23 Jenis Makanan Rendah Kalori Pas buat Diet Gak Lebih dari Rp 20 Ribu

7 menit
23 Jenis Makanan Rendah Kalori Pas buat Diet Gak Lebih dari Rp 20 Ribu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di era yang serba modern ini, pola hidup yang sehat mulai menjadi sebuah gaya hidup bagi masyarakat perkotaaan. Makanan rendah kalori sepertinya sangat dibutuhkan bagi orang yang pengin menjaga keseimbangan berat badan demi penampilan.

Makanan yang rendah kalori udah pasti salah satu makanan yang mengandung rendah lemak. Dengan segudang kegiatan, asupan bergizi dan sehat pastinya udah menjadi tuntutan masyarakat urban di Jakarta.

Gak heran kalau kebanyakan orang yang hidup di perkotaan besar seperti Jakarta, mencoba mengkonsumsi makanan rendah kalori buat menjaga berat badan. Tuntutan pekerjaan saat ini juga menjadi alasan utama mengapa banyak orang sangat menjaga makanan demi bentuk tubuh lebih ideal.

Buat kamu yang pengin mengikutinya tapi cuma memiliki bujet Rp 20 ribu, bisa kok mengkonsumsi makanan yang rendah kalori, penasaran apa aja? Yuk, simak aja di bawah ini:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Jenis-jenis sayur-sayuran yang rendah kalori

makanan rendah kalori
Sayur mayur yang mengandung rendah kalori sangat baik nih buat kesehatan tubuh, (ilustrasi/Shutterstock).

Makanan yang mengandung rendah kalori bisa dengan mudah kamu temukan di sayur-sayuran sebab nutrisi di dalamnya lebih mudah dicerna oleh tubuh. Berikut ini adalah 10 sayur yang bisa kamu pilih:

Kembang Kol

makanan rendah kalori
Kembang kol salah satu asupan yang rendah kalori, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Halo Sehat, walaupun bentuknya gak mirip sama kol namun kembang kol memiliki nutrisi yang sehat banget buat tubuh. Dan yang terpenting sangat rendah kalori. Dalam 100 gram kembang kol mengandung sebanyak 3 gram serat, 1 gram protein dan 25 kalori.

Kubis

makanan rendah kalori
Kubis salah satu jensi sayur mayur yang memiliki kalori rendah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kubis atau biasa kita sebut sebagai kol sangat mudah ditemukan di manapun. Bahkan di warung makan pinggir jalan sebagai lalapan. Dalam 100 gram sayur kubis memiliki nutrisi 2,3 gram serat, 1,4 gram protein dan 24 kalori. Seilish 1 dengan kembang kol.

Terong

makanan rendah kalori
Terong salah satu makanan yang mengandung kalori rendah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sering dijadikan sebagai sambal goreng, terong merupakan jenis sayuran ketiga yang patut kamu cicipi. Dalam 100 gram terong terkandung sekitar 3 gram serat pangan, 1 gram protein serta 24 kalori. Buat kamu yang pengin mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh kamu bisa mengkonsumsi sayur yang satu ini lho.

Bayam

makanan rendah kalori
Bayam salah satu makanan yang rendah kalori, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan keempat ada sayur bayam yang identik dengan karakter kartun Popeye. Bukan sekedar cerita dalam televisi tetapi bayam memiliki manfaat yang super baik buat tubuh. Alasannya karena dalam 100 gram sayur ini mengandung sekitar 2,2 serat, 2,8 protein dan 24 kalori.

Wortel

Makanan rendah kalori
Wortel nih bagus bagi kesehatan apalagi buat mata, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hampir semua orang mengetahui kalau wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Gak berhenti sampai di situ dalam 100 gram sayur wortel terkandung sekitar 2,8 gram serat, 0,9 gram protein serta 41 kalori.

Timun Jepang

makanan rendah kalori
Timun Jepang salah satu makanan yang baik buat tubuh lantaran kalorinya rendah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sedikit berbeda dengan timun yang biasa kita konsumsi sebagai lalapan, sayur asal Jepang ini punya warna kulit hijau gelap yang merata di seluruh bagiannya. Dalam 100 gram timun Jepang terdapat sekitar 1 gram serat, 1,2 gram protein dan 17 kalori.

Labu kuning

makanan rendah kalori
Labu kuning bagus buat kesehatan tubuh, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain digunakan buat pesta Halloween labu kuning juga baik dikonsumsi untuk tubuh karena makanan rendah kalori ini tinggi gizi serta vitamin. Dalam 100 gramnya ada 0,5 gram serat, 1 gram protein dan 26 kalori.

Mentimun

makanan rendah kalori
Mentimun makanan yang rendah kalori, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau tadi udah ada timun Jepang kali ini ada mentimun yang jadi favorit banyak orang ketika disajikan sebagai lalapan. Dalam 100 gram mentimun terdapat sekitar 1,5 gram serat, 2 gram protein dan 45 kalori.

Brokoli

makanan rendah kalori
Brokoli nih salah satu menu makanan yang sehat bagi tubuh udah gitu murah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beberapa orang percaya kalau brokoli merupakan jenis sayur mayur paling sehat karena bisa mecegah penyakit kanker dalam tubuh kita. Setiap 100 gram brokoli yang kita masukin ke perut terkandung 2,6 serat, 2,8 gram protein dan 34 kalori.

Kentang

makanan rendah kalori
Kentang salah satunya dan favorit sejuta umat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sayur yang terakhir bisa kamu makan adalah kentang. Buat yang tengah merasa lapar banget kentang bisa jadi alternatif yang baik buat asupan kamu karena kandungan karbohidratnya lumayan tinggi. Tapi yang terpenting dalam 100 gram kentang ada nutrisi 3 gram serat, 2,6 protein dan 144 kalori.

Baca juga: Ini 5 Pilihan Restoran Sop dan Sate Kambing Seharga Rp 60 Ribuan di Jakarta

Jenis-jenis buah-buahan yang rendah kalori buat diet

makanan rendah kalori
Buah-buahan yang mengandung kalori rendah dan bagus buat tubuh, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain bisa mendapatkan makanan rendah kalori dari sayur-sayuran kamu juga bisa mencoba dengan mengkonsumsi buah-buahan yang lezat dan tentunya murah. Selain lezat dan murah, buah-buah ini juga mengandung kalori yang rendah banget. Pasalnya ada beberapa jenis buah yang gak boleh dikonsumsi bagi orang mengidap penyakit, misalkan pisang, buah yang satu ini sangat pantang banget bagi pengidap diabetes karena kandungan kaliumnya sangat tinggi.

Jadi jenis buah-buahan apa aja sih yang baik dikonsumi oleh kamu karena memiliki kalori gak begitu tinggi?

Apel

makanan rendah kalori
Buah apel juga banyak diminati nih sama orang yang pengin menjaga berat badan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah pertama yang bisa kamu temukan dengan mudah dan murah adalah apel. Setiap 100 gram buah apel yang masuk ke perut beserta kulitnya mengandung sekitar 2,4 gram serat, 0,3 gram protein dan 52 kalori.

Jeruk Bali

makanan rendah kalori
Jeruk Bali salah satu yang mengandung kalori rendah, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk penggemar rujak pasti doyan makan buah yang satu ini karena emang lebih enak dicocol dengan sambal terasi. Setiap 100 gram jeruk bali terkandung nutrisi sampai dengan 1,1 serat, 0,6 protein dan  32 kalori.

Alpukat

makanan rendah kalori
Alpukat rasanya yang enak dan gurih baik buat tubuh nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah selajutnya yang bisa kamu makan adalah alpukat yang terkenal baik untuk melancarkan saluran pencernaan. 100 gram buah alpukat mengandung sekitar 7 gram serat, 2 gram protein dan 160 kalori.

Tomat

makanan rendah kalori
Tomat salah satunya yang termasuk murah harganya dan kalorinya sedikit lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tomat yang terkenal punya vitamin yang lengkap juga ternyata berkadar kalori rendah lho. Setiap 100 gram buah tomat yang dikonsumsi mentah mengandung 1,2 serat, 0,9 protein dan 18 kalori.

Melon

makanan rendah kalori
Buah melon paling enak disantap di pagi hari nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Makanan rendah kalori selanjutnya datang dari buah melon yang rasanya manis dan nikmat. Setiap 100 gram buah melon mengandung sekitar 0,8 gram serat, 0,5 protein serta 36 kalori.

Pepaya

makanan rendah kalori
Pepaya salah satu makanan yang baik buat kesehatan dan tubuh, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah tropis yang satu ini gak cuma terkenal karena bisa melancarkan BAB tapi juga bisa menjadi menu diet kamu. Karena 100 gram pepaya hanya mengandung 1,7 gram serat, 0,5 gram protein dan 43 kalori aja.

Buat harganya juga gak terlalu mahal lho kalau kamu belinya di pasar tradisional. Buahnya yang manis dan banyak mengandung vitamin A dan mineral ini sangat baik dikonsumsi saat pagi dan malam hari.

Anggur

Makanan rendah kalori
Anggur bisa dijadikan makanan diet kamu nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah ketujuh yang bisa kamu masukkan ke dalam makanan sehat kamu ialah anggur. Setiap `100 gram anggur terkandung sebanyak 0,9 gram serat, 0,6 protein dan 67 kalori.

Semangka

makanan rendah kalori
Buah semangka salah satu pilihan asupan buat diet plus murah lagi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Semangka termasuk buah yang rendah kalori karena sebagian besar dagingnya terbentuk dari air jadi bisa menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Dalam 100 gram semangka mengandung sekitar 0,4 gram serat, 0,6 protein dan 30 kalori.

Blewah

makanan rendah kalori
Buah blewah juga enak nih buat diet, udah gitu harganya juga gak terlalu mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buah yang sering nongol ketika bulan puasa ini cocok banget dijadiin minuman dingin. 100 gram buah blewah mengandung sekitar 0,9 serat, 0,8 protein dan 34 kalori.

Jambu Biji

Makanan rendah kalori
Jambu biji bisa jadi alternatif asupan saat diet, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang terakhir ada jambu biji yang terkenal bagus meningkatkan trombosit darah pasien yang terkena demam berdarah. 100 gram jambu biji terkandung sebanyak 5,4 serat, 2,5 protein dan 68 kalori.

Baca juga: Bernutrisi! Ini 25 Makanan Karbohidrat yang Murah Meriah

Jenis-jenis sumber protein yang rendah kalori buat kamu

makanan rendah kalori
Protein merupakan salah satu sumber asupan gizi dan beberapa di antaranya mengandung rendah kalori, (Ilustrasi/Shutterstock).

Eitss…!!! belum selesai, makanan rendah kalori ternyata juga dapat ditemukan di menu daging yang gak disangka-sangka sebelumnya. Penasaran apa aja?

Ikan tuna

makanan rendah kalori
Ikan tuna enak diolah jadi jenis makanan apapun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sumber protein pertama datang dari daging ikan tuna yang populer disajikan bersama menu makanan sushi. Setiap 100 gram daging ikan tuna yang kamu konsumsi mengandung 0 gram serat, 23,3 gram protein serta 108 kalori.

Dada ayam

makanan rendah kalori
Dada ayam salah satu asupan yang mengandung rendah kalori, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu lainnya yang bisa kamu makan adalah daging ayam bagian dada. Per 100 gram daging dada ayam mengandung 0 gram serat, 29 gram protein dan 195 kalori.

Putih telur

makanan rendah kalori
Putih telur nih salah satunya yang bisa dijadikan makanan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang terakhir ada putih telur yang dapat kamu konsumsi secara mentah supaya lebih sehat. Kalau kamu gak doyan dikonsumsi mentah, putih telur ini juga bisa kamu olah misalkan dikukus atau direbus. Karena per 100 gram putih telur terkandung nutrisi 0 gram serat, 11 gram protein dan 51 kalori yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Trik memilih makanan rendah kalori

makanan rendah kalori
Begini nih trik memilih makanan yang mengandung rendah kalori, (Ilustrasi/Shutterstock).

Trik paling utama dalam mengkonsumsi makanan rendah kalori adalah bahan makanannya harus segar. Karena sajian yang fresh bakal mengandung lebih banyak nutrisi seperti serat, protein dan vitamin dibandingkan makanan olahan, misalkan junkfood.

Selain itu makanan yang mengandung rendah kalori ini bisa menghasilkan sumber nutrisi yang rendah kalori. Kamu juga bisa mengkonsumsinya secara mentah jika memungkinkan. Contohnya seperti tomat, kubis, wortel dan mentimun yang langsung atau mentah seperti diolah sebagai menu salad sayur. Dengan begitu kandungan kalori yang ada dapat ditekan dan gak usah takut gendut lagi deh!

Begitu pula buat buah-buahan, karena bisa dikonsumsi langsung secara mentah membuat jumlah kalorinya gak bertambah. Tapi kan kalau buah emang paling cocok dimakan gitu aja atau dijadikan jus.

Kalaupun terpaksa gak bisa memakan secara mentah seperti ikan tuna, daging dada ayam serta putih telur usahakan buat memasaknya sama minyak zaitun yang lebih sehat dan rendah kolesterol. Selain itu kamu juga bisa menggunakan minyak wijen, minyak kacang serta minyak kelapa. Bahan tersebut gak bakal ngerubah rasa makanan kamu kok jadi aman! Atau gak pilihan terakhir dengan cara di kukus maupun direbus, ini salah satu cara mengolah makanan yang sehat bagi tubuh.

Nah, itu dia 23 makanan rendah kalori yang harganya gak sampai Rp 20 ribu kalau kamu beli sendiri di pasar. Gimana, tertarik buat mencoba bahan-bahan tersebut di menu makanan harian kamu? Mulai dari sekarang deh menjaga kesehatan tubuh karena sakit itu mahal lho! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1