Mau Liburan ke Jepang? Harus Tahu Bulan yang Tepat Buat ke Sana

3 menit
Indahnya pemandangan gunung Fuji dari kejauhan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mendengar sebutan Jepang sebagai Negeri Sakura ini pastinya bikin kamu pengin banget buat liburan ke negara yang emang dikenal dengan kemahsyuran tokoh-tokoh kartunnya. Liburan ke Jepang sepertinya menjadi salah satu tujuan wajib nih buat kamu yang pengin menghabiskan waktu beristirahat.

kedengarannya emang agak sedikit mewah ya kalau cuma mau berinstirahat sejenak. Tapi gak ada salahnya kok kamu menikmati masa muda dengan berkeliling dunia, apalagi dengan mengunjungi Jepang sebagai destinasi liburan.

Nah, apa kamu salah satu orang yang pengin banget liburan ke Jepang dalam waktu dekat? Atau udah menyusun agenda buat menikmati Negeri Sakura di tahun depan nih?

Memilih suasana pegunungan atau kota metropolitannya emang udah gak bisa dipungkiri lagi emang pas banget buat berlibur. Apalagi nih ya, buat kamu yang emang suka update di Instagram.

Buat kamu yang pernah mengunjungi Jepang mungkin udah tahu gimana kondisi cuaca dan hiruk pikuknya kota-kota besar di sana. Bagi kamu yang belum pernah perlu nih ketahui sebelum mengunjungi Jepang sebagai salah satu destinasi tempat liburan.

Seperti yang dilansir dari Hipwee.com, Jepang emang punya 4 musim yang pastinya gak bakal cocok buat kamu yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini. Jepang sendiri punya 4 musim, seperti musim dingin (winter), musim semi (spring), musim panas (summer), dan musim gugur (autumn).

Bagus kalau kamu datang pas musim emang sesuai dengan kondisi tubuh kita yang tinggal di negara tropis. Kondisi cuaca di Jepang bakal memberikan pengalaman berbeda di setiap musimnya.

Sebelum kamu membeli tiket dan booking hotel buat liburan di Jepang, ada baiknya nih kamu menyimak beberapa hal yang perlu diketahui sebelum liburan ke negaranya Doraemon dan Naruto ini.

Mau tahu apa aja? Yuk, kita lihat bareng-bareng seperti di bawah ini:

Mau lihat bunga sakura mekar? Ini bulan yang tepat

Bulan Maret dan April pilihan yang tepat buat melihat bunga sakura merekah di Jepang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kamu pengin melihat mekarnya bunga sakura yang penampilannya pasti bakal cantik banget? Bulan Maret dan April pilihan yang tepat nih buat liburan ke Jepang.

Bunga sakura bakal mekar di akhir Maret sampai awal April. Udah gitu cuacanya gak terlalu panas dan gak dingin banget jadi pas banget kan buat menikmati bunga sakura pada mekar.

Kota-kota seperti Tokyo, Kyoto dan Osaka bisa menjadi destinasi liburan ke Jepang buat melihat mekarnya bunga sakura.

Bulan November dan Desember juga waktu yang pas buat liburan ke Jepang

Bulan November dan Desember bisa jadi pilihan kamu buat liburan ke Jepang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bulan April dan November bisa dibilang menjadi bulan yang terbaik buat mengunjungi Jepang. Pasalnya, di bulan November itu masih masuk ke musim gugur.

Saat musim gugur, bunga dan dedaunan bakal banyak yang berubah warna dan bagus banget sih buat kamu foto-foto terus posting deh di Instagram.

Januari dan Februari memasuki musim dingin

Ini wujud gunung Fuji saat musim dingin, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu emang pengen menikmati musim dingin dan melihat salju, bulan Januari dan Februari pilihan yang tepat.

Tapi ini gak direkomendasikan buat kamu liburan ke Jepang. Mau gak mau mesti bawa banyak persediaan pakaian dingin dan bakal menambah beban barang bawaan kamu.

Bulan Juli sampai September merupakan musim panas

Menikmati es matcha emang paling pas musim panas di Jepang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kamu yang pengin menikmati musim panas bisa nih datang di bulan ini. Banyak festival di musim panas bakal menguntungkan kamu yang emang asal Indonesia.

Tapi jangan salah cuaca ekstrem di bulan ini juga bakal melanda lho. Bahkan suhu di sana bakal mencapai sampai 41 derajat celcius gak sedikit orang Jepang meninggal akibat cuaca yang panas banget.

Gimana kira-kira kamu udah dapat bayangan belum? Nah, kamu bisa nih cek-cek harga tiket dan penginepan di masing-masing bulan.

Bulan mana yang pengin kamu datangi? Misalkan kamu pengin pergi di bulan November dan Desember, harga tiket pesawat ke Jepang itu kisaran Rp 2 jutaan dengan menggunakan maskapai Air Asia, ini harga tiket PP lho ya.

Buat Cathay Pacific itu kisaran Rp 3 jutaan. Harga ini bisa kamu lihat di Traveloka. Nah, jadi kamu bisa nih bikin pertimbangan bulan mana yang bakal jadi pilihan buat liburan ke Jepang.

Oh iya, buat liburan ke Jepang, kamu mesti persiapkan bujet yang cukup ya. Mulai dari harga tiket penerbangan, menginap di hotel sampai biaya hidup di sana.

Kamu yang emang pengin belanja mau gak mau mesti siapkan bujet lebih lho. Apalagi kalau kamu doyan jajan nih, ekstra bujet mesti ada sih di dalam dompet kamu. Jadi silahkan mencoba ya! (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital sekarang ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong