8 Perusahaan yang Berani Gaji Anak Magang Sampai Ratusan Juta, Kamu Tertarik?

5 menit
Anak magang (Ilustrasi by Unplash).

Magang bisa menjadi alternatif bagi anak muda untuk mengenal dunia kerja. Di Indonesia, magang bisa dilakukan saat masih kuliah atau baru lulus kuliah.

Dengan magang, kamu bisa mendapatkan hal-hal baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya selama kuliah. Tapi gak jarang karyawan magang itu sering dikait-kaitkan dengan mitos yang beredar. Misalnya, karyawan magang hanya menjadi pesuruh.

Anak magang sering diorientasikan sebagai karyawan yang rela disuruh apa saja, fotokopi, bikin kopi atau hal-hal lainnya. Meskipun ada tapi gak semuanya seperti itu kok.

Terus, ada juga kalau anak magang menjadi bahan bully karyawan senior alias yang full time. Ya ini gak cuman magang doang, kadang kalau kamu karyawan baru masuk ada aja yang usilin kamu. Kalau ngusilinnya udah kelewat batas, kamu laporin aja.

Dan lagi, karyawan magang tidak digaji. Nah ini, beberapa perusahaan memang umumnya tidak menggaji anak magang, padahal kamu sudah berusaha bekerja layaknya karyawan. Tapi perusahaan top dunia ini justru menggaji karyawan magang dengan bayaran fantastis lho.

Bahkan, jika dibandingkan dengan gajimu di perusahaan sebagai karyawan tetap, masih lebih besar gaji anak magang disana. Perusahaan apa saja sih? Yuk kita lihat dikutip dari glassdoor.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

1. Google, US$ 6.000

Google (Pexels).

Google, perusahaan raksasa pencarian internet ini ternyata menggaji karyawan magangnya dengan gaji fantastis. Magang di sana kamu bakalan dapat gaji sebesar US$ 6.000 per bulannya, kalau di rupiahkan Rp 84.255.000!

Magang di sini, kamu akan diajarkan berbagai hal. Misalnya kamu masuk ke divisi marketing, kamu bakalan diajarkan semuanya tentang penjualan, pemasaran, hingga ke operasional karyawan.

Tujuannya biar kamu dapat pengetahuan tentang tantangan yang ada di dunia kerja dan bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam mencari solusi di pekerjaanmu nanti.

Google sendiri mendapatkan pendapatan yang luar biasa di triwulan pertama 2018, sekitar lebih dari Rp 400 triliun. Wah pantas saja berani gaji karyawan magang segede itu ya

2. Yahoo, US$ 6.080

Yahoo

Yahoo diketahui juga rajin membuka lowongan magang buat mahasiswa nih. Lowongan dibuka rata-rata saat libur musim panas sekitar Juni-September.

Di sini, liburanmu bakalan lebih bermakna karena anak magang akan diberikan pengetahuan utama tentang kehidupan kerja di Yahoo.

Gajinya sebesar US$ 6.080 per bulan, gak beda jauh sama Google, kalau dirupiahkan Rp 85.402.720. “Orang-orang hebat, bayaran besar, fasilitas luar biasa, dan kesempatan belajar hebat secara keseluruhan,” testimoni dari mantan karyawan magang Ad Operations.

Yahoo tapi kan popularitasnya mulai tergerus ya? Kok masih berani keluar duit banyak sih?

Baca juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Murah Terbaik yang Bisa Dipilih

3. Bloomberg L.P, US$ 6.400

Bloomberg

Perusahaan media finansial asal Amerika Serikat ini juga turut menggaji karyawan magang dengan besaran yang fantastis. Sebelum bisa menjadi karyawan magang, kamu harus melewati sejumlah tahapan tes dan training yang ketat.

Setelah lolos kamu bakalan langsung diajak terlibat dalam sejumlah proyek penelitian penting.

Tim Bloomberg gak cuma diam saja lho, mereka nanti bakalan menilai performamu dan memberikan saran ke mana kamu cocoknya berkarier. Jika beruntung, tak menutup kemungkinan kamu bakalan diangkat menjadi karyawan tetap.

Magang di sini gajinya US$ 6.400, kalau dirupiahkan menjadi Rp 89.897.600 per bulannya.

4. Apple, US$ 6.400

Apple
Apple

Perusahaan Steve Jobs ini berani membayar karyawan magang sebesar US$ 6.400 atau Rp 89.897.600 per bulannya.

Tapi kamu bakalan diberikan beban kerja yang gak beda jauh sama karyawan full time. Kamu di sana bakalan langsung diterjunkan ke proyek-proyek strategis Apple baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia.

Wah enak banget ya, udah kerja di perusahaan bergengsi, berkesempatan keliling dunia lagi. Jangan-jangan, kelar magang dapat semua produk Apple terbaru secara cuma-cuma.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

5. Amazon, US$ 6.400

jeff bezos
Pilihan cabut sebagai wakil direktur di sebuah perusahaan malah jadi bos kaya (nytimes)

Perusahaan retail internasional besutan Jeff Bezos ini bakalan memberikan banyak pengalaman berharga buat karyawan magang.

Program magangnya memiliki beberapa modul pelatihan dengan metode pembelajaran yang asyik. Jadi di sini kamu bisa mengeksplorasi bakat kamu dan tentunya menjelajah cara kerja Amazon.

Kamu bakalan diterjunkan ke beberapa proyek hingga akhirnya melakukan presentasi ke senior dan manajer. Gajinya, sama kaya Apple dan Bloomberg, US$ 6.400 atau Rp  89.897.600 per bulannya.

6. ExxonMobil, US$ 6.507

ExxonMobil

Magang di perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat ini banyak keuntungannya. Ketika kamu keterima dan berhasil resmi jadi karyawan magang, kamu langsung bakal dapat tugas tapi juga bimbingan dari karyawan ExxonMobil yang berkompeten.

Kamu akan mendapatkan bayaran yang fantastis senilai US$ 6.507 per bulannya atau Rp 91.400.575.

7. Microsoft, US$ 7.100

Microsoft

Microsoft selalu membuka program magang selama 12 minggu di musim panas. Tapi rata-rata lowongannya hanya untuk anak teknik aja nih, teknik komputer dan teknik elektro.

Magang di perusahaan Bill Gates ini bakal bikin kamu kaya mendadak, per bulannya kamu akan diupahi US$ 7.100 kalau dirupiahkan mencapai Rp 99.730.150, hampir Rp 100 juta per bulan!

8. Facebook, US$ 8.000

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Nah yang terbesar dan tertinggi itu magang di Facebook. Gaji yang kamu terima seandainya kamu keterima magang di platform media sosial satu ini adalah US$ 8.000 atau senilai Rp 112.372.000.

Facebook menawarkan lingkungan kerja yang terbuka buat seluruh karyawan dari seluruh latar belakang budaya, dengan mentor yang berkompeten kelas dunia. Kalau kamu magang di sini, kamu gak hanya dapat ilmu dalam bekerja, tapi kamu juga bakal meningkatkan rasa toleransimu lho.

Itu tadi beberapa perusahaan yang menawarkan gaji yang menggiurkan bagi karyawan magang. Tentunya, gaji sebesar itu tidak bisa kamu dapatkan dengan serta merta. Kamu harus melewati serangkaian seleksi yang berat pastinya.

Tapi sebenarnya, magang itu tidak hanya soal gaji, kamu merasa percuma kerja magang tapi gak digaji? Kamu kayaknya kudu lebih bersyukur lagi deh. Gaji itu cuman penyemangat doang kok, karena kamu bakalan dapat pengalaman yang lebih berharga ketimbang gaji.

Dengan magang, kamu bisa dapat ilmu baru tentang dunia kerja yang gak bisa kamu dapatkan saat kuliah. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!