Ingin Liburan Nyaman Menenangkan Tanpa Diganggu Pekerjaan, Ikuti 5 Cara Ini

3 menit
Liburan Menyenangkan (Shutterstock).
Pasangan muda mudi tengah menikmati liburan di sebuah pulau (Shutterstock).

Liburan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk melepas penat. Apalagi jika kamu sehari-hari dihadapkan pada kesibukan dan rutinitas yang menjemukan, liburan menyenangkan menjadi solusi yang tepat.

Kamu gak perlu bepergian ke luar negeri atau menghabiskan uang ke mall, cukup liburan ke destinasi dekat Jakarta saja. Atau paling tidak ya keluar pulau Jawa jika ingin mendapatkan pengalaman lebih mendebarkan lainnya.

Tentu kamu gak ingin liburan yang sudah direncanakan gagal total karena pekerjaan kan? Apalagi kalau sampai di objek wisata, masih ada saja email pekerjaan yang mengganggu, duh gak banget deh!

Gimana caranya agar liburanmu tidak terganggu oleh pekerjaan? Simak yuk artikel di bawah ini.

Baca juga: Sail Nias 2019 Dorong Sumut Jadi Gerbang Destinasi Wisata Bahari Kelas Dunia

1. Ambil cuti jauh hari

Liburan Menyenangkan
Ambil cuti jauh hari (Shutterstock).

Kalau kamu sudah melakukan hal ini, masih keterlaluan sih kalau kantor masih mengganggu. Kecuali kalau kamu pergi mendadak. Ada baiknya memang kamu rencanakan sejak jauh hari agar tidak berbenturan dengan deadline proyek pekerjaan.

Jangan lupa juga beri tahu atasan dan rekan kerja jadwal cuti kamu. Berikan beberapa proyek yang masih harus di follow up kepada rekan kerja, agar klienmu gak mengganggu saat sedang berlibur. Dengan begitu kamu bisa liburan dengan tenang dan menyenangkan.

2. Selesaikan pekerjaan sebelum deadline

Liburan Menyenangkan
Selesaikan pekerjaan tepat waktu (Shutterstock).

Selain cuti, hal lain yang harus kamu siapkan dari jauh hari ada menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Jangan sampai kamu cuti malah mengganggu pekerjaan atau menambah beban rekan satu tim.

Pasalnya, menyelesaikan pekerjaan merupakan salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan liburan yang berkesan. Jadi bukan hanya merencanakan perjalanan saja, tetapi urusan di luar itu yang menjadi tanggung jawabmu juga harus dibereskan terlebih dahulu.

Baca juga: Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

3. Atur Out of Office Reply di Email

Liburan menyenangkan
Atur Out of Office Reply di Email (Shutterstock).

Nah ini juga bisa dicoba supaya kamu gak mendapat teror dari klien. Kamu bisa mengatur out of office reply di alamat email yang isinya memberitahukan bahwa sedang cuti dalam periode tertentu. Selain itu, tambahkan juga kontak orang yang menggantikan posisi pekerjaanmu selama kamu pergi berlibur.

Penting juga agar klien tidak merasa digantung karena email yang tak kunjung dibalas. Ini juga baik lho untuk menjaga hubunganmu dengan klien di kemudian hari. Mereka akan menganggap kamu profesional.

4. Tinggalkan gawai kantor

Liburan Menyenangkan
Tinggalkan gawai kantor selama berlibur (Shutterstock).

Kalau kamu merasa dipinjamkan gawai kantor, ada baiknya tinggalkan semua di loker atau di rumah. Seperti ponsel misalnya, atau laptop penunjang kerja. Buat apa dibawa bawa juga kan? Toh selama kamu cuti segala fasilitas kantor gak akan digunakan.

Biarkan dirimu merasakan kebebasan yang hakiki tanpa diganggu dengan email, notifikasi whatsapp group dan lainnya selama berlibur. Coba deh, ini menyenangkan banget lho!

Baca juga: Gak Cuma Ada Rawon, Surabaya Punya Universal Studio Mirip Singapura Lho!

5. Nikmati liburanmu

Liburan Menyenangkan
Nikmati liburanmu (Shutterstock).

Ketika ada grup kantor yang ada di ponsel pribadimu dan mereka cukup sibuk, pura-pura saja gak tahu apa yang terjadi. Jangan merasa bersalah kalau kamu cuti pekerjaan menjadi keteteran atau padat.

Cuti hak semua orang yang bekerja di sebuah perusahaan. Kamu berhak mendapatkannya untuk mengistirahatkan tubuh, hati dan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Jadi jangan merasa bersalah karena meninggalkan pekerjaan di kantor. Karena pekerjaanmu sudah digantikan oleh rekan satu tim.

Terlihat kejam? Di saat rekan satu tim sibuk bekerja kamu malah berlibur? Ya gak apa-apa kan gak sering dan ini juga merupakan bagian dari hak untuk membahagiakan diri sendiri setelah bekerja keras selama bertahun-tahun.

Gimana nih guys? Udah siap mau ambil cuti dan pergi berlibur? Hapus semua pandangan buruk tentang suasana pekerjaan. Jangan terbebani dengan permintaan oleh-oleh yang datang, kalau ada waktu silahkan membelinya, kalau tidak dan bujet terbatas ya tolak dengan halus. Esensi pergi berlibur adalah untuk menyegarkan pikiran bukan malah menambah beban. Siap pergi liburan menyenangkan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be