Liburan Hemat Bareng Keluarga ke Luar Negeri Bukanlah Mimpi Kalau Kamu Lakukan 7 Hal Ini

4 menit
Liburan Hemat Bareng Keluarga

Liburan ke luar negeri bareng keluarga memang seru. Aktivitas itu pun cukup membahagiakan apalagi jika kita bisa melihat kegembiraan di wajah anak.

Namun hal itu tentu butuh persiapan yang cukup matang. Terutama adalah mempersiapkan dananya, karena kamu gak hanya membiayai dirimu sendiri saat liburan.

Belum lagi negara yang akan kamu kunjungi biaya hidupnya belum tentu sama dengan Indonesia. Nah lho, harus sedia berapa rupiah ya kalau mau jalan-jalan ke luar negeri bareng keluarga?

Apa benar liburan murah ke luar negeri bareng keluarga itu cuma angan-angan? Eits, jangan patah semangat dulu. Ngajak jalan keluarga ke luar negeri dengan bujet terjangkau itu bisa direalisasikan kok. Asalkan kamu tahu caranya.

Jangan biarkan cita-citamu membahagiakan keluarga kandas begitu saja. Lakukan langkah-langkah di bawah ini kalau mau liburan ke luar negeri bareng keluarga tanpa menguras kantong.

1. Pilih paket wisata yang ada promonya

Yang namanya promo sudah pasti erat kaitannya sama hemat. Pilih saja promo paket liburan yang diberikan oleh travel agent. Caranya mencari promonya gampang kok, bisa dicari di mbah Google.

Liburan hemat bareng keluarga
Ayo wujudkan dong kalau kamu bisa kok liburan hemat bersama keluargamu (liburan/ingenious travel)

Meski demikian, jangan sembarangan memilih travel agent. Pilihlah yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Gak mau kan pengalaman liburanmu bareng keluarga jadi berantakan karena memilih agen travel yang gak profesional?

Bila travel agent yang bersangkutan memiliki promo wisata khusus untuk keluarga, kamu bisa makin untung. Pokoknya, jangan malas untuk mencari tahu informasi promo ini ya. Bandingkan juga paket yang ditawarkan oleh travel agent lain.

2. Pilih destinasi yang ramah anak

Kalau destinasinya ke tempat wisata kuliner semua, anakmu bisa bete sepanjang liburan. Berat badanmu juga makin meroket tanpa disadari.

Pilihlah destinasi wisata yang ramah anak, seperti taman-taman nasional, museum, atau tempat bermain yang terkenal di negara setempat. Sang anak pun pasti jadi makin gembira kalau kamu ajak ke sana.

Tapi ingat, tetap utamakan tujuan wisata yang ramah di kantong ya. Kalau bisa cari yang gratisan aja. Banyak kok tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa harus beli tiket masuk. Makanya, sebelum liburan, riset dan cek dulu destinasi-destinasi menarik di negara tujuan.

3. Bawa barang seperlunya

Karena berangkatnya bareng keluarga, risiko kelebihan muatan bagasi pesawat tentu ada. Usahakan kamu gak mengalami hal ini ya.

Kelebihan muatan di bagasi justru membuatmu kena charge ketika di bandara. Bawalah barang-barang seperlunya, toh sesampainya di luar negeri kamu juga bakal belanja oleh-oleh kan. Pasti bobot kopermu bakal bertambah.

4. Utamakan jalan-jalan ke objek wisata, bukan tempat belanja

Kamu mau liburan ke luar negeri tanpa menguras kantong bukan? Kalau gitu jangan sering-sering menyambangi tempat belanja. Utamakan saja jalan-jalan ke objek wisata di negara tersebut.

liburan hemat bareng keluarga
Bukannya gak boleh belanja, boleh tapi jangan lupa ke obyek wisata ya (ke pantai/Huffington Post)

Tapi bukan berarti gak boleh belanja sama sekali ya. Anggota keluargamu juga pasti ingin belanja sesuatu dong ketika ada di luar negeri. Luangkan saja satu hari, atau pilih jam tertentu dalam satu hari untuk berbelanja. Namun ingat ya, belanjanya jangan kalap.

5. Pilih penginapan yang letaknya strategis

Ketika memilih penginapan, usahakan penginapan itu gak jauh dari bandara, tempat rekreasi, dan pusat perbelanjaan. Kalau lokasi penginapan sudah jauh, yang ada anakmu nanti bisa rewel di jalan.

Belum lagi, sebagai wisatawan kamu juga gak bisa memprediksi jam macet negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, pilih yang lokasinya mudah dijangkau dan strategis.

6. Pastikan seluruh anggota keluargamu dalam kondisi sehat

Gak asyik dong kalau ketika baru saja tiba di hotel eh si bungsu tiba-tiba sakit. Liburannya jadi liburan di hotel saja deh, gak bisa jalan-jalan. Atau malah kamu yang sakit gara-gara terlalu sering lembur menjelang liburan?

Biaya rumah sakit dan berobat di negara lain juga gak bisa disamakan lho dengan Indonesia. Gak sembarang asuransi kesehatan juga bisa berlaku di luar negeri.

Selain liburan jadi gak asyik, pengeluaranmu pun bertambah jika salah satu anggota keluarga jatuh sakit. Makanya, jagalah kesehatan dengan baik sebelum berangkat. Jangan begadang, rajin makan makanan bergizi, dan usahakan untuk teratur berolahraga.

7. Gunakan kartu kredit ketika melakukan transaksi di luar negeri

Menggunakan kartu kredit saat bertransaksi di luar negeri merupakan cara yang bijak dan cerdas. Asalkan kamu menggunakan kartu kredit yang tepat, yang bisa memberikanmu keuntungan lebih saat bertransaksi.

liburan hemat bareng keluarga
Pilih kartu kredit travel yang menguntungkan buatmu (kartu kredit/astrea legal)

Contohnya seperti Standard Chartered WorldMiles. Kartu kredit ini akan memberimu dua mileage untuk setiap transaksi di luar negeri dengan kelipatan Rp 7.500, lebih besar ketimbang dipakai bertransaksi di dalam negeri.

Nah, sebelum kamu melakukan tujuh hal di atas, tentu langkah yang kamu lakukan adalah mencari tahu negara mana yang pas kamu sambangi bareng keluarga. Tiga negara di Asia ini bisa jadi referensi. Cari tahu lebih lanjut yuk!

1. Malaysia

Negeri Jiran yang satu ini letaknya gak jauh dari Indonesia dan biaya hidupnya juga gak jauh-jauh beda kok. Kamu bisa mengajak anakmu bermain di Lego Land, belanja di Kuala Lumpur, dan berwisata kuliner di Penang.

2. Singapura

Negara ini juga gak jauh dari Indonesia, dan pas banget jadi sarana belajar sambil bermain untuk sang anak. Di sana ada Singapore Zoo, Botanic Garden, Jurong Bird Park, Garden by the Bay, dan Night Safari. Pas deh buat memperkenalkan si kecil dengan flora dan fauna.

3. Hong Kong

Ada dua tempat yang wajib di kunjungi kalau kamu ke Hong Kong bersama si kecil, yaitu Disneyland dan Ocean Park. Sudah pasti sang anak bakal makin senang kalau diajak ke sini. Tersedia pula merchandise Disney yang bisa dibeli.

Ternyata, banyak juga ya cara yang bisa kita lakukan bila mau liburan murah ke luar negeri? Intinya, jangan terburu-buru dalam memilih destinasi dan jangan pernah lupa merencanakan keuangan sebelum liburan ya.

 

 

CTA Standard Chartered Worldmiles

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Mau Liburan ke Jepang dengan Hemat? Begini Caranya]

[Baca: Ini Negara-Negara Bebas Visa di Eropa. Yuk Nabung Biar Bisa Liburan ke Sana]

[Baca: Mau Liburan Unik dan Murah? Yuk ke Pulau Satonda yang Ada di Film “Jailangkung” !]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan