Lowongan CPNS Kembali Dibuka, Segera Siapkan Dokumen Ini

2 menit
Tes CPNS 2019 Segera Dibuka (Tempo)
Lowongan CPNS 2019 Segera Dibuka (Tempo)

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) resmi membuka lowongan CPNS tahun 2019. Rencananya, pendaftaran dimulai pada 11 November 2019 mendatang. 

Kepastian pendaftaran CPNS ini telah diumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Pada tahun ini pemerintah membuka lowongan CPNS untuk 68 kementerian dan lembaga negara, dan 462 pemerintah daerah. 

Tjahjo mengatakan, seperti pada rekrutmen sebelumnya, pendaftaran rekrutmen CPNS hanya dilakukan pada website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). 

Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. 

Kemudian, pada proses seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang telah terbukti menekan angka kecurangan dan percaloan. 

“Rencananya, SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Untuk selanjutnya, pengumuman terkait syarat pendaftaran dan lain-lain akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi masing-masing. 

Hati-hati Penipuan

Menteri PANRB mengimbau agar calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan adanya penipuan terkait seleksi CPNS 2019.  

Menurutnya, tidak ada pihak manapun yang dapat membantu dan menjamin kelulusan pelamar dalam seleksi CPNS 2019.

“Tidak ada satu orang atau pihak manapun tegas bisa membantu kelulusan,” tegas Menteri Tjahjo. 

Siapkan Dokumen Penting

Sementara itu, bagi masyrakat yang  berminat sebaiknya menyiapkan berbagai dokumen persyaratan pendaftaran agar nantinya ketika mendaftar tidak lagi mencari-cari dokumen.

Adapun berkas yang harus disiapkan adalah akta kelahiran, KTP, ijazah, kartu keluarga (KK), termasuk foto ukuran 4×6.

Penting untuk diingat, semua berkas harus di scan dan memiliki kapasitas maksimal 200 KB agar bisa disimpan secara digital dan memudahkan saat proses pendaftaran.

Pertama, Siapkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, syarat wajib pelamar CPNS harus bersih dari catatan hukum.

“Tidak boleh punya catatan hukum atau catatan kriminal apapun, CPNS akan menjadi pelayan masyarakat perekat NKRI, jadi harus bersih total,” ujar Ridwan kepada Moneysmart.id.

Jika pelamar belum punya SKCK, berarti wajib ya bikin dari sekarang, bisa datang ke Polsek atau Polres terdekat dari domisili atau Polda di masing-masing daerah untuk membuat SKCK. Kemudian, bisa juga memanfaatkan pendaftaran SKCK online yang tersedia.

Kedua, Siapkan Scan Foto Pelamar

Bagi calon pelamar CPNS diwajibkan menyiapkan scan foto formal dengan background atau latar belakang foto berwarna merah.

Foto terbaru penting nih bagi pelamar, jangan sampai foto sudah bertahun-tahun masih dipakai, siapa tahu dengan foto baru, tampilang lebih fresh dan membawa keberuntungan.

Ketiga, Siapkan Scan Ijazah dan Transkrip Nilai

Bagi pelamar CPNS, jangan lupa ya siapkan dokumen vital satu ini, yakni scan Ijazah dan juga transkrip nilai untuk keperluan mendaftar.

Caranya mudah, tinggal download aplikasi scanner pada smartphone.

Jika bingung bisa minta bantuan teman yang punya scanner atau juga segera ke tempat pelayanan atau jasa foto copy, biasanya ada yang melayani scan dokumen.

Keempat, Siapkan Surat Lamaran

Surat satu ini penting banget buat daftar CPNS, ini bisa menjadi bukti keseriusan kamu dalam proses menjadi abdi negara.

BKN menyarankan, surat lamaran dibuat dengan menggunakan tulisan tangan kemudian di scan untuk di upload ke situs pendaftaran CPNS.

“Scan surat lamaran tulisan tangan saja,” kata Ridwan.

Jangan lupa ya, semua dokumen disiapkan fisiknya dan juga digitalnya atau bentuk soft copy, agar nanti saat pendaftaran bisa dengan mudah ditemukan untuk di upload.

Siapkan dokumen digital dalam satu folder di laptop atau gadget, sebagai cadangan simpan juga dalam flash disk.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.