5 Ciri Lokasi Properti yang Cocok buat Investasi dan Harganya Naik Terus

4 menit
investasi properti
Ciri lokasi terbaik buat investasi properti. (Shutterstock)

Investasi ada bermacam-macam jenisnya, dan salah satunya yang populer dan banyak diminati adalah investasi properti. Namun, karena investasi semacam ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, ada baiknya kamu mempertimbangkan masak-masak beberapa aspek, salah satunya adalah soal lokasi.

Ya, sebuah properti, baik rumah maupun apartemen yang lokasinya yang strategis dan gak jauh dari fasilitas umum serta menawarkan infrastruktur yang memadai, pastinya lebih diminati masyarakat. Sebab, selain memudahkan akses warga dalam beraktivitas, properti di lokasi semacam ini akan naik valuasinya dengan jangka waktu relatif lebih singkat.

Lantas, yang jadi pertanyaan, lokasi seperti apa sih yang cocok buat kamu dalam investasi properti? Yuk simak selengkapnya seperti dikutip dari Swara Tunaiku!

Baca juga: Belum Menikah, Segeralah Beli Rumah Lewat KPR atau Investasi Tanah

1. Cocok buat keluarga baru

investasi properti
Cocok buat keluarga baru. (Shutterstock)

Yang pertama, lokasi yang bagus untuk investasi properti adalah lokasi yang cocok buat keluarga baru. Tempatnya yang kayak apa ya? Nah, namanya keluarga baru, dalam artian baru menikah atau baru memiliki satu anak, biasanya lebih memilih tempat yang lingkungannya bersih, aman, dekat dengan sekolah-sekolah maupun tempat penitipan anak alias day care.

Malahan, sering juga ditemui pasangan muda yang kepengin punya rumah di dekat sekolah-sekolah favorit. Sebab, mereka sudah punya target bakal menyekolahkan anak mereka di sekolah yang dikenal memiliki pendidikan terbaik.

Baca juga: Pengin Inves Properti Tapi Kepentok Modal? Ikutin Cara Ini Aja

2. Menjadi lokasi favorit masyarakat

investasi properti
Jadi lokasi favorit. (Shutterstock)

Kemudian, lokasi yang cocok buat investasi properti selanjutnya adalah tempat yang dipandang banyak orang sebagai kawasan favorit. Perumahan atau apartemen elit juga termasuk ke dalam ciri-ciri ini nih. Biasanya, properti di kawasan elit menyediakan segala kebutuhan hidup, dari A sampai Z, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan kebutuhan mereka sehari-hari. Mau makan tinggal jalan kaki, mau belanja bulanan untuk isi kulkas, gak perlu naik kendaraan lagi, tinggal melangkah.

Kebanyakan, lokasi seperti ini banyak disukai masyarakat kelas menengah ke atas. Sebab, harga properti di kawasan semacam ini terbilang tinggi. Namun, demi mendapatkan fasilitas yang mendukung kenyamanan dan keamanan mereka, harga mahal bukan masalah bagi mereka.

Baca juga: Bisnis Properti: Ternyata Ini 4 Kerugian Jual Beli Tanah

3. Ramai dengan aktivitas masyarakat

investasi properti
Banyak aktivitas masyarakat. (Shutterstock)

Banyaknya kegiatan masyarakat di sebuah lokasi juga jadi salah satu faktor yang membuat tempat tersebut cocok untuk investasi properti. Kegiatan masyarakat yang dimaksud ya apalagi kalau bukan kegiatan pendidikan, niaga, maupun industri.

Semakin banyak aktivitas masyarakat di situ, semakin tinggi punya tingginya perputaran uang. Jadi, gak salah kalau kamu beli properti di lokasi-lokasi seperti ini. Sebab, selain sebagai tempat tinggal, properti yang kamu tanam di sini bisa pula dimanfaatkan sebagai tempat usaha.

4. Memiliki infrastruktur yang memadai

investasi properti
Punya infrastruktur memadai. (Shutterstock)

Kalau infrastruktur di lokasi yang kamu lirik buat investasi properti punya sarana infrastruktur memadai, jangan ragu deh buat membeli properti di daerah tersebut. Sebab, dengan tersedianya infrastruktur seperti akses dekat ke jalan tol, maupun stasiun kereta, lokasi tersebut bakal berkembang pesat. Nilai propertimu juga bakal berlipat-lipat ganda tentunya.

Contoh paling mudah ya kawasan Bumi Serpong Damai yang bisa diakses dengan mudah berkat adanya jalan tol. Meski lokasinya cukup jauh dari Jakarta, akses jalan yang memadai membuat orang gak ragu buat membeli properti di sana.

5. Pilih kawasan berkembang atau masih baru

investasi properti
Kawasan pinggiran Jakarta masih terjangkau harganya. (Shutterstock)

Pengin investasi properti tapi gak punya cukup bujet buat membeli di lokasi-lokasi strategis nan mahal seperti ciri-ciri di atas? Nah, lokasi-lokasi pinggiran Jakarta bisa jadi pilihan kamu nih. Misalnya saja kawasan Bogor, Depok, maupun Bekasi. Harga tanah, rumah, maupun apartemen di kota-kota ini terbilang lebih rendah ketimbang di kawasan-kawasan mahal di Jakarta. Jadi ya masih terjangkau lah, baik kalau beli secara kredit maupun cash.

Memang sih, letaknya gak begitu dekat dengan Jakarta sebagai pusat bisnis. Namun, kamu bisa memilih lokasi-lokasi tersebut buat membeli properti. Asal, cari lokasi yang mudah diakses dengan transportasi umum. Syukur-syukur, kalau kamu bisa dapat lokasi yang dekat dengan stasiun kereta atau akses jalan masuk ke tol yang menghubungkan dengan Jakarta. Jadi, ditinggali sendiri bisa, disewakan atau dijual kembali pun kamu gak akan kesulitan karena banyak peminatnya.

Demikianlah ciri-ciri lokasi terbaik yang cocok dijadikan tempat investasi properti. Nah, sebaiknya jadikan hal-hal tersebut pertimbanganmu ketika ingin memilih lokasi. Jangan salah pilih lokasi ya, karena investasi ini tergolong jangka panjang. Sayang kan kalau properti yang kamu beli tidak bisa memberikan keuntungan yang maksimal. (Editor: Ruben Setiawan)

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan