Ada yang Laku Rp 366 Juta! Ini 5 Makanan Jepang Termahal yang Pernah Dijual

4 menit
makanan jepang
Wagyu sapi Jepang, salah satu makanan termahal. (Pixabay)

Kalau ngomongin makanan Jepang, kamu pasti langsung kebayang Sushi, Ramen, Yakiniku dan lain sebagainya. Jenis-jenis makanan khas Negeri Sakura itu sekarang udah bisa kamu dapatkan di berbagai resto Jepang yang ada di kota-kota kamu dengan harga relatif terjangkau. Tapi, tahu gak sih kalau ternyata ada lho makanan dari Jepang yang harganya mahalnya amit-amit?

Untuk menggenjot kepopuleran makanannya, pemerintah Jepang juga terus melakukan diplomasi kuliner bersama negara sahabat yang salah satunya adalah Indonesia. Begitu juga sebaliknya, Indonesia rutin melakukan kampanye memperkenalkan makanan Tanah Air di luar negeri.

Seperti udah disebut di atas, selama ini mungkin kita hanya mengenal beberapa makanan khas Jepang seperti Sushi dan kawan-kawan. Tapi faktanya, ada lebih banyak lagi produk makanan khas Jepang bisa dieksplorasi lho. Bahkan, deretan makanan ini bentuknya unik dan harganya bikin geleng-geleng kepala karena gak masuk akal.

Langsung aja nih kita sajikan 6 produk makanan Jepang yang harganya selangit.

Baca juga: 5 Tempat Makan Ramen Enak di Jakarta, Berdua Gak Sampai Rp 200 Ribu

1. Melon Yubari – Rp 336 juta

makanan jepang
Melon Yubari. (Financesonline)

Kalau melon pada umumnya dijual di kisaran harga Rp 5.000 per potongnya, makanan Jepang melon Yubari ini bisa menembus harga Rp 336 juta per dua potongnya! Harga yang fantastis itu pernah muncul dalam sebuah lelang yang dilakukan di Jepang, mengutip dari Finances Online.

Yubari sendiri adalah sebuah kota kecil di dekat kota Sapporo, perfektur Hokkaido. Konon, yang membuat buah ini bisa dijual seharga ratusan juta adalah karena rasanya yang lebih manis dan juicy dari melon lainnya. Kualitas sebuah melon Yubari bisa dilihat dari bentuknya. Jika terlihat bulat sempurna maka semakin baik kualitasnya.

Ketika festival Chugen atau The Hungry Ghost berlangsung di Jepang biasanya orang Jepang menjadikan melon Yubari sebagai hadiah. Tapi harganya gak sampai segitu ya, berkisar di angka Rp 1,4 jutaan doang.

Baca juga: 5 Resto Seafood Enak di Jakarta Utara, Harga Cuma Rp 50 Ribu

2. Semangka Densuke Hitam – Rp 86 juta

makanan jepang
Semangka Densuke. (Financesonline)

Produk makanan Jepang selanjutnya yang punya harga mahal adalah semangka Densuke hitam. Buah yang satu ini berasal dari perfektur Hokkaido dan hanya ditanam sebanyak 10.000 buah per tahunnya.

Selain jumlahnya yang terbatas, rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah banget ketika digigit menjadi nilai jual utama semangka yang satu ini. Pada tahun 2008 semangka Densuke hitam seberat 7,7 kilogram berhasil dijual senilai Rp 86 juta.

Baca juga: Surga Seafood! Makan Puas Rp 50 Ribu di 6 Tempat di Jakarta Ini 

3. Anggur Ruby Roman – Rp 56 juta

makanan jepang
Anggur Ruby Roman. (Financesonline)

Anggur Ruby Roman tumbuh di perfektur Ishikawa yang memiliki iklim dan jenis tanah yang cocok untuk tumbuh hingga ukurannya sebesar bola pingpong. Agar mendapatkan kualitas kelas 1, anggur harus berwarna merah terang dan beratnya persis 30 gram per buah atau sekitar 700 gram per ikat.

Bahkan pada tahun 2010 hanya ada 6 ikat anggur Roby Roman yang lolos kualifikasi kelas 1. Gilanya lagi, pada tahun 2013 cuma ada 1 ikat yang lolos! Makanya, gak aneh kalau harga makanan Jepang ini bisa mencapai Rp 56 juta per ikatnya. Kamu pengin mencobanya?

4. Makanan Jepang daging sapi Wagyu – Rp 39 juta

makanan jepang
Daging Wagyu. (Financesonline)

Di urutan keempat produk makanan Jepang paling mahal ada daging sapi Wagyu. Kalau makanan yang satu ini pasti kamu udah sering temuin dimana-mana, kan? Daging Wagyu emang terkenal lembut dan memiliki tekstur dagingnya yang juicy banget.

Untuk menghasilkan sapi berdaging seperti itu, para peternak sapi di Jepang harus memelihara hewan mereka di tempat yang khusus. Selain itu, sapi yang mereka ternak gak boleh sampai stres. Karena jika stres kualitas daging akan ikut menurun.

Pada tahun 2017 pernah ada daging Wagyu seberat 4,5 kilogram yang dijual hingga Rp 39 juta.

5. Jamur Matsutake – Rp 28 juta

makanan jepang
Jamur Matsutake. (Financesonline)

Walaupun kalah populer dengan jenis jamur lainnya seperti Shitake dan Enoki, jamur Matsutake punya harga yang lebih mahal dibandingkan keduanya. Pernah berjaya di Jepang pada era tahun 80-an sampai 90-an, belakangan produksi Matsutake berkurang jauh akibat kurangnya lahan yang cocok dengan tumbuhan ini.

Setiap tahunnya produksi Jamur Matsutake gak sampai 1 ton, ini juga karena dipengaruhi faktor musim. Jadi, karena langka dan gak bisa tumbuh di sembarang kondisi, jamur ini harganya bisa mencapai Rp 28 juta per kilogram.

Itu dia 5 makanan Jepang termahal yang pernah dijual. Gimana, tertarik untuk mencicipinya sekali aja? Kalau kepengin banget kamu harus nabung dulu kali ya, melihat harganya yang berkali-kali lipat dari harga tiket pesawat Indonesia – Jepang. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1