Mau Liburan ke Bali Irit dan Puas dengan Bujet Rp 2,1 Juta? Gini Caranya

4 menit

Bukan hal yang mustahil buat liburan ke Bali dengan bujet Rp 2 jutaan saja. Jangan salah, dengan bujet segitu, kamu bisa dapat liburan berkualitas, bisa kulineran, dugem, main ke pantai, hingga ke Garuda Wisnu Kencana!

Masa sih? Bukannya Bali itu serba mahal ya? Memang mahal, tapi jangan salah lho semua masih bisa diakalin kalau kamu baca artikel ini.

Belum lama ini MoneySmart mengunjungi Pulau Dewata dan melakukan review terhadap resto murah, tempat dugem, hingga tempat-tempat wisata di sana. Kita juga bikin hitung-hitungan pengeluaran selama short trip ke sana.

Setelah ditotal-total nih, dalam waktu tiga hari dua malam, kamu bisa senang-senang sampai puas di sana. Mau tahu gimana caranya? Ayo simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Berangkat 17 Oktober pulang 19 Oktober 2018

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lion Air Group (@lionairgroup) on


Harga tiket tanggal segitu untuk liburan ke Bali murah. Untuk berangkatnya pakai Lion Air dengan harga Rp 587 ribu, pulangnya juga maskapai yang sama dan tiketnya Rp 569.200.

Jadi, total biaya yang dikeluarkan untuk tiket adalah Rp 1.156.200.

2. Nginap di Bedplus Hostel Seminyak

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bedplus Backpacker Seminyak (@bedplusseminyak) on


Gak usah pilih hotel, hostel aja biar lebih murah. Untuk tanggal 17 hingga 19 Oktober karena cuma dua malam, kita cuma kena charge Rp 120 ribu. Kok murah? Jelas saja wong seharinya cuma Rp 60 ribu.

Coba kalau nginap di hotel, pasti sehari bisa kena paling tidak Rp 300 ribu bukan? Tentunya kalau liburan ke Bali bersama teman-teman, bakalan seru jika nginap di sana.

Bedplus lokasinya di Seminyak, so gak sulit buatmu untuk jalan-jalan. Mengingat seminyak gak sepadat Legian.

3. Sewa motor

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bali Bike Rent (@rental_motor_di_bali) on


Bali itu macet, udah gitu jalanan sempit gak jauh beda sama Kemang, Jakarta Selatan. Mau cepat ya pakai motor saja.

Sewa motor di sana cukup beragam, namun umumnya motor matic bisa kamu sewa dengan harga Rp 70 ribu sehari. Kalau tiga hari ya Rp 210 ribu saja. Oh ya jangan lupa untuk alokasikan uang bensin. Dengan Rp 50 ribu cukup kok.

4. Biaya makan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (@nasiayamkedewatan) on


Bali memang kaya akan kuliner, tapi jika tiap hari makan di restoran tentu bakal cekak. Alokasikan saja uang sebesar Rp 100 ribu sehari untuk makan, itu sudah cukup.

Bila memang kamu mencari restoran halal, maka resto-resto halal di sana menunya cukup murah. Rp 20 ribuan pun kamu sudah bisa kenyang. Apalagi di Bali banyak juga Nasi Jinggo yang dijual di pinggiran, itu malah bisa lebih murah lagi.

Buat kamu yang pengin cari kuliner non-halal, di sana banyak banget. Babi guling di pinggiran jalan seporsinya ada di kisaran Rp 30 hingga Rp 40 ribu. Kalau mau sate babi, kamu bisa cek ke Sate Babi Bawah Pohon yang legendaris, harga seporsinya juga Rp 30 ribuan.

Tentu Rp 300 ribu bisa kenyang kok untuk tiga hari dua malam di sana. Kalau mau coba kuliner legendaris seperti Naughty Nuri’s (non-halal), Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku, dan sebagainya, tentu kamu bakal merogoh kocek yang lebih dalam. Boleh aja asal gak tiap hari ya.

5. Bisa ke Pantai Double Six dan Batu Bolong

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Double-Six, Luxury Hotel (@doublesixseminyak) on


Berhubung kamu tinggal di Seminyak, maka beberapa pantai terdekat yang bisa kamu kunjungi di sana adalah Double Six, Kuta yang di dekat HardRock, dan Pantai Batu Bolong. Mau ke Balangan yang keren juga bisa sih tapi lokasinya agak jauh, dari Seminyak jarak tempuhnya bisa satu jam.

Selain menyaksikan matahari tenggelam alias sunset, kamu bisa santai-santai sambil menikmati musik. Tentunya asyik kalau dibarengi dengan nge-beer. Gak usah ngemil ya.

Harga beer di sana Rp 30 ribu aja kok. Kalau dua hari ke pantai dan selalu nge-beer, ya Rp 60 ribu saja biayanya.

6. Dugem di La Favella dan Lxxy

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LA FAVELA BALI (@lafavelabali_) on


Sore mantai, malamnya dugem. Terdengar seperti surga dunia bagi sebagian dari kamu?

Gak usah bingung kalau mau dugem di Bali, tempatnya banyak. Tapi gak semua tempat dugem di sana asyik-asyik. Masing-masing tempat punya karakter musik masing-masing.

Buat kamu yang pengin cari tempat dugem instagrammable, La Favella adalah jawabannya. Bar bertema Brazil ini terletak di pusat Seminyak. Lima puluh persen pengunjung La Favela adalah wisatawan, dan dari 50 persen tersebut, 30 persennya berasal dari luar negeri.

Interior La Favela benar-benar artistik! Keren abis! Konsepnya adalah bangunan tua era kolonial yang dipenuhi oleh furniture antik. Di tengahnya ada atap terbuka dan taman.

Dan yang kedua adalah Lxxy di Legian. Hati-hati ya kalau ke sini. Sudah pasti macet, jadi sabar-sabar saja.

Sebagai nightclub, Lxxy tergolong bersih, modern, dan lega. Lxxy adalah barnya anak muda. Saat MoneySmart mendatangi tempat ini, terlihat gak banyak wisatawan asing yang berkunjung.

Oh ya untuk harga beer di sini Rp 50 ribu sebotol ya. Dan kalau kamu mau tequilla dan kawan-kawan, otomatis lebih mahal. Makan saja dulu di rumah sebelum dugem biar pas di sana cuma minum beer doang.  

7. Main ke Garuda Wisnu Kencana

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GWK Cultural Park (@gwkbali) on


Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. Sayang tentunya jika jauh-jauh ke Bali tapi kamu gak menyaksikan keindahan taman budaya ini.

Tiket masuk ke sana harganya Rp 80 ribu. Selain bisa foto-foto di patung raksasa, kamu bisa melihat pagelaran seni yang apik!

Pokoknya, sayang banget kalau kamu gak ke sini deh. Keindahannya susah dijabarkan dengan kata-kata.

Walaupun ada kedai makanan di sana, ada baiknya untuk gak makan di sana ya. Bukan apa-apa, harga satu botol Aqua saja Rp 10 ribu, kayak apa makanannya.

8. Beli oleh-oleh

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Krisna Bali (@krisnaoleholehbali) on


Kemana harus beli oleh-oleh? Di Krisna yang di Sunset Road juga boleh. Atau mau lebih murah lagi ya di Sukowati saja.

Untuk makanan, dengan uang Rp 150 ribu pun kamu bisa beli banyak kok. Ada kacang Bali, pie susu, dan sebagainya.

Total biaya liburan ke Bali cuma Rp 2,1 juta!

Begitulah caranya liburan ke Bali dengan bujet Rp 2,1 juta saja. Masih gak percaya kalau bujetnya segitu? Kita hitung aja deh sekarang

Tiket pesawat: Rp 1.156.200

Penginapan: Rp 120 ribu

Sewa motor: Rp 210 ribu

Makan: Rp 300 ribu

Beer di pantai (2 hari): Rp 60 ribu

Beer di tempat dugem (2 hari): Rp 100 ribu

Tiket Garuda Wisnu Kencana: Rp 80 ribu

Oleh-oleh: Rp 150 ribu

Total: Rp 2.176.200

Bener kan cuma Rp 2,1 juta. Tertarik buat nyoba? Yuk pesan tiket saja dari sekarang.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong