Mau Liburan? Kunjungi 4 Tempat Ini, Harga Tiket Pesawatnya Turun 50 Persen

3 menit
Mau Liburan Kunjungi 4 Tempat Ini, Harga Tiket Pesawat Turun 50 Persen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kenaikan harga tiket pesawat belakangan ini emang jadi polemik nih buat calon penumpang maupun perusahaan maskapai penerbangan yang pengin liburan. Nah, ada kabar gembira lho, buat kamu yang pengin liburan ke tempat-tempat ini harganya turun 50 persen aja dulu.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Jumat, (18/1/2019), isu kenaikan harga tiket pesawat emang santer banget ya. Apalagi, salah satu perusahaan maskapai penerbangan domestik belum lama ini menanggapi perihal tersebut.

Salah satunya Garuda Indonesia yang saat ini harga tiket penerbangannya udah berangsur-angsur normal lho. Di beberapa rute penerbangan domestik, harga tiket pesawat Garuda udah menurun hingga 50 persen lho. Bahkan maskapai penerbangan milik pemerintah ini juga udah menyiapkan program khusus reguler bagi 3 kategori penumpang.

Nah, buat rute Jakarta merupakan poros bagi kota-kota lainnya dengan adanya penurunan harga tiket nih. Penurunan yang signifikan juga terjadi di rute penerbangan domestik seperti ke Aceh, Yogyakarta, Surabaya, hingga Denpasar.

Hal ini emang dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara menyebutkan bahwa Garuda merespons cepat dengan acuan market.

Baca juga: Sambut Libur Panjang, Begini Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

“Harga tiket sudah diturunkan. Garuda Indonesia harus menyesuaikan dinamika yang terjadi di pasar. Ini juga menjadi bagian komitmen layanan terbaik yang diberikan Garuda. Sebagai awalan, penurunan harga berlaku untuk beberapa rute,” ungkap Ari.

Harga tiket maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengalami penurusan hingga 50 persen 

Harga tiket maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengalami penurusan hingga 50 persen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Harga tiket turun terlihat jelas saat rute Aceh-Jakarta saat ini dibanderol sekitar Rp 1,6 juta atau turun 50 persen lho. Sebelumnya saat perayaan hari Natal dan Tahun baru, rute tersebut dibanderol kisaran Rp 3,2 juta aja dulu.

Buat Jakarta-Surabaya juga mengalami penurunan sekitar 19 persen. Kini tiket penerbangan domestik Jakarta-Surabaya berada di harga Rp 1,3 juta, sebelumnya dibanderol Rp 1,6 juta. Meskipun gak terlalu signifikan penurunannya, cukup menjadi respons positif bagi yang kerap menempuh rute ini.

“Harga tiket Aceh dan Surabaya saat ini sudah turun. Kami harap momentum ini bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Meski harga turun, pelayanan Garuda Indonesia tetap prima. Kami tetap berikan yang terbaik kepada para konsumen,” tambahnya.

Baca juga: Kenaikan Harga Makanan dan Tiket Pesawat Penyumbang Inflasi Terbesar

Berbeda lagi dengan rute Jakarta-Denpasar, buat rute ini Garuda memberikan treatment yang berbeda lho. Saat ini Garuda Indonesia masih mengkombinasikan dengan kalkulasi prime time. Soalnya nih buat rute Jakarta-Denpasar itu masih tinggi banget pada pukul 06.00-09.00 WIB dan sore hari.

Permintaan rute Jakarta-Denpasar emang masih tinggi banget nih mulai hari Kamis sore hingga Senin siang. Oleh karena itu, Ari menambahkan bahwa perlu adanya penyesuaian buat rute yang satu ini.

“Untuk rute Jakarta-Denpasar masih dalam tahap penyesuaian. Traffic-nya masih tinggi sekali, meski itu hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Tapi, untuk tarif yang lain sudah diturunkan,” jelasnya lagi.

Citilink, Air Asia dan Lion Air juga mengalami penurunan harga lho!

Citilink, Air Asia dan Lion Air juga mengalami penurunan harga lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma Garuda Indonesia yang mengalami penurunan harga  kisaran 50 persen, hal ini juga terjadi di maskapai penerbangan Citilink. Buat rute Jakarta-Yogyakarta, Citilink membanderol harga tiket di Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu aja.

“Maskapai LCC juga turun. Harga tiket saat ini sangat kompetitif. Yang jelas regulasi untuk memakai batas atas harga tiket sudah selesai,” tambahnya lagi.

Baca juga: Mau Dapat Tiket Pesawat Paling Murah di Internet? Pakai 7 Trik Ini

Meskipun masih mengacu batas atas, para maskapai ini sebenarnya udah melakukan dan menggunakan batas bawah lho buat harga tiket. Ari yang juga merupakan ketua dari INACA menuturkan, biaya maskapai pada dasarnya kompetitif banget lho. Sebab nih harga avtur sebagai bahan utama para maskapai penerbangan ini memiliki harga tertinggi 171 persen dengan kurs 17 persen.

Kalau dihitung-hitung, secara kalkulasi buat biaya operasional para maskapai penerbangan ini berada di 40 persen hingga 45 persen buat avtur aja lho. Buat sewa pesawat itu sekitar 20 persen dan pembiayaan tenaga kerja itu 10 persen.

“Maskapai pada dasarnya tetap mengikuti regulasi yang berlaku. Tapi, memang ada beban pembiayaan yang harus ditutup. Meski hanya 10%, pembiayaan tenaga kerja juga sangat vital,” tambahnya lagi.

Berbeda dengan Lion Air salah satu maskapai penerbangan sejuta umat ini membanderol buat rute Jakarta-Denpasar sekitar Rp 534 ribu. Buat rute Jakarta-Aceh berada di harga Rp 1,6 juta, Jakarta-Surabaya seharga Rp 499 ribu, dan Jakarta-Yogyakarta seharga Rp 378 ribu.

Itu buat Lion Air ya, kalau buat maskapai penerbangan Air Asia, rute Jakarta-Yogyakarta itu seharga Rp 473 ribu, Jakarta-Denpasar itu ternyata Air Asia paling murah lho seharga Rp 570 ribu. Jakarta-Surabaya dibanderol dengan harga Rp 492 ribu.

Nah, melihat fenomena tiket pesawat di atas tadi gimana? Kamu berminat buat melakukan liburan ke kota-kota di atas? Mengingat harga tiket pesawatnya udah murah banget lho.

Mulai dari sekarang nih kalau bisa kamu memesan tiket pesawat maskapai penerbangan di atas tadi. Jangan sampai kehabisan ya, oh iya yang namanya liburan boleh aja, asal jangan sampai kantong mu kebobolan ya. (Editor: Mahardian Prawira). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan