Banner ImageBanner Image

Makanan Terenak di Dunia Gak Mahal Kok, Mulai dari Rp 20 Ribuan!

5 menit

Ditanya apa makanan terenak di dunia, pasti ada yang menjawab makanan bikinan ibu. Gak salah sih. Cuma asal tahu aja nih. Ternyata ada lho daftar makanan terenak di dunia. Barangkali kamu pernah dengar. Entah dari teman ataupun berita.

Buat kamu yang belum tahu, baru-baru ini CNN merilis daftar makanan terenak di dunia. Ada 50 makanan yang masuk ke dalam daftar tersebut. Salah satunya adalah masakan Indonesia, yaitu rendang.

Sayangnya, makanan terenak di dunia yang banyak penggemarnya di Indonesia ini berada di peringkat ke-11.

Nah, dalam ulasan berikut, MoneySmart mau bahas tujuh makanan di peringkat teratas yang masuk daftar 50 makanan terenak di dunia. Sekalian nih mau kasih tahu di mana kamu bisa menemukan makanan ini plus harganya.

Gak perlu lama-lama lagi, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Massaman curry – Rp 75 ribuan

makanan terenak di dunia
Massaman Curry (seriouseats)

Massaman curry atau dikenal dengan nama kaeng matsaman atau kari massaman adalah makanan kari dari Thailand. Makanan ini punya rasa yang gurih dan pedas yang kaya akan rempah-rempah.

Massaman curry sebenarnya bukanlah masakan asli Thailand. Makanan kari ini dibawa orang-orang Persia yang datang ke Thailand.

Di Thailand sendiri massaman curry merupakan makanan orang-orang Muslim di sana. Karena mayoritas penikmatnya adalah Muslim, makanan ini menggunakan bahan-bahan halal, seperti daging sapi, daging bebek, ayam, tahu, hingga sayuran.

Di Indonesia kamu bisa menemukan makanan terenak di dunia ini di Chandara Thai Cuisine yang berlokasi di Plaza Senayan, Jakarta. Di sana massaman curry dijual dengan harga Rp 75 ribu hingga Rp 95 ribu. Gak usah jauh-jauh ke Thailand!

2. Neapolitan pizza – Rp 60 ribuan

makanan terenak di dunia
Neapolitan pizza (neapolitanexpress)

Bicara pizza, pasti kamu adalah salah satu dari banyak orang yang menggemari makanan asal Italia ini. Pizza dikenal dari bentuknya yang bulat, dipotong menjadi beberapa bagian, dibalut keju, dan ditaburi topping beraneka rasa di atasnya.

Pizza sendiri ternyata banyak macamnya. Salah satunya adalah neapolitan pizza ini. Pizza ini terbilang unik. Sebab topping-nya cuma keju mozzarella dan tomat.

Buat menyantap salah satu makanan terenak di dunia ini, kamu bisa menemukannya di restoran pizza kok, salah satunya Pizza Marzano. Di sana neapolitan pizza ditawarkan mulai dari harga Rp 60 ribu hingga Rp 130 ribu per loyang. Ini tergantung dari rasa dan topping yang ditaburi di atasnya.

3. Cokelat – Rp 25 ribuan

makanan terenak di dunia
Cokelat (news)

Dikasih makanan yang satu ini, siapa pun pasti gak bakal nolak. Malah minta lagi kalau boleh. Wajar aja, soalnya rasa cokelat yang pahit bercampur manis bikin ketagihan. Makanya makanan ini masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Cokelat sendiri pertama kali dikonsumsi suku Maya. Mereka menjadikan cokelat sebagai minuman dan lambang status. Dari benua Amerika, cokelat kemudian dibawa orang-orang Spanyol hingga akhirnya menyebar ke Eropa dan seluruh dunia.

Kini cokelat telah masuk sebagai makanan ataupun minuman favorit. Bahkan, menjelang hari Valentine, keberadaan cokelat paling dicari-cari.

Buat kamu yang pengin cicipi cita rasa cokelat yang begitu menggugah selera, ada beberapa tempat di Jakarta yang patut kamu kunjungi. Salah satunya seperti Dapur Cokelat. Di sana cokelat disajikan dalam bentuk kue. Harganya mulai dari Rp 25 ribuan hingga Rp 600 ribuan.

4. Sushi – Rp 35 ribuan

makanan terenak di dunia
Sushi (julieslifestyle)

Makanan dari Jepang ini gak cuma populer di negara asalnya, tapi juga populer di Indonesia. Sushi sendiri adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi ditambah lauk berupa ikan, daging, dan sayuran mentah ataupun udah dimasak.

Ternyata nih rasa sushi yang ada di sini udah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Rasa asli sushi yang sebenarnya asin dibuat jadi gurih bercampur pedas. Makanya jangan kaget kalau kamu ke Jepang nanti mencicipi rasa sushi yang berbeda.

Di Indonesia ada beberapa restoran Jepang yang menyediakan sushi. Misalnya aja Sushi Tengoku yang berlokasi di Jakarta Selatan. Di sana kamu bisa mencoba berbagai varian sushi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 200 ribu.

5. Bebek Peking – Rp 400 ribuan

makanan terenak di dunia
Bebek Peking (quora)

Dari Cina, bebek Peking menjadi makanan terenak di dunia nomor 5. Warna cokelat yang melekat pada bebek Peking benar-benar bakal bikin kamu tergiur.

Faktanya, bebek panggang yang lezat ini butuh waktu yang gak singkat dalam proses masaknya.

Saat memesan bebek Peking panggang di restoran, kamu mesti menunggu kurang lebih 45 menit. Emang lama, tapi ini sebanding dengan kepuasan yang kamu dapat dari rasanya.

Di Jakarta salah satu tempat yang bisa kamu datangi buat menikmati bebek Peking, yaitu Jia – Shangri-La Hotel. Harga sajian bebek Peking di sana sekitar Rp 400 ribuan. Mahal ya.

6. Hamburger – Rp 20 ribuan

makanan terenak di dunia
Hamburger (foxnews)

Makanan yang udah populer di semua kalangan ini gak disangka menjadi makanan terenak di dunia. Banyak yang mengira kalau burger, sebutan lain dari hamburger, asalnya dari Amerika Serikat.

Nyatanya, hamburger sendiri berasal dari Jerman. Kata hamburger sendiri diambil dari Kota Hamburg. Penyebaran makanan di Amerika Serikat gak lepas dari peran para imigran Jerman di sana.

Buat mencicipi roti lapis isi daging, sayuran, keju, dan acar ini, banyak pilihan tempat yang bisa kamu coba. Dari Mcdonald, Burger King, Carl’s Jr, Flip Burger, hingga Blenger Burger. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 20 ribuan hingga Rp 50 ribuan.

7. Laksa asam Penang – Rp 30 ribuan

makanan terenak di dunia
Laksa asam Penang (rotinrice)

Mungkin kamu belum cobain yang namanya laksa asam Penang. Maklum aja, makanan ini lebih populer di Malaysia. Namun, siapa sangka ternyata laksa asam Penang termasuk ke dalam makanan terenak di dunia.

Pada dasarnya sih, laksa asam Penang merupakan sejenis laksa. Kalau kamu pernah cobain laksa, tentunya mencicipi makanan ini bukanlah hal yang asing. Cuma bedanya laksa asam Penang ini punya rasa asam yang segar. Jelas aja, namanya juga laksa asam Penang.

Di Jakarta, penjual laksa asam Penang terbilang jarang. Namun, kalau kamu penasaran buat mencicipinya, kamu bisa kunjungi L’asam Laksa Penang dan Ikan Bakar yang ada di Green Ville, Jakarta Barat. Di sana laksa asam Penang dihargai Rp 30 ribuan.

Itu tadi tujuh makanan terenak di dunia yang bisa kamu cicipi tanpa perlu jauh-jauh ke tempat asalnya. Jadi, kapan nih kamu berencana buat mencicipi makanan-makanan di atas? Jangan lupa bagikan jawabanmu di kolom MoneySmart ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong