Tongseng hingga Rendang! Ini 5 Menu Gurih Menggugah Selera Saat Idul Adha

4 menit
idul adha
Tongseng hingga Rendang! Ini 5 Menu Gurih Menggugah Selera Saat Idul Adha, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain menyantap ketupat dan berkurban, salah satu hal paling ditunggu-tunggu banyak orang saat Idul Adha adalah mendapatkan daging gratis yang diberikan oleh panitia kurban di lingkungan rumah. Nah, biasanya nih kita bakal mengolahnya menjadi menu makanan menggugah selera agar makin pas nih merayakan Idul Adha setiap tahunnya. 

Seakan udah menjadi tradisi turun menurun di Indonesia, gak sedikit orang yang langsung menyate daging kurban. Makanya gak heran tuh saat Idul Adha banyak pedagang yang menjual tusukan sate hingga arang sebagai pelengkap sekaligus mata pencaharian. 

Akan tetapi, umumnya daging yang diperoleh setiap rumah itu cukup banyak, terdiri dari daging kambing dan juga sapi. Belum lagi saat kamu berkurban, biasanya pihak panitia bakal memberikan daging dalam jumlah lebih banyak.

Gak mungkin juga dalam satu hari kamu menyate semua daging, kalau begitu mah siap-siap aja kena darah tinggi.

Tapi kalau dipikir-pikir, lumayan banget sih kamu jadi gak perlu keluar uang buat membeli bahan makanan buat lauk pauknya. Kamu bisa mengolah daging kurban yang kamu dapatkan. Pasalnya saat ini harga daging sapi sekitar Rp 140 ribu per kilonya.

Buat kamu yang masih bingung ingin membuat makanan apa dari daging kurban. Berikut lima hidangan favorit dari olahan daging sapi dan kambing yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Baca juga: 5 Makanan Terenak di Dunia yang Harganya Gak Sampai Puluhan Juta Rupiah, Percaya?

1. Sate

idul adha
Sate kambing jadi andalan kebanyakan orang usai berkurban nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang udah dijelaskan di atas kalau salah satu menu makanan favorit orang Indonesia saat Idul Adha adalah sate.

Selain menjadi salah satu makanan yang disukai oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Sate juga bisa jadi santapan alternatif buat kamu yang bosan atau sedang mengurangi makanan berkuah santan.

Membuat sate juga terbilang cukup mudah dan bumbunya juga gak rumit. Setelah daging dicuci bersih, kamu bisa menambahkan sedikit lada pada daging. Untuk bumbunya sendiri bisa disesuaikan dengan selera, ingin bumbu kacang atau kecap pedas, itu pilihan lho!

Baca juga: Kolesterol Naik Saat Idul Adha? Ini 10 Makanan yang Bisa Menurunkannya

2. Sop kambing

idul adha
Sop kambing juga jadi andalan nih saat perayaan Lebaran Haji tiap tahunnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Makanan favorit lainnya saat Idul Adha yang bisa kamu olah dari daging kurban adalah sop kambing. Agar makin lezat, biasanya sop kambing disajikan berdampingan dengan sate kambing dan emping melinjo nih!

Kamu juga bisa membuat sop kambing dari berbagai bahan sisa yang gak dipakai saat membuat sate. Misalnya saja kaki kambing, tulang dan juga sum sum yang biasanya masih ada di beberapa bagian daging hewan kaki empat ini.

Membuat sop kambing juga mudah kok, kamu hanya perlu menyiapkan bumbu dasar sop seperti bawang putih, jahe, lada putih, garam. Kuahnnya sendiri juga bisa kamu sesuaikan dengan selera, mau yang berkuah santan, susu atau bening.

Disajikan dengan nasi panas dan ditambahkan emping atau kerupuk serta sambal biar makin lezat saat menyantapnya.

Baca juga: Cuma Rp 30 Ribu! Pencinta Sate dan Sup Kambing Yuk Icip Menu Paket 1/2 5

3. Gulai

idul adha
Gulai kambing bakal jadi primadona nih saat Lebaran Haji, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gulai kambing atau sapi emang salah satu menu makanan yang bakal tersajikan selalu nih saat perayaan Idul Adha. Menu makanan yang mengandung santan kelapa dan aneka rempah-rempah ini dijamin menjadi primadona banget saat Lebaran Haji. 

Kamu perlu menyiapkan kunyit, lada, ketumbar, bawang merah dan putih, pala, serai, jinten, dan kayu manis yang dihaluskan dan juga santan.

4. Tongseng

idul adha
Tongseng bisa jadi menu kamu saat makan di Lebaran Haji, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk membuat menu makanan tongseng sebenarnya hampir sama dengan gulai yakni kaya akan rempah-rempah. Namun bedanya, untuk tongseng gak memerlukan santan kelapa.

Tapi biasanya kuah tongseng  itu akan lebih kental dan dagingnya pun masih melekat dengan tulang layaknya iga. Agar tongseng buatan mu semakin lezat, tambahkan irisan kol, tomat, rawit dan juga lada.

5. Rendang

idul adha
Rendang juga jadi andalan nih buat menu saat menikmati liburan Lebaran Haji bareng keluarga, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu menu makanan yang berbahan daging dan banyak disukai orang adalah makanan khas dari Sumatera Barat yaitu rendang. Siapa yang gak menyukai rendang? Soal rasa, rendang emang gak terkalahkan nih dengan menu lainnya. 

Untuk membuat menu makanan yang satu ini diperlukan banyak bumbu dan waktu pengolahan yang cukup lama. Tapi rendang itu memang identik, semakin sering dipanaskan maka akan semakin lezat rasanya, setuju gak? 

Itu dia lima makanan favorit berbahan dasar daging sapi dan kambing yang bisa kamu olah sendiri di rumah saat Idul Adha. Tertarik membuat salah satu makanan di atas? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.