Lebaran di Jakarta Aja? Ini 5 Spot Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi

3 menit
Libur Lebaran
Salah satu spot menarik saat libur Lebaran di Jakarta ialah Dufan (Instagram/@infodufan)

Menghabiskan libur Lebaran di Jakarta terasa sepi di bandingkan hari-hari biasanya. Pasalnya, sebagian besar warga Ibu Kota merupakan perantauan dari berbagai daerah, jadi saat Lebaran banyak yang balik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga.

Tapi, banyak juga warga yang tidak mudik ke kampung halaman. Mereka lebih memilih menghabiskan momen spesial di rumah saja atau sekadar menikmati jalanan Jakarta yang supersepi dari hiruk pikuk kendaraan.

Mumpung jalanan sepi dan gak macet saat libur Lebaran, yuk kunjungi lima spot menarik ini untuk mengisi liburanmu:

1. Dufan

Libur Lebaran
Libur Lebaran ke Dufan (Instagram/@infodufan)

Ancol merupakan salah satu spot wisata di Jakarta yang tetap buka saat libur Lebaran, termasuk wahana di dalamnya yaitu Dufan.

Dufan bisa menjadi alternatif wisata buat kamu yang cuma menghabiskan liburan di Jakarta. Di sana kamu bakal dimanjakan beragam permainan-permainan yang menyenangkan, seru, dan memacu adrenalin.

Terlebih, pada tanggal 5 Juni nanti, Dufan akan meluncurkan tujuh wahana baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Enam di antaranya adalah wahana untuk anak-anak dan keluarga, jadi aman untuk dinikmati semua usia.

Harga tiket dufan saat Lebaran tidak mengalami kenaikan maupun penurunan di bandingkan tiket saat Lebaran tahun lalu, yaitu Rp 325.000. Tapi, dengan harga segitu kamu mendapatkan Annual Pass atau gratis masuk ke Dufan selama satu tahun.

Baca juga: Kerja Saat Liburan Lebaran? Kamu Berhak Dapat Upah 2 Kali Lipat!

2. Seaworld

Libur Lebaran
Libur Lebaran ke Seaworld (Instagram/@searworld.ancol)

Menyelami dunia bawah laut memang paling pas di Seaworld. Di sini kamu bisa menemukan belasan ribu ikan air tawar maupun ikan air laut.

Kalau kamu punya anak, keponakan, atau adik yang masih sekolah, cocok banget libur Lebaran ke sini. Pasalnya, mereka akan mendapatkan pengetahuan lebih tentang dunia bawah laut.

Harga tiket masuknya untuk hari kerja Rp 85.000, akhir pekan Rp 105.000. Tapi mereka punya promo menarik yang lebih murah dan hemat, yaitu Rp 240.000 untuk empat orang di hari kerja, dan RP 300.000 di akhir pekan.

3. Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Libur Lebaran
Libur Lebaran ke PRJ (Instagram/@pekanrayajakarta.id)

Pekan Raya Jakarta alias PRJ merupakan acara yang dinanti-nanti oleh para pemburu harga promo.

Di sini, akan tersedia berbagai produk-produk unggulan, mulai dari fesyen hingga otomotif dengan harga diskonan. Kalau gak pengin belanja, kamu juga bisa bersantai-santai menikmati santapan yang dijajakan sambil mendengarkan aksi para musisi Tanah Air.

Meski rata-rata warga Jakarta mudik ke kampung halaman saat libur Lebaran, diprediksi jumlah pengunjung PRJ tetap akan membeludak.

Harga tiket masuknya Senin Rp 25.000, Selasa hingga Kamis Rp 30.000, dan Jumat hingga Minggu Rp 40.000. Jam operasionalnya, mulai dari pukul 15.30 – 23.00 WIB.

4. Ragunan

Libur Lebaran
Libur Lebaran ke Ragunan (Instagram/@ragunanzoo)

Menikmati tingkah laku binatang-binatang yang menggemaskan bisa jadi pilihan tepat untuk menghabiskan libur Lebaran. Semua bisa kamu temukan di Taman Margasatwa Ragunan.

Di lahan seluas 147 hektare ini, kamu bisa menikmati lebih dari 2.000 ekor koleksi satwa. Lingkungannya yang sejuk karena pohon-pohon di pinggirnya bikin kamu betah berlama-lama.

Harga tiket masuknya juga murah banget. Dilihat dari laman resmi Ragunan Zoo, harga tiket untuk dewasa Rp 4.000, sementara untuk anak-anak Rp 3.000.

Tapi, kalau mau menikmati wahana lain seperti kuda tunggang, onta tunggang, dan lain-lainnya, kamu perlu membayar tarif tambahan.

5. Taman Mini Indonesia Indah

Libur Lebaran
Libur Lebaran ke TMII (Instagram/@ilovetamanmini)

Mengenal keberagaman budaya Indonesia gak perlu jauh-jauh mengunjungi daerahnya masing-masing kok, tinggal datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kamu bisa mempelajari, budaya seperti baju adat, alat musik tradisional, hingga rumah adat suatu daerah dengan mengunjungi ke anjungan-anjungan yang tersedia.

Harga tiket masuknya beragam, Rp 20.000 per orang, kendaraan mobil Rp 15.000, dan motor Rp 10.000. Jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB.

Itulah lima spot menarik mulai dari wisata permainan, edukasi, hingga wisata belanja yang bisa kamu nikmati selama libur Lebaran. Dijamin liburanmu gak akan terasa boring meski gak mudik ke kampung halaman! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.