BUMN Buka 11.000 Lowongan Bersamaan, Cek Infonya di Sini!

3 menit
Lowongan BUMN. (Shutterstock)

Banyak pencari kerja yang mencari lowongan BUMN di internet. Karena, selain menjadi pegawai negeri sipil, menjadi pegawai BUMN juga menjadi salah satu cita-cita para pencari kerja. Bagaimana tidak, jenjang karier yang jelas dan pendapatan yang menggiurkan menjadi beberapa daya tarik deretan perusahaan pelat merah.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah lebih berhati-hati terhadap lowongan yang beredar di internet atau grup-grup pesan instan, karena gak sedikit hal tersebut menjurus ke penipuan-penipuan. Supaya gak tertipu selalu cek lowongan dari website resmi atau akun media sosial perusahaan BUMN yang kamu mau tuju.

Kabar bahagia datang bagi para pencari kerja tahun ini. Selain kabar pembukaan seleksi CPNS digelar pascapemilu, kabarnya bakal ada pembukaan lowongan BUMN dalam waktu dekat ini. Kabarnya sih ada ribuan posisi yang bakal dibuka oleh ratusan perusahaan.

Baca juga: Ini 3 Saham BUMN yang Bisa Kamu Beli dengan Harga di Bawah Rp 500 Per Lembar

Akan ada 11.000 lowongan pekerjaan

lowoongan bumn
Bakal ada 11.000 lowongan yang dibuka. (Shutterstock)

Dikutip dari Tempo, sejumlah perusahaan BUMN akan membuka 11.000 lowongan secara bersamaan. Dari jumlah tersebut, sebagian di antaranya juga diperuntukan untuk 1.000 penyandang disabilitas. Sementara itu, untuk jenjang pendidikannya gak cuman untuk lulusan S1 saja, tapi nanti juga akan dibuka bagi lulusan SMK, vokasi, dan pesantren.

Soal posisinya, itu tergantung dari masing-masing perusahaan BUMN. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang membuka lowongannya. Pada bulan lalu, PT PLN, dan PT KAI juga telah membuka lowongan untuk lulusan SMA dan Diploma. Untuk lowongan bersama nantinya, diperkirakan himpunan Bank BUMN akan ikut berpartisipasi.

Baca juga: Paling Diminati Jobseeker! Ini 5 BUMN yang Tawarkan Gaji Besar

Dalam rangka HUT BUMN

lowongan bumn
Sejumlah BUMN akan sama-sama melakukan rekrutmen dalam rangka HUT.

Lowongan kerja serempak dan besar-besaran ini ternyata dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-21 BUMN yang jatuh pada 13 April 2019. Proses rangkaian kegiatannya pun gak cuman pembukaan lowongan besar-besaran, tapi juga ada kegiatan bermakna lainnya. Di antaranya adalah program padat karya tunai.

Dikutip dari Tempo, program tersebut meliputi pembersihan lingkungan, penghijauan, normalisasi saluran air, pengerasan jalan, dan renovasi lingkungan. Padat karya pertama kali akan digelar pada tanggal 19 Maret 2019 di PT Telkom. Program ini akan digelar serempak di 35 kota di Indonesia dengan bayaran 1 juta per hari.

Gak cuman lowongan pegawai BUMN dan program padat karya, dalam rangkaian HUT BUMN itu juga akan diadakan peluncuran LinkAja. Sebuah aplikasi fintech milik BUMN untuk menyaingi popularitas OVO dan Go-Pay.

Baca juga: Mau Menggaji Pengangguran, Indonesia Udah Setaraf Negara-Negara Ini Belum ya?

Cek di laman resmi perusahaan BUMN masing-masing

lowongan bumn
Cek di halaman resmi BUMN.

Totalnya, ada sebanyak 143 perusahaan BUMN yang akan membuka lowongan secara bersamaan. Cara untuk mengeceknya, bisa langsung mengunjungi laman resmi perusahaan.

Tapi, Kementerian BUMN akan menyediakan website yang memuat daftar lowongan-lowongan yang dibuka. Website tersebut bisa dicek di rekrutbersama.fhcibumn.com.

Setelah mengetahui informasi tadi, sekarang kamu hanya tinggal perlu mempersiapkan lamaran dan rajin-rajin mengecek ke website resmi perusahaan BUMN yang kamu tuju. Ingat, biar lolos lowongan BUMN, daftarlah posisi yang benar-benar sudah kamu penuhi persyaratannya. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.