Supaya Langsung Akrab, Begini Cara Simpel Memperkenalkan Diri di Lingkungan Kerja Baru

3 menit
Memperkenalkan Diri Lingkungan Kerja Baru Gak Susah Kok (Shutterstock).

Untuk sebagian orang, pindah ke kantor baru mungkin menjadi hal yang menyenangkan karena menduduki jabatan yang lebih baik. Namun ada kalanya kamu harus menyesuaikan lingkungan kerja yang belum tentu cocok dengan kepribadian diri sendiri.

Bekerja di satu perusahaan dari awal hingga akhir karier mungkin menjadi dambaan banyak fresh graduate yang lagi mencari pekerjaan hari ini. Selain gak perlu pusing mikirin CV dan surat lamaran kerja, menjadi pegawai dalam jangka waktu yang lama umumnya bakal mendapatkan uang pesangon yang banyak.

Namun pada kenyataannya impian tersebut seringkali pupus karena berbagai macam kendala mulai dari gaji yang gak naik-naik sampai jenjang karier yang gak jelas kedepannya.

Oleh karena itu terpaksa harus pindah dan menyesuaikan lagi dengan kondisi kantor yang baru. Kamu pernah mengalaminya?

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih tips memperkenalkan diri di lingkungan kerja yang baru berikut ini:

1. Inisiatif untuk memperkenalkan diri lebih dulu

Lingkungan Kerja
Inisiatif untuk memperkenalkan diri lebih dulu (Shutterstock).

Melansir dari The Balance Career, sebagai pendatang baru, udah sepantasnya kamu melakukan inisiatif untuk memperkenalkan diri di lingkungan kerja yang  baru. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan antusiasme kamu bekerja sama dengan rekan kerja satu departemen maupun yang lainnya.

Selain memperlihatkan antusiasme kerja kamu, tips ini juga sekaligus memberikan impresi terhadap pribadi kamu yang terbuka dan ramah.

Untuk kamu yang suka mengalami kesulitan atau sedikit pemalu, ada baiknya untuk berkenalan dulu dengan orang terdekat yang duduk di sebelah meja. Lalu dalam beberapa waktu mendatang diikuti dengan rekan lain yang posisinya berjauhan.

2. Menanyakan struktur organisasi perusahaan

Lingkungan Kerja
Struktur organisasi (Shutterstock).

Menjadi orang baru yang bekerja di sebuah perusahaan, tentunya kamu harus mengetahui struktur organisasi kantor mulai dari jabatan yang paling tinggi hingga yang paling bawah. Tips ini mungkin akan lebih cocok kamu tanyakan kepada pihak Human Resources karena memiliki tugas langsung untuk mensosialisasikannya.

Menanyakan struktur organisasi berguna supaya kamu bisa menyesuaikan gaya bahasa kamu dengan lawan bicara nantinya. Semakin tinggi jabatan lawan bicara kamu pastinya harus menggunakan bahasa yang lebih sopan.

Namun paragraf sebelumnya gak selalu berlaku di setiap perusahaan ya, ada juga kok atasan yang pengin diajak ngobrol seperti teman dibandingkan menjadi bos.

3. Ingat nama teman di lingkungan kerja baru

Lingkungan Kerja
Berkenalan dengan rekan kerja (Shutterstock).

Tips ketiga ini sangat bermanfaat agar kamu bisa menjadi teman yang akrab dengan seluruh karyawan kantor. Dengan mengingat nama rekan kerja, obrolan kamu dengan lawan bicara akan jauh lebih cair dan lebih enak untuk didengar.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah waktu untuk bisa nimbrung dan ngerumpi  bareng relatif lebih cepat dibandingkan hanya menggunakan kata ‘lo’ atau ‘kamu’.

Untuk yang mengalami kesulitan gak perlu khawatir, sebab untuk menghafal semua nama pegawai di lingkungan baru emang membutuhkan waktu beberapa hari hingga mingguan tergantung jumlah karyawannya.

4. Mengirim pesan lewat email atau grup chat

Lingkungan Kerja
Mengirim emal pada rekan kerja (Shutterstock).

Kalau kamu masih malu dan belum yakin bisa melakukan 3 tips di atas, bisa mencoba alternatif lainnya dengan mengirimkan pesan follow up di email kantor atau grup chat WhatsApp.

Walaupun terkesan kurang formal, tapi ini bisa menjadi cara yang efektif memperkenalkan diri kepada seluruh jajaran manajemen di lingkungan kerja yang baru. Kelebihan lainnya mengirim pesan dan grup chat adalah gak terbatas ruang dan waktu, yang artinya bisa dibaca siapa aja meski orangnya lagi berhalangan hadir ke kantor.

5. Mengajak makan bareng

Lingkungan Kerja
Makan siang bersama rekan kerja (Shutterstock).

Cara kelima agar kamu bisa makin akrab dengan lingkungan kerja yang baru adalah mengajak makan bareng rekan kerja selepas jam kantor. Ngobrolin masalah kerjaan dan berbagi cerita tentang masalah kantor bisa membuat suasana menjadi lebih cair.

Kalau gak mau makan, mungkin alternatifnya kamu bisa mengajak minum kopi di kedai favorit supaya suasananya bisa lebih santai.

Gak perlu ke tempat yang mahal-mahal, kamu bisa mencari tempat yang harganya relatif murah tanpa harus mengorbankan isi dompet.

Nah itulah tips mengakrabkan diri sendiri di lingkungan kerja yang baru. Jadi sekarang gak ada alasan lagi deh untuk kamu takut pindah kerja ke tempat baru. (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1