Selain Eye Catching! Begini Cara Bikin Logo Bisnis Biar Laris Manis Usaha Mu

3 menit
Selain Eye Catching! Begini Cara Bikin Logo Bisnis Biar Laris Manis Usaha Mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjalankan sebuah usaha atau menjadi entrepreneur emang sebuah tantangan tersendiri nih. ketika memutuskan bakal terjun ke dunia usaha, mau gak mau kamu pasti memikirkan gimana caranya bikin logo bisnis, betul gak?

Pentingnya sebuah logo bisnis emang perlu banget nih diperhatikan. Pasalnya ketika kamu memutuskan buat berbisnis apalagi dengan menjual barang maupun jasa, harus banget nih yang namanya logo dalam sebuah produk atau suatu jenis usaha emang sangat penting banget.

Apalagi kalau kamu gencar promosikan bisnis mu di akun media sosial, logo yang eye catching bakal menarik banyak perhatian orang nih! Coba deh kamu lihat banyak perusahaan besar yang memiliki logo dan akhirnya orang bakal terbesit akan merek tersebut.

Misalkan kamu pecinta sneakers, pikiran kamu udah pasti Nike atau Vans, betul gak? Oleh karena itu penting banget yang namanya logo buat suatu jenis usaha. Baik usaha retail, fesyen maupun kuliner mau gak mau bakal menggunakan sebuah logo.

Dan satu lagi nih, logo juga bisa dibilang identitas suatu jenis usaha lho! Kira-kira apa aja sih yang mesti diperhatikan saat membikin logo bisnis sendiri? Yuk, kita simak di bawah ini apa aja yang mesti diperhatikan.

Baca juga: Ada yang Rp 17 Triliun, Cuma Logo-Logo Perusahaan Ini yang Harganya Mahal Banget

Bikin logo bisnis yang eye catching

logo bisnis
Logo Nike ini bisa dibilang salah satu yang eye catching lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Logo yang bagus digunakan buat suatu jenis usaha adalah mudah diingat oleh banyak orang. Jangan sampai kamu bikin logo usaha mu gak mudah, kalau hal tersebut terjadi yang ada sulit nih bagi kebanyakan orang buat identifikasi logo dan bisnis mu.

Ketika membuat sebuah logo usaha sendiri pikirkan juga nih estetika agar enak dilihat. Tapi kamu juga mesti memikirkan aspek komersil dari logo usaha mu. Perlu banget memiliki tim sendiri atau kamu terjun langsung buat melihat pasar maupun target mu.

Bikin logo yang eye catching, jangan sampai kamu membuat sebuah identitas tapi malah “mengekor” logo orang lain. Nanti yang ada malah bikin usaha mu mendapatkan cibiran gak enak nih dari calon konsumen.

Baca juga: Nilainya Rp 13.000 Triliun! Ini 5 Perusahaan di Bawah Naungan Alphabet Inc.

Perhatikan komposisi warna di logo usaha

Logo bisnis
Perhatikan juga komposisi warna saat membuat sebuah logo usaha sendiri, (Ilustrasi/Shutterstock).

Memikirkan estetika dalam sebuah logo usaha emang sangat diperlukan nih. Pemilihan warna salah satu yang perlu kamu perhatikan nih ketika membikin sebuah logo.

Sesuaikan warna dengan jenis usaha yang kamu jalankan. Misalkan bisnis kamu menjual makanan seperti roti, pastry atau kopi, warna cokelat rasanya menjadi warna yang pas nih buat menselaraskan antara jenis usaha mu.

Buat mewarnai logo kamu juga ada tekniknya nih, mulai dari gradasi, shading, grading, dan macam-macam teknik lainnya. Gak ada salahnya nih kamu menggunakan tenaga profesional dalam membuat logo usaha mu.

Udah gitu nih kamu perlu banget memikirkan konsistensi dalam membuat logo. Misalkan kalau kamu perhatikan, logo Pepsi dan Coca-Cola sejak dulu buat warnanya gak pernah berubah.

Baca juga: Pengin Sukses dalam Berbisnis? Ini Langkah yang Efektif Menghadapi Persaingan

Adanya tagline dalam sebuah logo perusahaan atau bisnis, sangat penting!

logo bisnis
Adanya tagline dalam sebuah logo perusahaan atau bisnis, sangat penting!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin terakhir yang bisa kamu lakukan dalam meyakini logo bisnis mu itu mantab dan mampu bersaing dengan yang lainnya, yakni adanya tagline atau semboyan.

Hal ini agar calon pelanggan maupun pelanggan tetap mengetahui jenis usaha yang kamu jalankan. Emang sih sebagian orang mungkin ada yang kesulitan dalam menganalisa atau memaknai sebuah logo atau simbol.

Maka dari itu tagline atau semboyan bakal membantu keberadaan logo usaha mu. Bikin juga tagline semenarik mungkin, mulai dari penyusunan kata hingga huruf yang digunakan.

Nah, itu dia gimana caranya kamu membuat sebuah logo bisnis demi melancarkan usaha sendiri. Sangat penting nih adanya logo dalam sebuah jenis usaha sebagai identitas. Usahakan saat membuat sebuah logo jangan sampai menjiplak logo perusahaan atau bisnis yang lain ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...