Gak Usah Keki Kalau Lupa Nomor Rekening! Gini 5 Cara Mudah Mengetahuinya

4 menit
Cara mudah mengetahui nomor rekening yang kelupaan. (Shutterstock)
Cara mudah mengetahui nomor rekening yang kelupaan. (Shutterstock)

Nomor rekening menjadi salah satu hal penting yang bisa dibilang kini sudah dimiliki oleh semua orang. Tujuannya ya apalagi kalau bukan untuk memudahkan kamu dalam melakukan transaksi.

Lagipula repot gak sih kalau hari gini gak punya rekening? Masa iya setiap gajian harus ngantri panjang menunggu uang gaji diberikan seperti zaman dulu.

Dengan adanya rekening, kamu tinggal duduk manis dan fokus kerja. Sementara uang gaji akan ditransfer langsung ke rekening kamu. Gak cuma itu aja, kamu juga gak perlu tuh bawa uang tunai banyak-banyak. Selain rawan jambret, udah pasti bakal cepat habis.

Jadi, memang nomor rekening itu penting. Angka-angkanya pun gak boleh ada yang salah walaupun cuma satu, kalau salah yang ada transferan uang nyasar entah kemana.

Seperti namanya, nomor rekening itu terdiri dari kumpulan nomor atau angka acak. Karena penting, banyak orang yang memilih untuk menghafal atau menyimpannya di handphone.

Tapi nyatanya gak sedikit orang yang lupa dengan nomor rekeningnya sendiri dan ujung-ujungnya keki sendiri. Kenapa keki? Ya barangkali aja, ada teman yang tadinya mau bayar utang, jadi ketunda gegara lupa.

Gak usah bete dan kesal sendiri. Karena kali ini MoneySmart.id ingin memberikan cara mudah untuk mengetahui nomor rekeningmu. Gimana caranya? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Miris, Orang Indonesia Banyak yang Belum Punya Rekening Bank

1. Buku tabungan

nomor rekening
Lihat di buku tabungan. (Shutterstock)

Saat ada teman yang ingin transfer dan kamu lupa nomor rekening, biasanya banyak orang yang jadi keki sendiri. Mereka gak terpikirkan kalau mereka bisa mengetahui nomor rekening dari buku tabungan.

Di buku tabungan itu terdapat catatan saldo, mulai dari debit, kredit hingga nomor rekening. Untuk nomor rekening sendiri biasanya terletak di balik cover buku tabungan

Tapi gak sedikit orang yang menyimpan buku tabungan di rumah karena takut hilang. Gak perlu khawatir, karena masih ada cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor rekening seperti di bawah ini.

Baca juga: Gratis Transfer ke Semua Bank, Ini Cara Mudah Buka Rekening Digibank

2. Mesin ATM

nomor rekening
Lewat ATM. (Pixabay)

Selama ini orang umumnya hanya mengetahui kalau fungsi mesin ATM itu adalah untuk melakukan penarikan uang tunai, transfer uang, melakukan pembayaran tagihan, setor tunai dan lain sebagainya.

Cara kerjanya pun mudah, kamu hanya perlu memasukkan kartu ATM, ketik nomor PIN dan memilih jenis transaksi yang ingin dilakukan.

Selain beberapa fungsi di atas, ATM juga bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor rekening lho. Gimana caranya?

Kamu bisa memilih menu Mutasi Rekening, dari situ kamu dapat melihat history transaksi keuangan kamu. Nah, disitu terdapat nomor rekeningmu. Jadi, jangan lupa untuk langsung dicatat ya.

Baca juga: Kasih Banyak Keuntungan! Gini Lho Cara Mudah Buka Rekening Jenius

3. Internet dan mobile banking

nomor rekening
Lihat lewat mobile banking atau internet banking. (Pixabay)

Di era digital, kini banyak orang yang sudah menggunakan layanan bank yaitu internet dan mobile banking karena dinilai sangat memudahkan dan membantu.

Jadi, kamu udah gak perlu repot kan tuh jalan ke ATM saat ingin melakukan transfer atau membayar berbagai tagihan.

Selain itu, kamu hanya perlu smartphone dan internet untuk bisa mengakses layanan internet dan juga mobile banking.

Buat kamu yang lupa nomor rekening, kamu bisa mengetahuinya lewat internet dan mobile banking. Untuk internet banking, saat kamu login, terdapat menu informasi rekening di halaman utama dan begitu juga halnya dengan mobile banking.

4. Call center

nomor rekening
Hubungi call center. (Pixabay)

Tapi gimana buat yang gak punya internet maupun mobile banking dan mager buat jalan ke ATM karena jaraknya lumayan jauh?

Gak perlu khawatir, kamu bisa kok mengetahui nomor rekening kamu dengan cara menghubungi pihak call center bank tempat kamu menyimpan uang.

Misalnya, Bank BCA, kamu bisa langsung menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Namun, sebelumnya pihak call center akan menanyakan terlebih dahulu informasi tentang nasabah untuk mencegah dari penipuan atau pembobolan rekening.

Setelah data sesuai, pihak call center akan memberikan nomor rekening sesuai yang kamu minta.

5. Bank terdekat

nomor rekening
Kunjungi bank terdekat. (Pixabay)

Jika beberapa cara di atas tidak bisa dilakukan, salah satunya ya dengan mendatangi bank terdekat tempatmu menyimpan uang.

Bisa saja buku tabungan hilang dan ponsel kamu rusak atau hilang. Kamu tinggal menanyakan langsung ke pihak customer service. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) agar proses validasi data berjalan dengan lancar dan cepat.

Itu dia lima cara mudah untuk mengetahui nomor rekening yang terlupakan. Jadi, sekarang udah gak perlu bingung lagi kan? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan