Perusahaan BUMN Ini Buka Lowongan Buat Lulusan SMP, Minat?

3 menit
lowongan kerja bumn ppd
Salah bus yang dioperasikan Perum PPD. (Instagram/@perumppd)

Melamar lowongan kerja BUMN lantas diterima pastilah menggembirakan. Salah satu yang menjadi daya tarik kerja di perusahaan pelat merah tentunya adalah gaji yang besar. Tapi, sayangnya untuk masuk dan lolos diterima kerja bukanlah perkara mudah, persaingannya terlalu ketat dan sulit.

BUMN sudah menjadi incaran yang didambakan para pencari kerja selain PNS. Karena selain gaji, bakal ada banyak keuntungan yang didapat para karyawan BUMN. Selain jenjang karier yang jelas, karyawan BUMN juga sering memperoleh bonus tambahan yang super besar, hingga kesempatan mendapatkan beasiswa dari perusahaan.

Setiap tahunnya pasti ada saja lowongan BUMN yang dibuka. Kamu hanya perlu lebih jeli lagi menangkap info-info tersebut. Kalau gak update, bisa-bisa kesempatan kerjamu bakal direbut orang. Lowongan yang diberikan pun beragam, ada yang khusus lowongan untuk lulusan SMA, S1, S2, sampai S3. Persaingannya pun tentu sangat berat, karena banyak juga yang tergiur dengan gaji besar.

Baru-baru ini pada bulan Maret dan April 2019, beberapa BUMN serempak membuka lowongan kerja bersama. Total ada 11.000 posisi yang dibuka, yang daftar mencapai 100.000 orang lebih. Bayangkan betapa antusiasnya pencari kerja memperebutkan posisi di BUMN.

Rata-rata membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA/SMK dan S1. Lantas bagaimana dengan lowongan kerja BUMN untuk lulusan SMP?

Baca juga: BUMN Buka 11.000 Lowongan Secara Bersamaan, Cek Infonya di Sini

Lowongan kerja BUMN untuk lulusan SMP jadi pengemudi bus

lowongan kerja bumn ppd
Bus PPD. (Instagram/@perumppd)

Bagi semua orang, tak terkecuali para lulusan SMP, berhak untuk bermimpi mendapatkan pekerjaan di BUMN. Jadi BUMN bukan hanya terbuka untuk lulusan SMA/SMK atau S1 saja, melainkan juga ada yang membuka lowongan untuk mereka yang berijazah SMP. Salah satunya adalah BUMN di sektor transportasi yaitu Perum PPD.

Dilihat dari Instagram resminya, Perum PPD tengah membuka lowongan kerja BUMN untuk lulusan minimal SMP. Posisi yang ditawarkan adalah untuk pengemudi bus. PPD sendiri merupakan salah satu BUMN yang mengoperasikan bus umum di berbagai rute Jabodetabek. Mereka juga menjadi bus operator Trans Jakarta dan Trans Jabodetabek.

Baca juga: 110 BUMN Buka Lowongan, Waktunya Terbatas Lho!

Kualifikasi untuk melamar

lowongan kerja bumn ppd
Jok penumpang Bus PPD. (Instagram/@perumppd)

Layaknya lowongan kerja lainnya, lowongan kerja BUMN ini juga memiliki kualifikasi yang harus dipenuhi. Berikut ini kualifikasi yang harus dipenuhi pelamar.

  • Pria/Wanita
  • Usia minimal 22 tahun dan maksimal 46 tahun
  • Memiliki Surat Izin Mengemudi B2 Umum
  • Pendidikan minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Bebas narkoba
  • Tidak buta warna

Baca juga: Ada yang Rp 80 Miliar, Segini Total Harta Bos-Bos BUMN di Bidang Konstruksi

Persyaratan yang harus dipenuhi

lowongan kerja bumn ppd
Bus Transjabodetabek. (Instagram/@perumppd)

Setelah kamu merasa memenuhi kriteria kualifikasi tersebut, perhatikan pula persyaratannya. Persyaratan-persyaratan ini harus kamu serahkan ke mereka sebagai alat untuk mengkualifikasi.

  • Pas photo 4×6 (3 lembar)
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku
  • Fotokopi SIM B2 Umum
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir
  • Surat keterangan sehat dari RS pemerintah dan keterangan tidak buta warna dari RS pemerintah
  • Surat keterangan bebas narkoba dari RS pemerintah
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat pengalaman kerja (kalau ada)
  • Surat keterangan domisili (RT/RW) setempat

Jangan sepelekan persyaratan-persyaratan di atas ya. Karena kalau gak lengkap salah satu, bisa-bisa kamu gak bakal lolos administrasinya.

Baca juga: Gaji Capai Ratusan Juta per Bulan, Ini Daftar 5 Bos BUMN Berharta Ratusan Miliar Rupiah!

Pengiriman berkas

lowongan kerja bumn ppd
Bus JR Connexion. (Instagram/@perumppd)

Setelah berkas persyaratan tersebut telah kamu kumpulkan dan lengkapi, langsung kirim ke Bagian Personalia Perum PPD, Jalan Mayjen D.I Panjaitan No. 1 Cawang – Jakarta Timur, DKI Jakarta. Kalau mau lebih praktis, kamu juga bisa mengirimkan lewat email ke [email protected] dan [email protected].

Keterangan lebih lanjut mengenai lowongan kerja BUMN ini kamu bisa menghubungi contact person-nya di Eka Anggoro: 0895322663301, atau Dewi: 087865542521. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.