Lulusan SMA? Coba Isi 5 Posisi di Perusahaan Top Amerika seperti Apple

4 menit
Technical support specialist termasuk salah satu lowongan kerja lulusan SMA (iboxindonesia)

Banyaknya kebutuhan tenaga kerja membuat lowongan kerja lulusan SMA menjadi cukup beragam. Kini, baik SMA maupun yang telah memegang gelar sarjana, sama-sama bisa mendapatkan akses besar ke lapangan pekerjaan.

Sekadar diketahui, gelar memang bukanlah penentu kesuksesan, melainkan hanya sebagai penunjang menuju ke sana. Banyak kok contoh-contoh orang yang bisa sukses tanpa harus meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Sebut saja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang hanya lulusan SMP, tetapi berhasil menjadi nelayan sukses dan pemilik perusahaan penerbangan yang diberi nama Susi Air.

Hingga akhirnya, Susi berhasil menduduki posisi penting sebagai menteri Kelautan dan Perikanan era Presiden Jokowi.

Kisah Susi Pudiiastuti tentu memberikan inspirasi kepada kita bahwa sukses bisa diraih dari manapun. Gak terbatas tentang pendidikan, tapi soal kerja keras, keuletan dalam meniti karier, dan pengembangan potensi di dalam diri.

Nah, buat kamu yang gak kuliah, mungkin berpikiran lowongan kerja lulusan SMA sangat terbatas dan tak sebesar anak-anak S1. Namun, sekali lagi, yang menentukan adalah kerja keras serta potensi yang dimiliki.

Kalau kamu pintar dan memiliki bakat, tanpa gelar sarjanapun kamu bisa mendapatkan pekerjaan-pekerjaan di perusahaan teknologi top seperti Google dan Apple.

Tim Cook, CEO Apple bahkan menyebut hampir setengah pegawainya tidak memiliki gelar sarjana. Untuk semakin membuatmu termotivasi, berikut beberapa pekerjaan di Amerika Serikat yang gak memerlukan gelar sarjana seperti dikutip dari Businessinsider:

1. Konsultan ritel

Lowongan kerja lulusan SMA
Konsultan ritel salah satu lowongan kerja lulusan SMA (Pixabay)

Berdasarkan data LinkedIn yang dikutip oleh Businessinsider, sebanyak 7,8 persen konsultan ritel di perusahaan top di Amerika Serikat tidak memiliki gelar sarjana. Sebagian perusahaan konsultan ritel membuka lowongan kerja lulusan SMA untuk posisi ini.  

Konsultan ritel bertugas untuk merekomendasikan informasi lokasi yang strategis, kebijakan toko, kebutuhan, hingga pelatihan bagi mereka-mereka yang berencana untuk membuka ritelnya sendiri.

Dalam menjalankan tugasnya, konsultan ritel hanya mengandalkan wawasan yang mereka punya.

Tujuan utama dari pekerjaan ini adalah mampu membantu para pengusaha ritel untuk meningkatkan penghasilan mereka dengan signifikan berdasarkan aspek-aspek yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Mencari Pekerjaan Baru di Januari? Ini Alasannya

2. Chef

Lowongan kerja lulusan SMA
Chef salah satu lowongan kerja lulusan SMA (Pixabay)

Chef atau juru masak merupakan salah satu profesi bergengsi. Ternyata banyak lowongan kerja lulusan SMA untuk posisi ini.

Di Amerika Serikat, 24,9 persen chef tidak memiliki gelar sarjana sama sekali. Meski kini sudah banyak kampus-kampus yang menawarkan jalan pintas menjadi koki andal.

Tapi, kalian semua tentu tahu bahwa gelar memang bukanlah satu-satunya penentu menjadi juru masak yang sukses. Karena yang paling terpenting adalah pengetahuan tentang masakan, dan keahlian dalam mengolah rasa.

Banyak kok chef di Indonesia yang gak memegang gelar sarjana. Sebut saja Chef Juna dia menjadi ahli memasak hingga kini tanpa gelar sarjana koki. Awalnya, dia hanya menjadi seorang pelayan di restoran hingga menjadi pembantu koki di Amerika Serikat.

Berkat pengalamannya itulah yang membuat kemampuan mengolah masakannya semakin meningkat hingga kini menjadi chef profesional.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan Kerja, Pelamar Wajib Bikin VLOG

3. Technical support specialist

Lowongan kerja lulusan SMA
Technical support specialist termasuk salah satu lowongan kerja lulusan SMA (iboxindonesia)

Salah satu lowongan kerja lulusan SMA di perusahaan top seperti Apple, Samsung, dan lain-lainnya adalah posisi technical support specialist.

Mungkin posisi tersebut sedikit rumit untuk dimengerti, kalau kamu pernah melihat, pekerja yang berdiri di gerai resmi Apple atau merek lainnya, itulah mereka.

Mereka memiliki tugas membantumu memahami sebuah produk yang mereka jual. Misalnya kamu ke Ibox, pastinya langsung disamperin mereka untuk kemudian menanyakan produk apa yang kamu cari.

Dengan senang hati mereka akan menjelaskannya mulai dari spesifikasi, keunggulan, hingga harganya. Keberadaan mereka sangat membantu dalam hal menentukan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bagaimana bisa mereka mengetahui produk tersebut tanpa background kuliah teknologi atau sejenisnya?

Biasanya, sebelum masuk bekerja, mereka akan diberikan pelatihan terkait dengan pengenalan produk yang dijual. Jadi pada saat terjun ke pelanggan, mereka sudah paham dan mampu menjelaskan dengan rinci sesuai SOP yang ditentukan perusahaan.

4. Kasir

Lowongan kerja lulusan SMA
Kasir termasuk lowongan kerja lulusan SMA (Pixabay)

Selain technical support specialist, lowongan kerja lulusan SMA yang mungkin ada di perusahaan-perusahaan top seperti Apple dan lainnya adalah petugas kasir.

Kamu gak perlu pendidikan tinggi untuk bisa mengisi posisi satu ini. Yang dibutuhkan paling utama adalah kejujuran, dan ketelitian.

Di Amerika Serikat, sebanyak 11,7 persen petugas kasir di perusahaan top tidak memiliki gelar sarjana.

5. Customer service

Lowongan kerja lulusan SMA
Customer service termasuk lowongan kerja lulusan SMA (Pixabay)

Siapa sangka, posisi customer service di Amerika Serikat gak terlalu membutuhkan gelar sarjana. Keahlian yang harus dimiliki hanya keahlian berkomunikasi dengan baik terhadap para pelanggan.

Sekadar diketahui, kuliah empat tahun belum tentu menjamin kamu pandai berkomunikasi, sekalipun kamu kuliah di jurusan komunikasi lho! Karena itu, sebanyak 10,8 persen customer service di perusahaan teknologi top tidak memiliki.

Itulah 5 posisi di perusahaan-perusahaan top di Amerika Serikat seperti Apple yang membuka lowongan kerja lulusan SMA.

Data dari LinkedIn ini membuktikan pendidikan bukanlah satu-satunya jalan untuk bekerja di tempat top. Karena yang utama adalah keahlian, kerja keras, sampai pengalaman. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan