4 Kebiasaan Orang Indonesia Kalau Pergi Liburan

2 menit
Liburan Ala Orang Indonesia (Shutterstock)
Liburan Ala Orang Indonesia (Shutterstock)

Survei Traveling Trends 2018 yang dirilis Jakpat, ada berbagai persiapan yang dilakukan pelancong Indonesia sebelum liburan. Di antaranya menentukan destinasi, berburu tiket, hingga mencari jasa agen perjalanan.

Perencanaan tersebut penting adanya mengingat liburan yang berkualitas bisa mendatangkan dampak positif. Sebanyak 49 persen responden yang disurvei oleh Family Holiday Association mengaku, memori paling bahagia yang terekam di otak ialah saat berlibur.

Adapun pergi bersama keluarga memiliki manfaat bagi aspek emosional, psikologis, dan sosial. Efek tersebut bahkan terus berlangsung setelah liburan selesai.

Untuk mendapatkan manfaat liburan, terutama saat libur sekolah dan Lebaran, gunakanlah aplikasi perjalanan yang turut memudahkan perencanaan wisata dan menawarkan berbagai promo.

Berdasarkan survei, 4 hal utama yang dilakukan wisatawan Indonesia sebelum berlibur adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari katadata.co.id.

1. Menentukan Destinasi

Sebanyak 75,6 persen responden mengatakan mereka akan menentukan destinasi terlebih dahulu sebelum pergi berlibur. Umumnya kebanyakan orang telah memiliki tempat impian, sebelum mereka mencari hal lainnya terkait liburan.

2. Berburu Tiket

Setelah menentukan lokasi, 38,7 persen sepakat untuk berburu tiket. Mereka biasanya mencari tiket murah yang dapat menguntungkan dari segi biaya akomodasi untuk berlibur.

3. Mencari Penginapan

Hal selanjutnya yang pelancong dalam negeri lakukan mencari penginapan. Sama halnya dengan tiket pesawat, mereka pasti akan mencari penginapan yang murah atau sedang ada promo harga demi menekan budget berliburnya.

4. Mencari Agen Perjalanan

Kebanyakan orang gak mau repot dalam mengurus perjalanan liburannya. Maka dari itu peranan agen perjalanan menjadi sangat dicari. Ditengah zaman digital seperti ini tentunya akan sangat mudah mencari agen perjalanan yang mumpuni.

Liburan sendiri akan memberikan manfaat bagi kamu yang mengalami stres atau sibuk bekerja. Beberapa manfaat liburan diantaranya adalah:

a) Penyegaran

Liburan sudah terbukti akan memberikan penyegaran bagi setiap orang yang memiliki rutinitas rutin dan padat setiap hari. Dengan berlibur, badan dan pikiran akan terasa fresh serta kreatif kembali dalam menjalani hari.

b) Meningkatkan Kesehatan

Liburan juga bisa membuat kesehatan jasmani dan rohani semakin baik. Kebahagiaan saat liburan, secara tidak langsung akan membuat diri kita merasa lebih fit dan bahagia. Hal ini tentu baik untuk memberikan semangat baru dalam menjalani aktivitas.

c) Mengurangi Risiko Kematian

Mungkin gak banyak yang tahu jika liburan bisa mengurangi tingkat risiko kematian. Secara medis, setiap orang memang memerlukan waktu terlepas dari beban hidupnya sehari-hari agar lebih bahagia. Umumnya orang yang bahagia akan memiliki umur yang lebih panjang.

d) Meningkatkan Performa Kerja

Bagi orang yang selalu sibuk bekerja, liburan dapat menjadi salah satu terapi untuk tetap kreatif dan inovatif. Terkadang setelah liburan kita mendapatkan semangat dan inspirasi baru dalam bekerja.

Oleh karena itu banyak orang yang sepakat jika liburan menjadi agenda wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang. Gak perlu jauh-jauh, dan gak perlu mengeluarkan uang banyak yang pentig jadwalkan liburan kamu secara rutin.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati