Karya Leonardo da Vinci Terjual Rp 6,3 Triliun, Ini 5 Lukisan Termahal di Dunia

3 menit
Patung Leonardo da Vinci yang berada di Perancis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak karya-karya pelukis ternama di dunia karyanya akhirnya menjadi sebuah lukisan termahal ketika dijual atau masuk ke balai lelang. Karya Leonardo da Vinci terbilang karya lukisan termahal nilainya menyentuh angka Rp 6,3 triliun.

Buat orang yang kurang mengerti tentang nilai suatu karya seni  tentu bertanya-tanya apa keistimewaan dari sebuah lukisan di mana harganya mencapai triliunan rupiah tersebut. Padahal uang segitu bisa digunakan buat ribuan kegiatan lainnya yang lebih menyenangkan.

Contohnya seperti membeli rumah, mengoleksi mobil atau bahkan jalan-jalan ke luar negeri. Dibandingkan sekedar memandangi lukisan di rumah aja yang sepertinya membosankan. Kamu pilih yang mana?

Lukisan memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya, makna dalam sampai proses yang rumit menjadi beberapa faktor harga sebuah lukisan bisa terlampau sangat mahal. Siapa yang menggambar juga ikut berkontribusi atas nilai jualnya.

Daripada  berlama-lama lagi mending langsung aja simak yuk, 5 deretan lukisan termahal dunia yang pernah dibuat untuk pelukis dunia berikut ini:

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

1. Salvator Mundi, Leonardo da Vinci – Rp 6,3 triliun

Lukisan termahal
Dijual mencapai triliunan rupiah, ini wujud lukisan Leonardo da Vinci, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Work and Money, lukisan yang diberi nama Salvator Mundi dilukis oleh pelukis terkenal Leonardo da Vinci pada tahun 1500-an. Isi gambar ini adalah sosok Tuhan Yesus yang tengah memegang bola kristal.

Berhasil dijual pada tahun 2017 di balai lelang Christie di New York, Amerika Serikat sebesar Rp 6,3 triliun. Asal kamu tahu yang berhasil membawa pulangnya adalah putra kerajaan Arab Saudi yakni Mohammed bin Salman. Beruntung banget, ya?

Baca juga: Mobil Ford Klasik Bekas Tangan Marilyn Monroe Dibanderol Rp 7 Miliar

2. Interchange, Willem de Kooning – Rp 4,2 triliun

Lukisan termahal
Lukisan dengan wujud abstrak ini dijual dengan harga triliunan rupiah, (Workandmoney.com).

Selanjutnya di urutan kedua lukisan karya pria berdarah Belanda-Amerika yakni Willem de Kooning bernama Interchange yang dibuat tahun 1955. Gambar abstrak ini terinspirasi oleh lingkungannya ketika tinggal di New York.

Oleh the David Geffen Foundation dijual sebsesar Rp 4,2 triliun di tahun 2015 dan berhasil dibawa pulang oleh miliarder Kenneth C. Griffin.

Baca juga: Belum Genap 30 Tahun, Ini Kisah Katie Bouman di Balik Potret Lubang Hitam

3. The Card Player, Paul Cezanne – Rp 3,5 triliun

Lukisan termahal
Lukisan dijual Rp 3,5 triliun ini dibeli miliuner, (Ilustrasi/Shutterstock).

Paul Cezanne merupakan pelukis asal Perancis yang berhasil menciptakan lukisan termahal ketiga yaitu The Card Player di tahun 1890-an. Seperti namanya, lukisan ini menggambarkan 2 orang yang tengah bermain kartu.

Pemilik dari gambar ini adalah keluarga kerajaan Qatar yang membelinya di tahun 2011 dengan nominal sebesar Rp 3,5 triliun.

4. Nafea Faa Ipoipo, Paul Gauguin – Rp 2,9 triliun

Lukisan termahal
Lukisan dijual Rp 2,9 triliunan karya pelukis dunia, (Instagram/@anne_dern).

Selesai digambar pada tahun 1892 oleh Paul Gauguin, lukisan yang satu ini menceritakan 2 wanita asli suku di negara Tahiti. Pengertian dari nama gambar ini adalah “Kapan Kamu Mau Menikah?”.

Lagi-lagi orang dari Qatar yang berhasil membelinya bernama Sheikha Al-Mayassa seharga Rp 2,9 triliun.

5. Number 17A, Jackson Pollock – Rp 2,8 triliun

Lukisan termahal
Lukisan Rp 2,8 triliun ini karya pelukis dunia, (theartstack.com).

Urutan terakhir lukisan termahal di dunia ada Number 17A karya pelukis asal Amerika Serikat Jackson Pollock. Gambarnya abstrak banget, bahkan masuk dalam lukisan paling abstrak di abad ke 20.

Tapi yang bikin bingung miliarder Kenneth C. Griffin kembali membelinya dengan harga mencapai Rp 2,8 triliun. Heran deh!

Gimana, menurut kamu hasil karya seni itu layak gak masuk ke daftar lukisan termahal di dunia saat ini? Daripada beli lukisan mending uangnya diinvestasikan atau dibuat usaha supaya lebih menguntungkan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan