Bosan Santap Gorengan Terus? Ini 5 Menu Murah Makanan Bernutrisi buat Berbuka

3 menit
Makanan bernutrisi
Bosan Makan Gorengan Terus? Ini 5 Menu Murah Makanan Bernutrisi buat Berbuka, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buka puasa dengan makan gorengan lagi? Gak sehat lho. Sajian berbuka itu sebaiknya adalah makanan-makanan bernutrisi yang pada dasarnya emang baik bagi tubuh.

Kamu tentunya udah tahu kalau seringkali mengkonsumsi gorengan itu gak baik buat kesehatan. Pasalnya, kandungan kolesterol dan lemak tak jenuhnya bikin tubuhmu rentan terserang penyakit.

Emangnya mau habis puasa nanti atau saat lebaran, kamu jatuh sakit? Makanya nih mulai dari sekarang awali berbuka puasamu dengan makanan-makanan bernutrisi nan terjangkau berikut ini.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Kurma

Makanan bernutrisi
Kurma salah satu menu berbuka puasa yang enak lho ketimbang gorengan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah kurma dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi baik buat buka puasa. Buah yang satu ini memiliki kalori yang cukup tinggi. Makanya kurma dianjurkan banget buat buka puasa karena merupakan sumber energi yang baik.

Selain itu, kurma juga mengandung protein, lemak nabati, gula alami, vitamin B kompleks, hingga kalium. Harganya pun juga terjangkau mulai dari Rp 35 ribu – Rp 80 ribu per kilogram.

Baca juga: Irrashaimase! Ini 15 Makanan Buka Puasa Ala Jepang yang Maknyus Banget

2. Pisang

Pisang salah satu makanan yang pas buat berbuka puasa. Nutrisinya lumayan lho sebagai pengganti energi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah pisang juga baik disantap saat berbuka puasa. Buah pisang mengandung lebih banyak kalori dalam satu buahnya lho. Kalau satu buah kurma punya 23 kkal, satu buah pisang bisa memiliki 105 kkal.

Ini masih ditambah dengan kandungan gizi lainnya yang terdapat pada pisang. Mulai dari serat, vitamin B6, mangan, vitamin C, hingga potassium.

Harga pisang juga cukup terjangkau. Modal Rp 20 ribu, kamu bisa mendapatkan satu sisir pisang yang terdiri dari 15 – 20 buah. Gak cuma itu, buah yang satu ini juga praktis buat dibawa ke mana-mana.

Baca juga: Bukber Berdua Cuma Rp 200 Ribuan, Ini Restoran Seafood Murah di Kelapa Gading

3. Bubur sumsum

makanan bernutrisi
Bubur sumsum salah satunya yang bernutrisi saat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jajanan yang satu ini juga sering tampak sebagai jajanan buat buka puasa. Di balik tampilannya yang simpel, gak disangka bubur sumsum merupakan makanan yang bernutrisi.

Sajian tradisional dari Jawa ini berbahan tepung beras, santan, dan daun pandan. Begitu masuk ke mulut, teksturnya lembut dan rasanya manis.

Bubur sumsum diketahui mengandung mineral, vitamin, dan serat yang baik buat pencernaan. Malahan kandungan karbohidrat di dalamnya bisa jadi alternatif pengganti nasi. Dengan modal kurang dari Rp 15 ribu, kamu udah bisa mencicipi makanan sehat ini.

4. Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam bisa nih jadi menu berbuka puasa mu hari ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain bubur sumsum, bubur ketan hitam juga termasuk makanan bernutrisi lainnya yang baik dikonsumsi buat buka puasa. Kandungan seratnya bikini siapa aja yang makan bubur ini cepat kenyang.

Terus mengkonsumsi bubur ketan hitam juga membantu kamu menjaga kesehatan pencernaan dan terhindar dari penyakit jantung serta kanker. Harganya pun gak terlalu mahal kok. Gak sampai Rp 10 ribu, kamu udah bisa merasakan nikmatnya bubur yang satu ini.

5. Bubur kacang hijau

Makanan bernutrisi
Bubur kacang ijo salah satu yang menarik nih buat berbuka puasa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Begitu juga dengan makan bubur kacang hijau. Bubur ini digolongkan sebagai makanan bernutrisi yang cocok dihidangkan saat berbuka puasa.

Walaupun kalorinya gak terbilang besar, banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari makan bubur kacang hijau. Mulai dari asupan protein yang tinggi, lemak nabati, hingga karbohidrat.

Udah gitu bubur kacang hijau disebut-sebut sebagai pencegah kanker, obat anemia, penurun kolesterol, penjaga kesehatan jantung, hingga penjaga kesehatan mata. Sama seperti bubur ketan hitam, semangkuk bubur kacang hijau bisa kamu dapatkan kurang dari Rp 10 ribu.

Nah, itu tadi daftar makanan bernutrisi yang oke banget buat dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain sehat, modal buat membelinya pun dijamin gak bikin kamu merogoh kocek dalam-dalam. Jadi, pilih yang mana nih saat buka nanti? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan