor yang Juga Mantan Bupati Madura

Ada kolam renangnya

Lelang KPK
Kolam di belakang rumah Fuad Amin (Dok: KPK).

Bagian rumah belakang terlihat banget sudah gak terurus. Banyak daun-daun kering memenuhi area ini dan cat tembok mulai memudar.

Layaknya rumah mewah lainnya, rumah Fuad Amin yang satu ini juga terdapat sebuah kolam renang di area outdoor. Di ujungnya juga terdapat sebuah gazebo luas dengan keramik mewah berwarna krem.

Perabotan dapur yang sudah rusak

Lelang KPK
Perabotan dapur yang sudah rusak (Dok: KPK).

Dari sekitar banyak area di dalam rumah, mungkin area dapur yang paling memprihatinkan. Bagaimana tidak, lemari dan mejanya sudah terlihat rusak parah. Selain itu, temboknya juga sudah banyak cat yang mulai mengelupas dan atap langit-langit yang hampir jebol.

Wajar saja karena memang rumah ini sudah tidak dihuni dalam waktu yang cukup lama, jadi kalau lembab itu hal yang wajar, mungkin gara-gara gak pernah dibuka dan sirkulasi udaranya gak lancar.

Beberapa area di dalam rumah yang luas dan masih bagus

Lelang KPK
Suasana di lantai dua rumah Fuad Amin kawasan Kemang, Jaksel (Dok: KPK).

Di dalam situs lelang KPK, tidak dijelaskan secara terperinci ada berapa ruangan di rumah tersebut. Namun, di beberapa foto-foto terlihat ruangannya luas dan mewah dengan marmer yang didominasi warna krem.

Apa syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memboyong rumah ini lewat lelang KPK?

Lelang KPK
Suasana di dalam ruang tamu kediaman Fuad Amin (Dok: KPK).

Sebelum tertarik untuk memboyong rumah ini, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang dicantumkan pihak KPK. apa saja?

  • Memiliki akun yang telah terverifikasi di www.lelang.go.id
  • Mengaktifkan akun kepesertaannya pada aplikasi lelang dengan merekam serta mengunggah softcopy KTP, NPWP, nomor rekening atas nama sendiri.
  • Peserta lelang boleh berupa perseorangan atau badan hukum.
  • Setelah mendaftar akan mendapatkan nomor virtual account, dan kemudian peserta diwajibkan menyetorkan uang jaminan lelang ke rekening virtual account tersebut dengan nominal uang jaminan harus sesuai dengan yang dipersyaratkan dan sudah efektif diterima Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta III paling lambat satu hari sebelum lelang.
  • Pemenang lelang akan diumumkan melalui e-mail peserta.
  • Pelunasan lelang paling lambat lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang. Kalau gak bisa melunasi akan dinyatakan wanprestasi, dan uang jaminan yang telah disetorkan akan dimasukkan ke kas negara.
  • Objek lelang dijual dengan kondisi apa adanya, calon peserta wajib melihat kondisi fisik objek yang dilelang.

Nah kalau kamu berminat mau memboyong rumah mewah tersebut, pastikan dulu kamu telah melakukan syarat-syarat yang tercantum di atas. Informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman lelang KPK, yang tercantum ini. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.