Banner ImageBanner Image

Per 8 Januari 2019, Lion Air Hapus Layanan Bagasi Gratis Lho!

2 menit
Per 8 Januari 2019, Lion Air Hapus Layanan Bagasi Gratis Lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Maskapai penerbangan Lion Air emang paling banyak diburu oleh para calon penumpang lantaran harganya gak mahal-mahal banget. Asal kamu tahu nih, kalau maskapai penerbangan Lion Air bakal menghapus layanan bagasi gratis.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Jumat, (4/1/2019), maskapai penerbangan Lion Air mulai 8 Januari 2019 udah mulai memberlakukan peraturan baru nih. Peraturan baru ini diberlakukan buat maskapai Lion Air dan Wings Air yang di mana keduanya bakal menyesuaikan kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis (free baggage allowance).

Peraturan ini mulai keluar per 8 Januari 2019 lho dan sampai batas waktu yang gak bisa ditentukan. Jadi seluruh penerbangan domestik Lion Air gak akan memberlakukan bagasi cuma-cuma yang biasanya dikenakan 20 kg per penumpang.

Hal ini juga berlaku buat penerbangan Wings Air lho. jadi dalam hal ini, penumpang gak bakal mendapatkan lagi bagasi gratis yang sebelumnya diberi cuma-cuma 10 kg per penumpang.

Baca juga: Masuk Tahun Politik, Bos BEI Optimis Gak Ganggu Pasar Modal

“Sebagai informasi, bila penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2018 tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air,” ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air Group seperti dikutip dari Okezone.com.

Gimana nih mendengar kabar ini? Mungkin kamu-kamu merupakan orang yang sering banget menggunakan pelayanan dari Lion Air maupun Wings Air ini. Emang kalau bisa dibilang dua maskapai penerbangan ini terbilang ramah kantong banget.

Buat kamu yang sering melakukan perjalanan domestik dengan Lion Air atau Wings Air pasti terkejut banget ya dengan adanya peraturan ini. Gak cuma itu lho, calon penumpang juga hanya diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita.

Udah gitu nih, Lion Air dan Wings Air juga menentukan maksimum ukuran dimensi barang bawaan bagasi kabin yakni 40 cm x 30 cm x 20 cm. Jadi kalau kamu pengin menggunakan layanan bagasi kabin ini mau gak mau mesti beli voucher bagasi terlebih dahulu atau pre-paid baggage.

“Penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi ekstra atau kelebihan atas bagasi yang ditetapkan (Excess Baggage Ticket). Hal ini sebagai bagian upaya membantu setiap pelanggan dalam meminimalisir biaya tambahan yang relatif tinggi karena kelebihan bagasi,” tambahnya.

Baca juga: Inflasi 2018 Tercatat 3,13 Persen, Lebih Rendah Dibanding 2017

Calon penumpang mesti beli pre-paid baggage setelah peraturan bagasi 20 kg dihapus

Calon penumpang mesti beli pre-paid baggage setelah peraturan bagasi 20 kg dihapus, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tapi jangan khawatir nih buat harga pre-paid baggage ini. Lion Air dan Wings Air masih menjamin kalau harga yang diberikan buat pre-paid baggage masih terbilang murah lho.

Jadi kalau kamu pengin dapatkan harga pre-paid baggage dengan murah sebisa mungkin dibarengi saat pembelian issued ticket. Kalau kamu gak membeli pre-paid baggage dan membawa barang lebih dari 7 kg, sebagai penumpang bakal dikenakan biaya lebih lho.

Jadi gimana nih menurut kamu dengan adanya peraturan baru dari Lion Air dan Wings Air ini? Memberatkan gak buat kamu yang udah terbiasa terbang dengan kedua maskapai ini?

Ya, mungkin dengan adanya kebijakan baru ini Lion Air dan Wings Air bakal meningkatkan pelayanan mereka buat konsumen. Lalu buat kamu yang sering bepergian domestik ada baiknya emang gak membawa barang terlalu banyak lho.

Baca juga: Jokowi Minta Pasar Modal Indonesia Optimis, Optimis dan Optimis

Karena itu bakal merepotkan dirimu sendiri, kalau bisa bawa barang seperlunya. Jadi meskipun suka bertraveling kamu mesti juga pintar-pintar membawa barang bawaan seperlunya. (Editor: Mahardian Prawira). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan