Nusa Penida Hingga Jelajah Beach Club, Ini Trik Liburan Mewah di Bali dengan Bujet Rp 1,5 Juta

4 menit
Liburan Mewah ke Bali (Shutterstock).
Liburan Mewah ke Bali (Shutterstock).

Liburan mewah memang identik dengan mengeluarkan bujet besar. Padahal jika kamu bisa mensiasatinya dengan cerdik, kamu bisa banget lho menikmati kemewahan selama berlibur dengan hanya keluar uang sedikit.

Gak usah jauh-jauh, contohnya saja ke Pulau Dewata, Bali yang memang menjadi tujuan liburan banyak orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Makanya gak heran tuh kalau sudah memasuki musim liburan, Bali selalu ramai dikunjungi banyak orang. Memang tak bisa dipungkiri Bali seakan sudah menjadi paket lengkap sebagai tempat melepas penat.

Tak hanya keindahan alamnya yang sangat memesona, hiburannya pun juga sangat lengkap. Mulai dari bersantai di pinggir pantai bersama sahabat, menyantap makanan seafood di Jimbaran, berjelajah beach club hingga berjoget di klub malam.

Namun banyak orang yang beranggapan kalau liburan ke Bali itu harus merogoh kocek dalam-dalam. Bisa bermain di pantai dan makan aja udah syukur. Boro-boro mikirin liburan mewah ala seleb.

Hmmm… jangan salah lho. Kamu tetap bisa kok, liburan di Bali mengendarai mobil, masuk ke beach club mewah hingga berkunjung ke Nusa Penida dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 1,5 juta.

Penasaran seperti apa triknya? Berikut diantaranya seperti yang sudah dilakukan oleh MoneySmart.id.

Cari penginapan yang ada dapurnya

Liburan Mewah
Penginapan dengan dapur (Shutterstock).

Sebelum datang ke Bali, kamu harus jeli mencari penginapan yang tak hanya karena desainnya yang bagus tapi pilihlah yang ada dapurnya.

Tujuannya agar kamu bisa memasak, jadi gak sedikit-sedikit beli makanan di luar yang pastinya akan menguras kantong. Lagipula, kini udah banyak sekali kok penginapan murah meriah di Bali yang lokasinya strategis dan menyediakan fasilitas dapur.

Salah satunya, hotel dan residence yang terletak di kawasan Seminyak. Harga untuk 5 hari 4 malam hanya dibanderol Rp 2 juta sudah mendapatkan dua kamar untuk kapasitas empat orang.

Dengan mengeluarkan uang Rp 500 ribu, kamu sudah bisa tinggal selama 5 hari di Bali di penginapan mewah yang lengkap dengan berbagai fasilitas. Seperti kolam renang, gym dan juga dapur.

Beli stok makanan yang bisa diolah beberapa kali

Liburan Mewah
Belanja makanan (Shutterstock).

Trik selanjutnya adalah dengan membeli stok makanan yang bisa diolah beberapa kali dan jangan membeli bahan makanan olahan, seperti nugget. Karena selain mahal, juga gak bisa menahan rasa kenyang dalam waktu lama.

Dengan patungan dengan teman sebesar Rp 100 ribu, kamu sudah membeli membeli bahan makanan mulai dari beras, ayam, daging, sayuran, buah-buah, kopi hingga camilan untuk stok selama lima hari.

Selain kenyang dan lebih sehat, kamu juga bisa menghemat bujet. Karena kalau beli makanan di luar, untuk sekali makan bisa menarik bujet Rp 50 ribu lebih. Kalau begitu mah, untuk satu hari bisa-bisa menghabiskan uang Rp 150 ribu hanya untuk makan doang.

Hanya beli minuman saat datang ke kafe

Liburan Mewah
Jajan di kafe saat liburan (MoneySmart/Dewi Puri).

Ini yang paling penting, gak perlu gengsi saat datang ke kafe hanya menikmati minuman aja. Pasalnya, kalau kamu nekat membeli makanan, siap-siap aja kantong kebobolan.

Jadi, sebelum datang ke kafe atau beach club. Sebaiknya makan terlebih dahulu di penginapan. Dengan begitu kamu akan terhindar mengeluarkan uang besar untuk beli makanan.

Nah, biasanya untuk datang ke beach club itu ada minimum pembelian. Biar gak salah, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pegawainya, area mana saja yang tidak ada minimumnya.

Kamu juga bisa membeli voucher makanan dan minuman hingga berenang gratis di beach club yang banyak dijual di e-commerce.

Seperti yang dilakukan MoneySmart, dengan membeli voucher seharga Rp 700 ribu, sudah mendapatkan empat makanan lengkap mulai dari makanan pembuka, hidangan utama hingga menu penutup. Selain itu, kamu juga bebas memilih minuman, mulai dari jus sampai bir. Enaknya lagi, kamu juga mendapatkan area private dan free berenang.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 175 ribu untuk bisa menikmati semua kemewahan beach club. Sisanya kamu bisa menyiapkan uang Rp 50 ribu setiap datang ke beach club.

Anggap aja selama lima hari, kamu datang ke beach club sebanyak tiga kali. Maka, total uang yang harus kamu keluarkan untuk jelajah beach club adalah sebesar Rp 275 ribu. Murah kan?

Mencari paket tour travel ke Nusa Penida yang paling murah

Liburan Mewah
Nusa Penida, Bali (MoneySmart/Dewi Puri).

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Bali tidak menginjakkan kaki ke Nusa Penida yang memang sangat terkenal beberapa tahun belakang ini.

Nah, kamu bisa mencari paket travel yang paling murah dan lengkap. Salah satunya yang dipilih MoneySmart, dengan membayar Rp 400 ribu per orang, sudah bisa berjelajah ke lima objek wisata di Nusa Penida, lengkap dengan mendapatkan makan siang, mobil pribadi dan tour guide serta tiket fast boat pulang pergi.

Sewa mobil lepas kunci

Liburan Mewah
Sewa kendaraan (Shutterstock).

Kini sudah banyak sekali sewa mobil di Bali dengan harga murah meriah. Bahkan ada yang mulai dari Rp 175 ribu per hari.

Jika kamu menyewa mobil lepas kunci selama empat hari karena satu hari ini trip ke Nusa Penida. Maka, totalnya adalah Rp 175 ribu x 4 hari yakni Rp 700 ribu. Jadi, per orang hanya perlu patungan sebesar Rp 175 ribu. Sudah dapat keliling Bali naik mobil.

Sementara untuk bensin, per orang bisa ditarik patungan Rp 50 ribu. Sangat cukup jika hanya berjelajah di kawasan Kuta, Seminyak dan Legian.

Jika dirincikan, berikut uang yang harus keluarkan untuk liburan mewah ke Bali selama lima hari empat malam, yaitu:

  • Penginapan: Rp 500 ribu
  • Makan: Rp 100 ribu
  • Jelajah beach club: Rp 275 ribu
  • Trip ke Nusa Penida: Rp 400 ribu
  • Sewa mobil dan bensin: Rp 225 ribu.

Maka totalnya adalah sebesar Rp 1,5 juta. Tentu nominal yang tidak besar kan? Karena kamu sudah bisa berlibur ala-ala seleb alias liburan mewah. Berani coba? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.