Setahun, Orang Jakarta Habiskan 63 Jam Kena Macet

2 menit
Jakarta Terkenal Macet (Shutterstock)
Jakarta Terkenal Macet (Shutterstock)

Menurut CNN, pengguna kendaraan di Jakarta diperkirakan menghabiskan waktu 63 jam saat macet setiap tahunnya. Ha ini menjadikan Jakarta beberapa kali dinobatkan sebagai salah satu kota termacet di dunia.

Nggak hanya di Jakarta, kemacetan juga menjadi pemandangan umum di kota-kota besar lainnya. Sebuah lembaga riset dan perusahaan transportasi berbasis di Inggris pada 2018 melansir, 14 kota di Indonesia memiliki problem kemacetan.  

Bandung menjadi kota paling macet setelah Jakarta. Pengguna kendaraan menghabiskan waktu 46 jam dalam kemacetan setiap tahunnya. Tidak hanya di Jawa, kota-kota di luar Jawa seperti Denpasar, Pontianak, dan Medan juga memiliki kesamaan.

Secara umum, rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna kendaraan di 15 kota di Indonesia mencapai 51 jam. Kemacetan tentu saja membuat durasi berkendara semakin lama.

Juga dalam menggunakan fitur-fiturnya seperti mendengarkan musik atau radio. Klakson dan starter juga kerap digunakan dalam perjalanan berkendara secara normal.

Fungsi Aki Krusial di Indonesia

Fungsi-fungsi itu sangat dipengaruhi oleh aki, sehingga fungsi aki terbilang vital walaupun terlihat sepele. Namun ternyata survei yang dilakukan oleh produsen aki NS Battery menunjukkan 7 dari 8 orang tidak merencanakan produk aki yang mereka beli.

Konsumen juga nggak tahu persis kapan harus mengganti aki. Konsumen biasanya tidak menghiraukan kondisi aki setelah mereka membelinya. Mereka baru akan memikirkan kondisi aki setelah terjadi masalah pada aki mereka.

Tentu saja ini akan menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara. Kendati tidak hirau dengan kondisi aki, ternyata 53 persen konsumen menginginkan produk aki yang tahan lama.

Menjawab permasalahan tersebut, PT. Nipress Energi Otomotif (NS Battery) kemudian meluncurkan produk aki NS Tiger. Diluncurkan April 2019, aki NS Tiger untuk mobil penumpang menjadi yang pertama di Indonesia dalam memberikan garansi resmi 36 bulan. Garansi yang diberikan langsung oleh pabrik.

“Peluncuran aki NS Tiger merupakan komitmen non-stop dari NS Battery untuk menjawab kebutuhan pasar. Kini berkendara bukan lagi hanya mementingkan fungsi, namun juga kenyamanan dari berbagai aspek,” jelas Richard Tandiono, Presiden Direktur PT. Nipress Energi Otomotif.

Di awal semester II 2019, NS Battery akan menambahkan layanan pendukung notifikasi periode garansi untuk konsumen. Notifikasi ini didesain untuk membantu mengingatkan konsumen bahwa periode garansi resmi aki NS yang mereka beli sudah habis. 

“Hal ini dapat menghindarkan konsumen dari ketidaknyamanan akibat aki mobil mati pada saat habisnya periode garansi,” jelas Richard.

“Dengan melakukan registrasi secara online, layanan pelanggan NS Battery dan NS Care tetap bisa melayani konsumen meskipun konsumen lupa menaruh kartu garansi,” ujar Charles Jhonatan Onasis Sianipar, Brand Marketing Section Head PT. Nipress Energi Otomotif.

 

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!