5 Makanan Terenak di Dunia yang Harganya Gak Sampai Puluhan Juta Rupiah, Percaya?

3 menit
Makanan terenak
5 Makanan Terenak di Dunia yang Harganya Gak Sampai Puluhan Juta Rupiah, Percaya?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pengin nyobain makanan terenak tapi kondisi dompet lagi tipis? Situasi kaya gitu pasti suka kita alami di beberapa kesempatan. Apalagi kalau udah masuk tanggal tua, terpaksa bikin mi instan lagi deh.

Tapi tenang, faktanya 5 makanan terenak di dunia ini bisa kamu beli dengan harga di bawah Rp 20 ribu aja. Gak percaya?

Di Indonesia kita memiliki ratusan bahkan ribuan makanan khas dari berbagai macam daerah. Cita rasanya pun sangat beraneka ragam mulai dari manisnya gula jawa sampai pedas nikmat sambal cabai domba.

Popularitas serta kenikmatan makanan khas Tanah Air, bahkan udah sampai ke bibir masyarakat internasional. Ini bisa terjadi karena perkembangan media sosial yang cepat banget serta peran diplomasi dari pemerintah.

Begitu juga sebaliknya, makanan asal luar negeri yang mungkin sebelumnya gak diketahui banyak orang Indonesia bisa menjadi referensi wisata kuliner baru yang wajib dicoba. Atau mungkin kamu bisa coba memasak sendiri dirumah supaya lebih hemat biaya. Ide yang menarik, bukan?

Kalau kamu lagi berhemat atau males masak, mending simak 5 makanan terenak di dunia yang harganya dibawah Rp 20 ribu berikut ini:

Baca juga: Deretan Restoran Termahal di Dunia, Bayangin Sekali Makan Rp 30 Juta!

1. Rendang

Makanan terenak
Rendang merupakan salah satu makanan enak di dunia yang harganya gak mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari CNN, ketenaran masakan asal Sumatera Barat yang satu ini emang gak usah diragukan lagi. Udah rasanya enak harganya juga gak bikin dompet tercekik. Nikmat mana lagi yang mau kamu dustakan?

Rendang bisa ditemukan di rumah makan Padang pinggir jalan hingga kelas pusat perbelanjaan. Kamu masih bisa memesan 1 porsi rendang bersama nasi hangat dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp 19 ribuan.

Baca juga: Strategi Bisnis Online Shop yang Mesti Dilakukan di Awal Memulainya

2. Sushi

makanan terenak
Sushi salah satu menu makanan terenak di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak semua orang bisa mengkonsumsi makanan asal Jepang yang satu ini sebab rasa ikan yang masih mentah. Namun ada juga jenis sushi yang disajikan dengan cara matang.

Beberapa orang percaya kalau makan ikan mentah di sushi itu bisa bikin pinter dan panjang umur. Di Jakarta sendiri udah banyak restoran Jepang yang menyediakan menu sushi. Bahkan di salah satu mal ada yang menjualnya dengan harga cuma Rp 3.000 per potong. Buat pecinta sushi pasti cocok banget nih!

Baca juga: Usung Konsep Zero Waste, Ini 5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

3. Keripik Kentang

Makanan terenak
Keripik kentang salah satu menu makanan terenak di dunia yang harganya gak mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa sangka keripik kentang termasuk dalam jajaran makanan terenak di dunia? Padahal selama ini kita mengenalnya sebagai cemilan yang cocok dimakan saat menonton tv.

Harga keripik kentang di pasaran sendiri berbagai macam tergantung ukuran dan merek yang dipilih. Tapi secara umum harga keripik kentang berkisar di Rp 12 ribuan per kemasan berukuran sedang.

4. Nasi goreng

Makanan terenak
Gak sampai puluhan juta rupiah kamu udah bisa makan nasi goreng enak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Belum jadi orang Indonesia kalau belum coba nasi goreng, menu makanan sejuta umat ini mampu masuk dalam deretan makanan terenak di dunia.

Kelebihan menu yang satu ini adalah gampang untuk dibuat dan cocok dikonsumsi kapanpun tanpa mengenal jam makan. Terdapat berbagai macam harga nasi goreng sesuai sama tempat kamu membelinya.

Tapi buat yang termurah bisa dibeli di pedagang tek-tek dengan harga berkisar Rp 13 ribuan aja. Rasanya juga gak kalah enak sama yang dijual restoran berbintang.

5. Donat

Makanan terenak
Donat salah satu makanan enak yang harganya gak mahal, (Ilustrasi/Shutterstock).

Makanan terenak yang berasal dari negeri Paman Sam ini pas banget buat dijadikan makanan penutup. Rasanya yang manis bisa bikin mood kamu jadi naik lagi nih.

Satu potong donut yang dijual pasaran harganya sekitar Rp 7 ribuan aja kok, gak terlalu mahal. Tapi hati-hati jangan makan terlalu banyak karena bikin perut gendut.

Abis baca 5 makanan terenak di dunia yang harganya di bawah Rp 20 ribu tadi kira-kira kamu mau coba yang mana? Enaknya sih dicoba semua ya. Sebagai orang Indonesia kita harus bangga karena ternyata ada makanan terenak di nusantara yang menembus dunia internasional.

Selain itu kita juga perlu menjaga serta melestarikan makanan khas lainnya sebelum diklaim oleh negara lain. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!