Jangan Sembarangan, Ini 2.900 Titik Resmi Penukaran Uang Kecil Bank Indonesia

2 menit
tukar uang receh
Bank Indonesia

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019, Bank Indonesia menyiapkan 2.900 titik penukaran uang pecahan kecil di seluruh Indonesia.

Penyediaan layanan penukaran ini guna menjawab kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil saat Hari Raya Idul Fitri. Bank sentral berupaya mempersiapkan hal yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya.

Sebab, biasanya uang pecahan kecil diperlukan masyarakat untuk bagi-bagi uang kepada anak-anak. Selain sanak saudara atau tetangga saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Nah, bagi kalian yang ingin menukarkan uang pecahan kecil ini, jangan khawatir ya. Selain bisa dilayani oleh bank, penukaran uang ini juga telah disediakan BI di 2.900 titik seluruh Indonesia. Penukaran dimulai 13 Mei 2019 hingga 1 Juni 2019.

“Bank Indonesia menyiapkan layanan penukaran uang di 2900 titik penukaran di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil),” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko.

Siapkan Mobil Kas Keliling

Selain itu, BI juga akan menyediakan fasilitas penukaran dengan menggunakan mobil kas keliling. Fasilitas ini dapat ditemui dipusat keramaian. Seperti kantor bank, kantir pemerintah, hingga jalur mudik.

Pada tahun ini, BI memprediksi kebutuhan uang kartal ini mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun lalu sebesar 13,5 persen, dan diperkirakan kebutuhan penukaran mencapai Rp 217,1 triliun.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, mengatakan, kenaikan kebutuha. uang kartal ini juga seiring dengan naiknya gaji para Aparatur Sipil Negara (ASN), periode waktu libur yang panjang, dan THR karyawan swasta.

Sementara itu, BI juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tidak sembarangan dalam menukarkan uang pecahan kecil.

Hal ini menghindari tindak kejahatan uang palsu yang marak terjadi jelang Lebaran dan juga untuk menjaga kualitas uang.

Adapun masyarakat diimbau agar selalu memperhatikan Ciri Keaslian Rupiah dengan Dilihat, Diraba dan Diterawang.

Selain itu juga mengetahui dan menjalankan Cara Merawat Rupiah dengan 5 Jangan yakni Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan