Uang Rp 20 Juta Buat Liburan ke Dubai? Mending Alihkan ke 4 Investasi Ini Biar Makin Tajir

4 menit
Liburan ke Dubai Habiskan Rp 20 Juta! Mending Alihkan ke 4 Investasi Ini (Shutterstock).

Liburan ke Dubai memang kini tengah digandrungi banyak orang, mulai dari Awkarin hingga pasangan selebriti terkenal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Dubai memang dikenal dengan pesona keindahannya yang begitu menakjubkan. Kehidupan di Dubai juga serba mewah, seperti memiliki gedung pencakar langit tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa hingga Miracle Garden yaitu kebun bunga terbesar di dunia.

Kamu juga bisa bermain tenis di langit serta dapat bermain ski kapan pun tanpa harus menunggu musim salju terlebih dahulu.

Dengan segala keindahan yang ditawarkan Dubai, wajar aja kalau banyak orang yang memilih untuk berkunjung ke kota terbesar dan terpadat di Uni Emirat Arab (UEA) ini.

Namun, untuk bisa menginjakkan kaki di sana diperlukan bujet yang sangat besar lho. Seperti salah satu agen perjalanan menawarkan paket liburan ke Dubai sebesar Rp 11,5 juta selama 6 Hari 3 Malam.

Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk biaya visa, tip buat guide dan supir, asuransi dan lainnya. Belum lagi untuk pengeluaran pribadimu, salah satunya membeli oleh-oleh.

Jika diperkirakan, uang yang harus kamu keluarkan untuk liburan ke Dubai bisa mencapai lebih dari Rp 20 juta.

Ya, sebenarnya sih gak masalah juga. Tapi kalau kondisi keuangan belum stabil mending jangan nekat deh menggelontorkan uang sebanyak itu. Daripada setelah liburan malah bikin hidup kamu susah sendiri kan.

Pasalnya dengan uang Rp 20 juta kamu bisa terjun ke beberapa instrumen investasi yang dijamin bisa bikin kamu tambah tajir.

Apa aja produk investasinya? Berikut empat di antaranya:

Baca juga: 5 Shio yang Paling Mujur di Tahun 2019 Ini, Kamu Salah Satunya?

1. Saham

Memilih saham bluechip
Memilih saham bluechip

Investasi saham dikenal dengan high risk-high return, jadi keuntungan dan risiko yang ditawarkan sama-sama besar.

Meski risikonya yang cukup besar, tapi tetap banyak orang yang tergiur untuk menggelontorkan uangnya di produk investasi yang satu ini.

Dengan uang Rp 20 juta, kamu bisa membeli beberapa saham loh. Tapi kalau kamu masih takut, kamu bisa memilih saham-saham yang blue chip atau BUMN. Karena pergerakannya terbilang stabil dan likuid, jadi risikonya juga lebih kecil.

Kamu juga bisa meraup return sekitar 18 hingga 20 persen per tahunnya lho dan saham itu investasi jangka panjang yaitu di atas lima tahun. Udah kebayang kan berapa pundi-pundi rupiah yang akan kamu kantongi?

2. Emas

Emas batangan (Shutterstock).

Investasi emas juga tetap menjadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Pasalnya, kamu gak ribet tuh memantau pergerakan harga saham. Kamu hanya perlu beli dan diamkan emas milikmu hingga beberapa tahun.

Dengan bujet Rp 20 juta, kamu bisa membawa pulang emas batangan sekitar 32 gram dengan harga emas sebesar Rp 623 ribu per tanggal 19 Februari 2019 menurut harga-emas.

Kamu bisa menitipkan emas batangan milikmu di Pegadaian lewat konsinyasi emas, agar keuntungan yang kamu peroleh semakin maksimal.

Baca juga: Gak Pengin Keluar Bujet Lebih, Ini Tips Hemat Wisata di Singapura

3. Properti

Investasi properti kontrakan. (Shutterstock)
Investasi properti kontrakan. (Shutterstock)

Bagaimana bisa investasi properti dengan bujet Rp 20 juta, tahu sendiri harga tanah saat ini sudah mahal semua. Perlu modal ratusan juta hingga miliaran rupiah kalau ingin terjun ke investasi properti.

Eits.. siapa yang bilang? Kamu kini udah bisa kok investasi properti dengan modal murah meriah yaitu lewat property crowdfunding.

Property crowdfunding adalah metode investasi yang tak perlu membeli properti secara utuh melainkan dengan cara patungan. Istilahnya kayak pemegang saham gitu. Minimal investasinya itu sebesar 1 persen dari harga properti.

Jadi, dengan bujet Rp 20 juta, kamu bisa memilih properti yang harganya maksimal Rp 2 miliar ya. Keuntungannya sendiri bisa kamu dapatkan dari hasil sewa properti.

Selain itu, kamu juga gak perlu repot tuh mikirin soal perizinan, tenant dan tetek bengek lainnya. Karena semuanya akan diurus oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator.

4. Deposito

Deposito

Buat kamu yang masih ragu menggelontorkan ke beberapa produk investasi yang sudah di atas karena takut merugi. Gak perlu khawatir, kamu bisa kok mengalihkannya ke investasi deposito.

Salah satu program milik perbankan ini memang dikenal karena sangat minim risiko dibanding instrumen investasi lainnya. Meski begitu return yang ditawarkan pun juga tidak besar.

Kamu bisa mendapatkan bunga sekitar 4 hingga 6 persen dalam satu tahun. Jadi, deposito memang bisa dibilang merupakan pilihan investasi yang tepat buat kamu yang ingin investasi tapi belum berani mengambil risiko besar.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

Dengan uang Rp 20 juta, kamu bisa memilih jangka waktu yang enam hingga satu tahun dan jangan nekat menarik uang sebelum jatuh tempo ya untuk menghindari penalti.

Itu dia empat instrumen investasi yang bisa kamu pilih jika memiliki uang sebesar Rp 20 juta yang ingin digunakan untuk liburan ke Dubai.

Boleh aja, tapi alangkah baiknya jika kamu mengembangbiakkan dulu uang milikmu biar acara liburan pun akan lebih menyenangkan karena gak perlu pusing mikirin uang setelah selesai liburan. Setuju? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.